Pekerja produktif
Pastikan hari anda produkti, terus tuliskan goal harian anda sebagai langkah pertama.

1. Set Goal Harian

Sangatlah penting untuk mengetahui goal hari anda sebelum mulai mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Sering sekali kita terperangkap dalam aktivitas repetitif dalam hidup, dan melupakan impian yang mau kita capai. Dengan menuliskan goal harian, anda dapat memulai dari impian tersebut dan dapat menciptakan goal yang butuh diselesaikan hari ini untuk melangkah lebih dekat menuju impian tersebut.

2. Buat To-Do List

Setelah menuliskan goal harian, terkadang goal tersebut terlihat terlalu besar untuk diselesaikan. Kita sering kebingungan harus mulai dari mana. Maka sangatlah penting untuk memecahkan goal tersebut menjadi berbagai bagian, anda akan menyadari bagaimana satu kegiatan dapat membantu anda dalam mewujudkan mimpi. Pecahkan goal tersebut menjadi to do list yang dapat ditindaklanjuti segera. Dengan demikian anda akan memiliki pedoman yang menunjukkan pekerjaan yang perlu diselesaikan. Kerjakan to-do list tersebut satu per satu, dan centang setiap kali anda menyelesaikan salah satu pekerjaan tersebut. Pastikan bahwa anda fokus pada satu to do list pada satu waktu, hindari multi-tasking. Banyak artikel mengatakan bahwa multi-tasking adalah sesuatu yang mustahil (akan kami bahas di artikel lain).

3. Delegasi Tugas

Lebih besar mimpi seseorang untuk mencapai sesuatu, lebih banyak pekerjaan yang dibutuhkan. Coba delegasikan tugas yang tidak berada dalam prioritas anda, dan fokus pada tugas yang paling penting terlebih dahulu. Menemukan metode yang handal untuk memonitor progress tim anda akan membuat pekerjaan anda lebih efisien. Software kolaborasi dan manajemen proyek pasti dapat membantu dengan ini (lebih lanjut tentang ini nanti).

4. Berhenti dan refleksi

Saat Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan banyak proyek, anda harus mengambil langkah mundur dan melihat apa yang berhasil, apa yang tidak, apa yang perlu diprioritaskan, dan apa yang perlu diubah. Membangun waktu untuk meninjau bukan membuang-buang waktu, tetapi meng-optimalkan pekerjaan anda untuk kedepan nya.

5. 2 Pizza

Rapat pasti dapat memperlambat momentum, terutama ketika ada kerumunan besar 30 orang untuk “bertukar pikiran.” Kita tahu bagaimana hasilnya. Orang yang sama yang selalu berbicara akan berbicara. Yang diam akan tetap diam.

Jika secara anda harus memesan lebih dari 2 pizza untuk memberi makan tim yang anda temui, maka meeting tersebut terlalu besar. Tidak akan ada diskusi yang cukup dalam meeting ukuran besar; Tidak cukup gagasan yang akan diungkapkan. Dibandingkan dengan meeting tim yang hanya terdiri dari orang-orang yang akan makan dua pizza, ide-ide yang lebih bersemangat akan muncul. Pertemuan yang terlalu besar akan memperlambat banyak hal, bukan memberikan lebih banyak ide dan gagasan.