Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis sendiri, semua orang pasti ingin memiliki bisnis sendiri. Membangun bisnis memang impian banyak orang. Namun, semua orang pasti merasa berat saat hendak memulai bisnis karena berbagai hal mulai dari modal dan lain-lain.

Namun, yang lebih sulit dari memulai bisnis adalah bagaimana kita dapat mempertahankan bisnis kita diatas banyaknya persaingan bisnis. Agar bisnis dapat bertahan dalam jangka panjang, maka pebisnis dibutuhkan untuk mengembangkan bisnisnya.

Mengembangkan bisnis bukanlah suatu hak yang mudah. Meski banyak saja orang yang menyampaikan cara mengembangkan bisnis melalui seminar dan lain sebagainya, namun mempraktekannya akan sangat sulit dilakukan.

Dalam mengembangkan bisnis tentu dibutuhkan usaha, pengorbanan, dan perjuangan yang sangat keras agar pebisnis bisa mengembangkan bisnisnya dan menghasilkan keuntungan. Bahkan seorang pebisnis sukses sekalipun juga merasakan hal demikian untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebagai pebisnis, sebaiknya Anda tidak pernah berhenti untuk berinovasi dan mengembangkan bisnisnya agar mampu bertahan di banyaknya persaingan bisnis yang bermunculan. Berikut merupakan 5 cara jitu agar bisnsi berkembang pesat:

1. Buat Perencanaan Matang

Agar bisnis Anda berkembang pesat, maka Anda selaku pebisnis harus membuat perencanaan matang. Rencanakan apa yang hendak Anda butuhkan mulai dari modal, barang, layanan, karyawan, hingga target penjualan.

Pastikan semua rencana tersusun dengan matang agar bisnis Anda berjalan sesuai dengan rencana yang Anda harapkan. Dengan perencanaan yang matang maka bisnis Anda bisa bertahan menghadapi persaingan bisnis.

2. Ikuti Perkembangan Zaman

Seiring waktu perkembangan zaman terus saja berubah mulai dari fashion, teknologi dan lain sebagainya. Sebagai pebisnis, Anda perlu mengikuti perkembangan zaman. Disini Anda bisa mengikuti tren bisnis yang sedang berkembang di kalangan masyarakat seperti apa.

Anda sebagai pebisnis juga bisa berbaur kepada masyarakat untuk melihat produk apa yang sedang mereka butuhkan. Jangan sampai Anda sebagai pebisnis kehilangan zaman akan kemajuan perkembangan zaman.

Mengapa kita harus mengikuti perkembangan zaman? Karena banyak bisnis gagal karena pebisnis tidak mampu mengikuti perkembangan zaman. Akibatnya, pelanggan merasa bosan dan tidak mampu bertahan membeli produk di bisnis tersebut.

3. Manfaatkan Internet dan Social Media

Perkembangan teknologi tentu memudahkan pebisnis melakukan promosi seperti melalui media internet dan social media. Dahulu, untuk melakukan promosi pebisnis harus membuat brosur, katalog, spanduk dan lain sebagainya.

Namun saat ini, sudah ada teknologi baik melalui computer, laptop atau smartphone yang memudahkan bisnis untuk melakukan promosi. Dengan internet dan social media, maka promosi bisnis Anda mampu menjangkau luas ke berbagai Negara di dunia.

Anda dapat mengupload video atau gambar dengan caption menarik yang cocok dengan bisnis Anda untuk menarik perhatian para pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk Anda.

Dengan cara tersebut maka bisnis Anda akan lebih mudah berkembang dengan pesat. Sebagai pebisnis Anda harus memanfaatkan kemajuan teknologi untuk hal bermanfaat seperti ini.

4. Jeli Memilih Pegawai

Agar bisnis berkembang pesat, Anda mampu pandai-pandai memilih pegawai. Pastikan Anda jeli dalam memilih pegawai yang tepat. Sebab kunci sukses selain 3 point diatas adalah pegawai, karena mereka yang berkontribusi dalam perkembangan bisnis Anda.

Pastikan Anda memilih pegawai yang inisiatif, kreatif, dan mau bekerja keras. Karena jika Anda memilih karyawan yang tepat maka hal ini bisa menjadi kunci sukses bisnis Anda.

5. Pandai Mengelola Keuangan

Dalam berbisnis, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan hasil dari menjalankan bisnis tersebut. Namun, sebaiknya Anda tidak mudah terlena dengan keuntungan tersebut. Jangan langsung mengambil keuntungan tersebut untuk keperluan pribadi Anda.

Jika Anda melakukan hal tersebut maka dijamin bisnis Anda tidak mampu bertahan dalam jangka waktu panjang. Sebaiknya, keuntungan Anda simpan untuk nantinya membeli peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis keesokan hari.

Karena keuntungan perusahaan ini mampu menjadi modal lagi untuk melanjutkan bisnis Anda seterusnya. Pastikan Anda juga tidak mencampurkan uang pribadi dan uang bisnis Anda.

Itulah 5 cara jitu agar bisnis Anda dapat berkembang pesat. Cara jitu di atas bukan menjadi cara yang mutlak dalam mengembangkan bisnis. Anda bisa mencari referensi lain mengenai cara mengembangkan bisnis melalui seminar, internet dan lain sebagainya.

Pastikan Anda terus berusaha dan tidak pernah menyerah dalam mengembangkan bisnis Anda. Anda juga sebaiknya terus kembangkan inovasi dan kreatifitas agar bisnis Anda mampu sukses dan bertahan di banyaknya persaingan bisnis.

“Baca Juga Proses Nadiem Makarim Mendirikan Gojek Hingga Sukses”