Photo by Brooke Lark on Unsplash

Di zaman seperti saat ini, perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat. Hal ini membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah seperti salah satunya adalah membangun bisnis dengan bermodalkan laptop, smartphone dan internet.

Saat ini, banyak sekali  pebisnis online bermunculan. Biasanya bisnis online dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, saat ini tidak hanya ibu rumah tangga saja yang menjalankan bisnis online melainkan kalangan anak muda.

Banyak orang tertarik menjalankan bisnis online karena dinilai lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional. Menariknya lagi, menjalankan bisnis online dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan menyewa sebuah tempat atau toko untuk jualan.

Banyak pebisnis yang sudah memiliki toko masih menjajakan produknya melalui online, apalagi alasannya kalau bukan karena lebih efektif. Mungkin sebagian dari Anda yang membaca artikel ini tertarik atau sudah merencanakan untuk membangun bisnis online.

Namun, dalam memulai bisnis online Anda memerlukan beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Anda pasti terpikir bagaimana cara memulai bisnis online tersebut dan banyak hal lagi yang mungkin Anda pertanyakan. Berikut merupakan 5 langkah mudah memulai bisnis online:

1. Pahami Produk yang Ingin Dijual

Dalam memulai bisnis online, Anda harus memahami betul-betul mengenai produk apa yang ingin Anda jual. Produk yang Anda jual sangat penting dalam mengembangkan bisnis Anda. Pastikan Anda menjual produk yang sedang ramai dikalangan masyarakat.

Selain produk, Anda juga pastikan kurir apa yang cocok untuk mengirim produk Anda agar sampai ke tangan pelanggan Anda. Pastikan kurir yang Anda gunakan mampu mengirim produk Anda dengan selamat ke tangan pelanggan.

2. Tentukan Platform Bisnis yang Cocok

Selain produk yang ingin dijual, Anda juga harus menentukan platform bisnis apa yang cocok untuk menjual produk Anda. Platform ini merupakan tempat untuk menjual produk Anda sekaligus memberikan promosi produk Anda.

Anda bisa menggunakan platform yang ramai digunakan masyarakat. Dan jangan sampai Anda salah memilih platform yang justru tidak sesuai dengan target pembeli, karena pembeli tentu menginginkan platform yang mudah di akses.

Dengan menggunakan platform bisnis online, maka Anda dapat menyusun strategi yang tepat untuk menjual dan mempromosikan produk Anda. Anda juga bisa menambahkan pembayaran yang mudah dengan platform ini.

3. Foto Produk Dengan Menarik

Dalam menjual produk secara online, maka Anda pelru melakukan foto setiap produk yang Anda jual baik dari tampak depan, belakang, atas, bawah, kanan maupun kiri. Pastikan Anda foto produk Anda dengan menarik agar mampu menarik perhatian calon pembeli.

Sebelum Anda melakukan foto produk, Anda bisa mencari contoh produk yang serupa untuk bahan pertimbangan. Kemudian Anda bisa tambahkan konsep apapun agar foto produk Anda menjadi sangat menarik.

4. Lakukan Promosi Dengan Reward

Pelanggan mana yang tidak tertarik dengan promosi saat membeli produk. Seperti contohnya saat membeli produk maka akan mendapatkan reward berupa potongan harga sekian persen. Terkadang juga pelanggan tertarik dengan reward gratis ongkos kirim.

Siapa yang mampu menahan diri ketika mendengar promosi dan gratis ongkos kirim. Dengan cara ini dijamin pelanggan akan tertarik membeli produk di toko online Anda.

5. Perhatikan Kualitas Produk

Dalam berjualan online, tentu pelanggan tidak bisa melihat produk yang Anda jual secara langsung. Dan pelanggan hanya dapat melihat produk yang dijual melalui foto dan keterangan yang Anda berikan saja.

Dengan kondisi ini, maka Anda harus terus memperhatikan kualitas produk Anda dengan sangat cermat. Jangan sampai Anda mengecewakan pelanggan Anda, karena sekali pelanggan kecewa maka mereka tidak akan membeli produk di toko Anda lagi.

Meski Anda menjual produk dengan harga yang sedikit lebih mahal daripada produk serupa lainnya, namun jika kualita produk Anda sangat baik maka pelanggan akan tetap membeli produk di toko Anda.  Tentu saat Anda belanja online Anda tidak ingin kecewa kalau produk yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan bukan? Untuk itu jaga kepercayaan pelanggan Anda.

Itulah 5 langkah mudah dalam memulai bisnis online yang bisa Anda terapkan. Dengan artikel ini Anda tentu tidak perlu bingung lagi dalam memutuskan untuk memulai bisnis online. Selamat mencoba..!!

“Baca Juga Peluang Bisnis Masa Kini yang Menguntungkan”