Photo by Sarah Arista on Unsplash

Dalam bisnis, menjual produk yang dihasilkan menjadi tujuan dalam menjalankan bisnis tersebut. Karena dengan terjualnya produk yang dihasilkan tentu akan menjadi sumber pendapatan bagi pemilik bisnis tersebut.

Hanya saja, dalam berbisnis, tidak ada cara yang pasti yang dapat menciptakan penjualan tinggi dalam bisnis. Namun, Anda jangan khawatir karena banyak strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan dalam sebuah bisnis.

Mempertahankan dan memastikan penjualan dalam bisnis agar terus meningkat memang bukanlah hal yang mudah. Bahkan perusahaan besar sekalipun mencoba berbagai cara untuk meningkatkan penjualan akan bisnisnya tersebut seperti membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan lain sebagainya.

Namun, semua cara tersebut tergantung pada faktor bisnis seeprti salah satunya adalah strategi penjualan yang digunakan. Lantas bagaimana cara meningkatkan penjualan dalam sebuah bisnis? Berikut penjelasannya:

1. Buat Pelanggan Puas

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan pada bisnis Anda, maka Anda harus membuat pelanggan Anda merasa puas akan layanan dan kualitas produk Anda. Anda bisa menciptakan kesan yang ramah sehingga mengundang pelanggan untuk membeli produk di toko Anda.

Tidak hanya Anda, bahkan Anda harus membuat para staff Anda memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Jika pelanggan Anda merasa puas dengan pelayanan dan kualitas produk Anda, maka sama artinya dengan Anda mampu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Namun, sebelum Anda menyuruh karyawan untuk bersikap baik kepada pelanggan Anda perlu memastikan bahwa karyawan Anda bekerja dengan perasaan senang dan saling memahami tujuan dalam bekerja. Sebagai atasan, maka Anda bisa ciptakan keselarasan bekerja agar karyawan termotivasi dan bersemangat untuk bekerja.

2. Pastikan Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan hal yang sangat diperhatikan pelanggan dalam membeli sebuah produk. Jika produk yang dibeli kualitasnya buruk, maka dijamin pelanggan Anda tidak akan kembali untuk membeli produk pada toko Anda.

Sebaliknya, jika kualitas produk yang Anda hasilkan sangat baik maka pelanggan akan terus membeli produk di toko Anda yang sama artinya Anda memiliki pelanggan setia. Namun, sebelum Anda memutuskan harga yang sesuai dengan produk Anda maka sebaiknya Anda jelaskan nilai lebih dan kualitas produk Anda.

3. Berikan Promo

Ditengah persaingan pasar, tentu banyak toko yang menjual produk serupa dengan harga yang murah bahkan hingga banting harga. Hal ini tentu akan menarik perhatian pelanggan, karena pelanggan mana yang tidak tertarik dengan produk harga murah.

Namun, Anda tidak perlu melakukan banting harga. Melakukan banting harga hanya akan membuat keuntungan pada jangka pendek. Namun untuk jangka panjang maka banting harga tidak diperkenankan justru akan merugikan bisnis Anda.

Anda hanya perlu melakukan promosi dan potongan harga, pastikan Anda jelaskan kepada pelanggan kualitas dan kelebihan dari produk Anda. Karena pelanggan yang cerdas akan memilih kualitas bagus dengan harga yang sedikit mahal dibandingkan kualitas buruk dengan harga murah.

4. Membuat Promosi

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda, maka Anda perlu melakukan promosi secara rutin. Anda dapat memanfaatkan sosial media dan internet agar dapat menjangkau banyak orang. Upload foto Anda dengan menarik dan caption yang menarik agar pelanggan tertarik membeli produk di toko Anda.

5. Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Setelah Anda mendapatkan pelanggan setia, maka pastikan Anda menjaga kesetiaan pelanggan Anda. Anda bisa meminta kontak pelanggan seperti email atau nomor telepon agar dapat memberikan informasi terbaru mengenai produk, promosi hingga potongan harga.

Terkadang cara ini sangat baik untuk memberikan masukan kepada Anda mengenai perkembangan bisnis Anda. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi hal penting yang harus dilakukan agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik.

Hal ini dikarenakan pelanggan setia akan lebih cepat tertarik dalam mengambil keputusan membeli produk di toko Anda dibandingkan dengan pelanggan baru. Anda bisa menawarkan dan meminta pendapat kepada pelanggan setia Anda akan produk baru sebelum Anda memproduksi lebih banyak.

Itulah 5 strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis. Untuk itu, Anda sebagai pebisnis harus pandai membuat strategi bisnis yang tepat dan inovatif agar bisnis Anda mampu bertahan di ketatnya persaingan bisnis.

“Baca Juga Ini Risiko yang Akan Didapat Jika Anda Melakukan Banting Harga”