Photo by Christian Erfurt on Unsplash

Dalam bekerja, tentu ada masa di mana seseorang merasa jenuh dan bosan. Hal ini wajar dialami semua pekerja dituntut untuk tetap produktif dalam rentang waktu yang singkat. Selain itu tempat kerja sudah menjadi seperti rumah kedua karena sebagian waktu dalam satu hari tersita oleh rutinitas pekerjaan.

Meskipun seseorang sudah merasa nyaman di tempat kerja, namun tetap saja ada masa di mana seseorang merasa benar-benar jenuh dan bosan. Jjika dibiarkan akan membuat pekerjaan menjadi tertunda, hasilnya akan timbul rasa tidak betah bekerja.

Namun, mengundurkan diri demi mendapatkan suasana baru bukanlah jalan yang perlu diambil. Kejenuhan dan kebosanan ini hanyalah sesaat dan hampir semua pekerja pernah merasakan.

Biasanya rasa jenuh dan bosan muncul dalam berbagai faktor seperti, terlalu banyak memiliki waktu kosong karena sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan, tugas dan tanggung jawab yang tidak berubah, atau pekerjaan yang terlalu banyak sehingga kesulitan memfokuskan pekerjaan mana yang harus dikerjakan.

Untuk itu, seorang pekerja perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa jenuh dan bosan dalam bekerja. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi kondisi tersebut seperti berikut ini.

1. Beristirahat Sejenak

Beristirahat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi rasa jenuh dan bosan dalam bekerja. Tidak perlu menunggu jam istirahat untuk beristirahat, Anda hanya perlu meregangkan badan dan menenangkan pikiran. Luangkan waktu 5 menit untuk mengistirahatkan pikiran Anda, meminum sedikit air dingin, atau memakan camilan kemudian melanjutkan pekerjaan kembali.

2. Berlibur

Selanjutnya, jika memang perlu Anda bisa mengajukan cuti, dan manfaatkan cuti dengan baik seperti untuk berlibur. Lelahnya aktivitas dan rutinitas sehari-hari dalam bekerja akan membuat Anda tidak fokus dan produktif dalam bekerja, untuk itu mengajukan cuti sesekali untuk berlibur tidaklah masalah.

Dengan berlibur Anda akan dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan semangat saat kembali bekerja. Tidak perlu mengambil cuti lama, Anda hanya perlu mengambil cuti 2-3 hari saja.

3. Menyenangkan Diri

Selain itu, Anda juga bisa menyisihkan hari libur untuk menyenangkan diri sendiri. Bagi wanita, mungkin bisa memanfaatkan liburan untuk ke salon atau belanja. Sementara untuk pria mungkin bisa berkumpul dan bermain bersama teman. Menyenangkan diri sendiri akan membuat pikiran dan tubuh menjadi relaks sehingga dapat bersemangat saat kembali bekerja.

4. Ganti Suasana Meja Kerja

Jika Anda merasa jenuh dan bosan saat bekerja mungkin saja karena Anda harus berada dalam posisi yang itu-itu saja. Namun perlu diketahui, Anda bisa mengatasi rasa jenuh tersebut dengan mengganti suasana meja kerja. Anda bisa mengubah posisi barang atau menambah beberapa hiasan agar kembali bersemangat dalam bekerja.

5. Mendengarkan Lagu

Bagi pekerja yang suka dengan musik maka bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa jenuh saat bekerja. Anda bisa mendengarkan musik favorit saat bekerja. Jika tidak mau pekerja lain terganggu maka Anda bisa menggunakan headset.

6. Mengatur Ulang Rutinitas Sehari-Hari

Kebiasaan dan rutinitas sehari-hari tentu membuat Anda jenuh dan bosan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengatur ulang rutinitas sehari-hari dengan cara menambahkan aktivitas menarik sehingga hari-hari tidak monoton begitu-gitu saja, Misalnya mengambil waktu main game, nonton film, membaca buku, dan banyak lagi lainnya.

7. Berinteraksi Dengan Pekerja Lain

Jika merasa jenuh dalam bekerja maka coba lihat sekeliling Anda. Cobalah melakukan interaksi dengan rekan Anda yang lain. Berinteraksi dengan pekerja lain tidak hanya menghilangkan rasa jenuh namun bisa memperkuat pertemanan. Namun pastikan hindari pembicaraan tentang pekerjaan dan menganggu orang lain.

“Baca Juga Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kegagalan Sebuah Bisnis”