Photo by hj barraza on Unsplash

Saat ini ada banyak sekali potensi bisnis yang bisa kita dapatkan, salah satunya adalah di sektor digital. Perkembangan dunia digital saat ini semakin pesat karena didukung oleh kemajuan teknologi yang kian canggih. Setiap orang saat ini memiliki sebuah smartphone serta akses internet. Oleh karena itu sektor digital menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang.

Selain menjadi kebutuhan, ternyata orang-orang bisa lebih mudah berinovasi dalam sektor digital. Ada banyak produk digital yang kita temui berasal dari berbagai macam inovasi. Hasilnya segala kebutuhan kita bisa terpenuhi dengan baik sehingga memudahkan kehidupan. Revolusi digital yang terjadi saat ini memunculkan sebuah tren yang bisa dijadikan peluang bisnis. Berikut di antaranya:

1. Munculnya FinTech (Financial Technology)

FinTech saat ini menjadi salah satu tren digital yang paling banyak muncul saat ini. Kehadirannya membuat setiap orang bisa melakukan peminjaman dana secara cepat dan mudah. Jumlah dana yang bisa kita pinjam juga tidak terlalu dibatasi, namun dalam menggunakan jasa peminjaman uang ini tentu kita harus bijak dan bisa melunasinya.

Selain itu financial technology yang muncul adalah dompet digital. Pemain besarnya tentu sering kita temui sehari-hari. Mulai dari GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan banyak lagi lainnya. Kehadiran dompet digital tersebut membuat transaksi keuangan menjadi semakin mudah dan cepat. Hal ini tentunya turut serta membangun sektor perekonomian.

2. Perkembangan E-Commmerce

Kemudahan berbelanja saat ini bisa dirasakan karena e-commerce yang sudah berkembang besar. Banyaknya pilihan tempat untuk belanja online ini menjadi salah satu indikator perkembangan e-commerce. Transaksinya juga lebih mudah karena bisa dilakukan dalam smartphone saja, sehingga orang bisa belanja dalam jumlah besar dengan waktu yang lebih singkat bahkan harga yang lebih murah.

E-commerce dahulu biasa dilakukan dalam sebuah website, sehingga muncul istilah situs jual beli online. Namun dengan kecanggihan teknologi, prosedur belanja bisa dilakukan dengan aplikasi saja. Prosesnya lebih mudah karena berbagai fitur yang ditawarkan. Selain itu kebanyakan aplikasi e-commerce memiliki tampilan yang menarik serta mudah dalam sisi operasionalnya.

3. Layanan Video Streaming

Netflix saat ini menjadi layanan video streaming yang banyak digunakan. Ada berbagai macam film yang bisa Anda tonton hanya dalam satu smartphone saja. Kesuksesan Netflix ternyata membuat memicu munculnya platform sejenis, seperti HOOQ, VIU, iFlix, dan banyak lagi lainnya. Untuk berlangganan selama sebulan uang yang dikeluarkan ternyata tidak begitu banyak, namun ada ratusan film yang disediakan.

Layanan video streaming ini bisa banyak disukai karena aksesnya yang mudah, lebih hemat, serta efisien dalam segi waktu. Anda yang sibuk seharian tentu lebih mudah menonton film lewat layanan streaming ketimbang harus pergi ke bioskop. Oleh karena itu layanan video streaming ini menjadi salah satu potensi bisnis digital.

4. Media Sosia

Salah satu tren digital yang bertahan dalam waktu yang cukup lama adalah media sosial. Memiliki banyak pengguna aktif membuat media sosial menjadi ladang subur dalam sebuah bisnis. Tentu saat ini kita sering menemui adanya iklan, promosi, atau kampanye sebuah produk di berbagai platform media sosial.

Kehadiran media sosial dalam ranah bisnis memudahkan terciptanya sebuah pasar. Anda bisa memanfaatkan tren digital ini untuk mengenalkan sebuah produk, terlebih jika masih tergolong baru. Banyak perusahaan yang berhasil mempromosikan produknya lewat media sosial, hingga menghasilkan profit yang besar.

Bisnis, digital, Ide Bisnis, kantor konvensional, kantor virtual, strategi bisnis

“Baca Juga Prinsip yang Bisa Diterapkan dalam Komunikasi Bisnis”