Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

Dahulu perempuan selalu berfikir buat apa sekolah tinggi-tinggi jika pada akhirnya hanya menjadi seorang ibu rumah tangga? Perlu Anda ketahui menjadi perempuan terlebih di zaman modern saat ini meski hanya menjadi ibu rumah tangga namun tidak ada batasan bagi perempuan untuk kreatif dan memiliki bisnis.

Menjadi wanita karir ataupun ibu rumah tangga merupakan pilihan setiap orang. Ada orang yang ingin menjadi wanita karir namun tetap ingin menjadi ibu rumah tangga dan mengurus anaknya dengan baik, begitupun sebaliknya. Namun Anda jangan khawatir karena kini Anda bisa melakukan semuanya sekaligus.

Dibandingkan menjadi wanita karir yang bekerja di kantoran dan terikat kantor, akankah lebih baik jika Anda menjadi wanita pebisnis? Coba fikirkan baik-baik, dengan menjadi pebisnis, Anda bisa mengembangkan kemampuan, potensi dan passion anda sekaligus dapat membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga dan fokus dengan kegiatan rumah tangga.

Tidak hanya menghabiskan waktu mengurus pekerjaan saja melainkan mengurus rumah tangga. Itu sebabnya menjadi ibu rumah tangga merupakan hal yang tidak kalah menantang. Karena Anda harus memastikan kebutuhan keluarga terpenuhi dan memastikan pekerjaan Anda berjalan baik.

Akan tetapi, menjadi ibu rumah tangga sekaligus pebisnis bukanlah hal yang tidak berisiko. Mengingat semua bisnis pasti akan ada risiko yang dihadapi, tergantung bagaimana Anda menjalankannya. Untuk itu, berikut merupakan 7 ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga:

1. Membuka Warung

Membuka warung merupakan salah satu bisnis yang cocok dilakukan ibu rumah tangga. Meskipun banyaknya minimarket di setiap area, membuka warung tetap menjadi bisnis yang bagus terlebih jika lokasinya mudah dijangkau. Anda bisa menjual sedikit demi sedikit produk yang sekiranya dibutuhkan ibu-ibu rumah tangga atau jajanan anak-anak. Dengan membuka warung Anda bisa mengembangkan usaha tanpa meninggalkan rumah dan tetap fokus mengurus keluarga.

2. Membuka Kost

Membuka kost menjadi bisnis menguntungkan bagi ibu rumah tangga. Terlebih jika lokasi kost merupakan lokasi strategis yang dekat dengan perkantoran, daerah industri atau kampus. Anda hanya perlu menambahkan berbagai fasilitas seperti kamar mandi setiap lantai atau setiap kamar, dapur umum, dan lain sebagainya. Dengan membuka bisnis kost, Anda akan mudah mendapatkan keuntungan setiap bulannya. Namun bisnis kost membutuhkan modal yang tidak kecil sehingga Anda perlu mempersiapkan modalnya terlebih dahulu.

3. Membuka Jasa Jahit

Bagi ibu rumah tangga yang pandai menjahit, maka tidak ada salahnya salurkan kemampuan untuk menawarkan diri membuka bisnis menjahit. Biasanya untuk membuka bisnis ini Anda hanya perlu modal mesin jahit. Dengan membuka bisnis ini Anda akan membantu tetangga yang kesulitan mencari tukang jahit saat dibutuhkan.

4. Menjual Pulsa dan Token Listrik

Sebagian besar ibu rumah tangga sudah memahami penggunaan gadget atau smartphone. Dengan zaman yang semakin canggih ini akan memudahkan ibu rumah tangga membuka usaha seperti jualan pulsa atau token listrik.

Mengingat banyaknya kebutuhan akan pulsa dan token listrik, maka bisnis ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan karena pulsa dan token listrik merupakan hal yang dibutuhkan setiap orang secara rutin. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba bisnis satu ini.

5. Membuka Bisnis Kerajinan Tangan

Banyak pebisnis kerajinan tangan yang sukses memperoleh keuntungan besar. Untuk itu, jika Anda memiliki kemampuan akan kerajinan tangan Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat hasil karya Anda.

Tawarkan kepada tetangga atau sodara Anda, jika mereka tertarik dan merasa puas biasanya mereka akan memesan kembali atau menyarankan kepada kerabat lainnya sehingga bisnis ini bisa sangat menguntungkan.

6. Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas merupakan bisnsi yang cocok untuk ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu pergi ke kantor Menjadi penulis lepas bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu. Lagipula, menjadi penulis lepas akan membuat Anda tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah dan mengurus keluarga.

7. Membuka Bisnis Online

Tidak hanya kalangan anak muda saja yang paham mengenai bisnis online. Zaman sekarang ibu-ibu pun bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Pasalnya bisnis ini mudah dilakukan, Anda bisa memulai bisnis ini secara kecil-kecilan dengan produk yang beragam misalnya pakaian anak, ibu-ibu, produk rumah tangga atau beragam produk lainnya.

8. Bisnis Catering

Memasak merupakan hal baisa dilakukan ibu rumah tangga. Namun, tidak semua hobi memasak. Untuk itu, bagi Anda yang hobi memasak maka bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membangun bisnis catering. Bisnis catering menjadi bisnis yang menjanjikan, terlebih jika kualitas makanan yang dihasilkan sangat enak tentu akan banyak orang merekomendasikan catering Anda.

Itulah 8 ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah tangga saja, ibu rumah tangga juga bisa menjalankan bisnis dan tidak kalah dengan kalangan lain. Menjadi ibu rumah tangga tidak membuat Anda membatasi kreatifitas Anda untuk itu cobalah menjadi ibu rumah tangga yang tetap berkarya dan menginspirasi orang lain.

“Baca Juga Kunci Mengatasi Keraguan Dalam Berbisnis”