Photo by Med Badr Chemmaoui on Unsplash

Di era saat ini, setiap orang bisa saja memulai bisnis mereka sendiri. Terlebih dengan kehadiran internet yang memudahkan setiap orang untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan melakukan promosi melalui media sosial setiap orang bisa memiliki usaha sendiri.

Namun dalam bisnis online, tentu produk yang ditawarkan cukup terbatas. Misalnya pakaian, gadget, sepatu, sandal dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga memiliki banyak pesaing, karena bisnis online ini semakin banyak diminati. Nah, sebagai pelaku usaha tentu harus diciptakan konsep unik dan menarik untuk bisnis Anda.

Hal tersebut dilakukan agar bisnis Anda mampu bersaing. Untuk itu, berikut merupakan 5 cara menciptakan konsep bisnis yang unik dan menarik yang bisa Anda coba:

1. Perhatikan Masalah Di Lingkungan Sekitar

Cara pertama, Anda harus memerhatikan masalah di lingkungan sekitar tentang apa saja yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Apa saja yang menjadi kebutuhan dan yang diminati harus Anda ketahui. Dengan begitu Anda bisa mengetahui permasalahan apa yang sedang dialami para calon konsumen, kemudian bisa menawarkan sebuah produk yang menjadi solusi untuk mereka.

Disini Anda bisa mencari ide unik dan kreatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Peluang ini sangat ampuh untuk menarik para konsumen untuk membeli produk di toko Anda.

2. Manfaatkan Segala Peluang

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan celah peluang yang ada. Perlu diketahui bahwa peluang bisa datang kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu Anda harus siap jika ada peluang yang muncul dan memanfaatkanya sebaik mungkin.

Walaupun ada banyak peluang memang, Anda tetap perlu melakukan riset yang mendalam. Karena setiap peluang tentu berbeda-beda cara mengolahnya menjadi sebuah produk bisnis. Namun Anda hanya perlu mengambil sedikit peluang untuk dituangkan dalam konsep bisnis yang menarik banyak pelanggan.

3. Selalu Lakukan Inovasi

Dalam menjalankan bisnis, penting bagi Anda untuk selalu melakukan inovasi. Dengan melakukan inovasi, maka Anda bisa terus bersaing melawan pebisnis lain.

Anda bisa melakukan inovasi pada produk agar pelanggan menyukainya. Akan tetapi pastikan Anda tidak merubah kualitas dari produk sehingga membuat konsumen merasa tidak tertarik membeli produk kembali.

4. Berikan Nilai Tambah

Selanjutnya, ketika memikirkan konsep atau ide yang unik dan menarik untuk bisnis, Anda harus perhatikan bahwa konsep tersebut memiliki nilai tambah. Agar pelanggan Anda memiliki rasa puas yang tinggi saat membeli produk.

Akan tetapi pastikan kualitas yang Anda tawarkan tidak rendah, karena penting bagi pebisnis untuk mengutamakan kualitas dan pelayanan kepada para pelanggan. Karena walaupun harga sedikit lebih mahal jika kualitas produk sangat baik dan terjamin maka pelanggan akan merasa puas dan bertahan dengan produk Anda.

5. Selalu Berpikiran Positif

Dalam menciptakan konsep bisnis yang unik dan menarik, tentu Anda tidak hanya melakukannya sekali saja. Ada trial and error yang bisa saja berlangsung sangat lama. Karena dalam berbisnis Anda harus terus mengembangkan inovasi untuk mempertahankan kualitas dan menarik perhatian para konsumen.

Bagi Anda selaku pebisnis, penting bagi Anda selalu berpikir positif. Anda harus bisa membuang semua rasa ragu dalam menjalankan bisnis yang tengah dijalani. Perlu diketahui, banyak manfaat yang Anda dapatkan dalam berpikir positif diantaranya sebagai berikut:

  • Berpikir positif membuat Anda mudah mencari ide baru
  • Berpikir positif mampu membuat Anda bangkit saat menemui sebuah kegagalan
  • Berpikir positif membuat Anda lebih percaya diri
  • Berpikir positif menjadi kunci sukses dalam berbisnis

Itulah manfaat yang bisa Anda dapat dengan berpikir positif. Betapa pentingnya berpikiran positif untuk Anda yang tengah menjalankan bisnis.

“Baca Juga Cara Penyusunan Anggaran Saat Memulai Proyek Bisnis”