Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Saat ini, banyak sekali bisnis startup bermunculan sehingga persaingan bisnisnya semakin ketat. Meningkatnya jumlah pebisnis tentu meningkat pula kebutuhan akan sewa ruang kerja atau kantor. Biasanya mereka akan mencari tempat bisnis yang lokasinya strategis dan mudah dijangkau.

Akan tetapi, seiring waktu biaya sewa tempat untuk menjalankan bisnis tentu terus meningkat. Namun, tidak banyak pebisnis yang mampu menyewa kantor terlebih jika budget yang dimiliki cukup minim.

Untuk itu, hadirlah layanan virtual office untuk membantu pebisnis dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya dengan mudah. Apa itu virtual office? Virtual office adalah sebuah kantor visual yang termasuk kantor sewa non fisik. Meski kantor yang disewa non fisik, namun pebisnis mendapat keuntungan seperti mendapat alamat terdaftar dan berbagai fasilitas kantor dari penyedia layanan tersebut.

Banyak keuntungan-keuntungan lain yang bisa didapat dari virtual office untuk perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Virtual office mampu menghemat biaya operasional perusahaan hingga 90%
  2. Pebisnis tidak perlu menyewa gedung perkantoran yang terbilang cukup mahal
  3. Pebisnis dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan beserta peralatan kantornya
  4. Virtual office mampu meningkatkan citra bisnis perusahaan
  5. Kerja dengan waktu fleksibel bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja tanpa terikat jam kantor
  6. Memiliki domisili perusahaan untuk berbagai kebutuhan dan tidak peru repot mengurus surat izin hingga syarat mendirikan perusahaan
  7. Lokasi strategis berada di zona perkantoran yang disahkan pemerintah
  8. Mengurangi tingkat stress akibat perjalanan lalu lintas dan polusi udara
  9. Meningkatkan produktivitas kerja
  10. Memiliki nomor telepon khusus untuk perusahaan
  11. Layanan resepsionist dan layanan jawab telepon dan email yang professional
  12. Bisa mengajukan PKP (Pengusaha Kena Pajak)
  13. Lebih santai dan mengurangi stress
  14. Baik untuk lingkunga karena tidak perlu menaiki transportasi untuk pergi ke kantor
  15. Menghemat waktu tanpa perlu bermacet-macetan di jalan

Perlukah perusahaan menggunakan layanan virtual office? Dari berbagai pendapat, ternyata beberapa perusahaan sangat memerlukan layanan ini, terlebih jika perusahaan itu merupakan perusahaan startup, konseling, atau konsultan.

Mengapa perusahaan membutuhkan virtual office? Hal ini dikarenakan virtual office merupakan salah satu alternatif menjanjikan bagi pebisnis agar mampu bertahan menghadapi persaingan bisnis yang terus berubah. Virtual office hadir untuk mempermudah pebisnis mendirikan perusahaan dengan biaya murah dan sesuai dengan kebutuhan pebisnis tersebut.

Di Jakarta, sudah banyak layanan penyedia virtual office atau kantor virtual.  Tidak hanya di Jakarta, bahkan di daerah kota lain juga sudah tersebar virtual office. Virtual office memang sangat membantu pebisnis untuk mendirikan bisnisnya tanpa repot-repot.

Fasilitas yang disediakan di layanan virtual office juga terbilang cukup lengkap seperti berikut ini:

  • Lokasi kantor yang strategis
  • Ruang meeting
  • Layanan resepsionis
  • Layanan telepon dan email
  • Biaya listrik
  • Biaya kebersihan
  • Dan lain-lain

Biaya yang dibutuhkan untuk layanan virtual office juga cukup terjangkau. Harga sewa bisa disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis. Biaya sewa kantor virtual bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Biaya sewa virtual office sangat bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Namun ada kantor virtual office yang menyediakan biaya sewa mulai dari IDR 7.700/hari di Jakarta. Dengan biaya ini maka Anda bisa menghemat biaya sewa hingga 70% dari biaya operasional perusahaan Anda.

Bicara mengenai harga, hal ini sangat bergantung pada lokasi virtual office itu sendiri. Ada yang mulai dari IDR 500.000/bulan hingga ada yang IDR 2.000.000/tahun di wilayah lain sekitar jakarta.

Virtual office bisa menjadi salah satu formalitas bagi perusahaan yang belum memiliki kantor. Alamat kantor virtual office tersebut dapat dijadikan sebagai alamat perusahaan Anda. Harga yang ditawarkan untuk sewa virtual office merupakan harga tetap, namun jika Anda ingin menambahkan layanan kantor virtual tersebut maka akan diakumulasikan ke biaya sewa bulanannya.

Biaya sewa kantor virtual office terbilang cukup terjangkau dan menjadikan kantor tersebut sebagai pilihan yang tepat bagi Anda dan perusahaan lain dibandingkan menyewa kantor konvensional. Untuk itu, bijak dan cermatlah Anda memilih kantor virtual office dan jangan sampai salah pilih.

“Lihat Juga Pilihan Package Lengkap Virtual Office Di SAMUDRA”