Photo by Adam Jang on Unsplash

Mendapatkan feedback dalam bentuk kritik dan saran dari pelanggan sangatlah penting. Hal ini bisa menjadi salah satu cara dalam mengukur kesuksesan bisnis Anda. Selain itu umpan balik ini bisa menjadi bahan untuk pengembangan bisnis agar menjadi lebih baik lagi.

Anda juga bisa menggunakan feedback ini sebagai salah satu acuan bagaimana bisnis Anda akan diarahkan. Apakah merubah haluan awal atau tetap pada rencana yang sudah ditentukan. Bahkan dengan adanya umpan balik ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi bisnis Anda.

Pentingnya peran dan manfaat feedback ini tentu sangat baik bagi citra bisnis Anda. Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan feedback? Berikut ini 5 cara dalam mendapatkannya.

1. Melakukan Survei Secara Online

Cara untuk mendapatkan feedback yang pertama adalah dengan melakukan survei online. Dengan menyebarkan survei secara online tentu lebih memudahkan Anda dalam mencari pelanggan yang ingin meluangkan waktunya untuk memberikan umpan balik.

Anda bisa menggunakan media sosial yang saat ini sudah memiliki fitur polling. Buatlah beberapa pilihan atau kategori polling sehingga feedback yang didapatkan bisa lebih banyak, lengkap, dan utuh. Tanyakan pada mereka mengenai kepuasan saat menggunakan produk atau layanan jasa yang Anda sediakan. Apakah mereka mendapat kemudahan atau kesulitan, bagaimana pengalaman saat menggunakannya, dan banyak pertanyaan lain yang bisa Anda pilih.

2. Mengirim Email pada Pelanggan Anda

Secara umum, keluhan yang dialami oleh pelanggan akan disampaikan melalui email ke perusahan Anda. Selain itu keluhan juga akan coba mereka sampaikan melalui nomor perusahaan dan media sosialnya. Dari sini seharusnya Anda sudah mendapatkan beberapa feedback yang dibutuhkan.

Namun menggunakan email sebagai media komunikasi antara Anda dengan para pelanggan adalah pilihan yang tepat. Dengan media ini, bisa leluasa dalam menyampaikan pendapat secara panjang lebar tanpa ada batasan. Selain itu pelanggan bisa juga menyertakan foto untuk mempermudah mereka menjelaskan keluhannya.

3. Menambahkan Kolom Komentar pada Website

Agar feedback lebih mudah didapatkan, Anda bisa menambahkan fitur komentar pada website. Fitur tersebut bisa digunakan oleh pelanggan untuk menyampaikan umpan balik berupa saran, pendapat, hingga kritik. Di sini sebenarnya bisa menampilkan umpan balik secara lengkap dan leluasa, namun kurang bisa menyertakan gambar pendukung.

Pastikan juga Anda melakukan filter pada setiap komentar, untuk menghindari adanya spam. Cobalah untuk merespon komentar dari para pelanggan tersebut agar menciptakan hubungan yang baik.

4. Menyebar Kuesioner Setelah Acara Perusahaan Anda

Tidak sedikit orang yang meragukan hasil survei online atau melalui email. Bisa jadi mereka hanya orang iseng yang bahkan tidak pernah menggunakan produk Anda. Oleh karena itu cobalah sesekali melakukan survei secara online agar hasilnya menjadi lebih valid.

Anda bisa menyebar kuesioner ini setelah melakukan event tertentu. Ajaklah pelanggan yang hadir untuk mau mengisi kuesioner tersebut. Buatlah daftar pertanyaan yang mudah dan sederhana agar waktu pengerjaannya bisa menjadi lebih cepat.

5. Memberi Penghargaan Bagi Pelanggan

Motivasi pelanggan untuk memberikan feedback memang rendah, bahkan mereka hanya akan memberikan pendapat jika masalah tersebut sangat krusial. Oleh karena itu, agar menaikkan motivasi mereka dalam memberi umpan balik, cobalah memberikan sebuah reward pada mereka. Misalnya memberikan reward dengan cara mengadakan lomba review produk.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran bagaimana caranya mendapatkan feedback dari pelanggan? Semoga hasil yang Anda dapatkan bisa digunakan dalam mendukung bisnis Anda sehingga berkembang menjadi lebih baik lagi.

“Baca Juga Tantangan yang Sering Dihadapi Oleh Pengusaha Wanita”