Photo by Campaign Creators on Unsplash

Salah satu kesulitan yang vital saat memulai bisnis startup adalah tingginya biaya perkantoran dan tenaga kerja. Padahal kedua elemen tersebut sangat penting agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik dan efektif. Oleh karena itu banyak pengusaha saat ini yang menggunakan Virtual Office sebagai lokasi usaha.

Jasa penyewaan kantor dalam bentuk Virtual Office sendiri sudah menjadi pilihan bagi para pelaku bisnis startup. Tempatnya yang strategis menjadi alasan utama agar memudahkan mereka saat melakukan pertemuan dengan kolega, mitra, hingga klien bisnisnya. Hal ini bisa terjadi karena kantor virtual ini jauh lebih hemat jika dibandingkan penyewaan kantor lain serta kantor konvensional.

Walau harganya yang relati jauh lebih murah, namun keunggulan yang didapat hampir sama dengan co-working space maupung serviced office. Mulai dari ketersediaan ruangan, fasilitas, administrasi, dan kelengkapan lainnya bisa didapatkan di Virtual Office.

Konsepnya memang cukup mirip dengan co-working space, di mana satu kantor bisa digunakan secara bersama-sama. Namun perbedaan yang mendasar adalah Virtual Office menyediakan alamat yang sudah diberikan kepada perusahaan tersebut, sehingga secara operasional mereka tidak perlu datang ke kantor. Para pelaku startup bisa bekerja secara remote dengan waktu yang fleksibel, tanpa harus terikat pada waktu yang ketat dan padat.

Dengan kemudahan ini pemilik startup seharusnya memiliki sebuah legalitas, karena memiliki alamat yang legal secara hukum. Kemudian kredibilitas mereka juga terjaga ketika menggunakan alamat yang sah tadi, sehingga di mata konsumen atau kolega perusahaan rintisan yang dibuat bisa dipercaya.

Beberapa Virtual Office juga sudah menerapkan sistem administrasi yang sudah otomatis, sehingga lebih efisien. Kebutuhan administratif seperti absensi, dokumen, mailing list, telepon, dan lainnya bisa dilakukan di Virtual Office ini.

“Baca Juga Pekerja Remote Semakin Banyak, Virtual Office Semakin Dibutuhkan”http://www.samudraoffice.com/pekerja-remote-semakin-banyak-virtual-office-semakin-dibutuhkan/

Apakah Perlu untuk Tetap Datang ke Kantor?

Para pelaku startup yang menggunakan Virtual Office ini berasal dari berbagai bidang usaha. Mulai dari e-commerce, production house, desainer, kesehatan, konsultan bisnis, dan banyak lagi lainnya. Banyak dari pekerjaan tersebut yang bisa dilakukan secara remote atau jarak jauh, sehingga tidak perlu untuk datang ke kantor.

Anda bersama tim bisa bekerja dari jarak jauh. Karena banyak yang menyatakan bahwa bekerja secara fleksibel ternyata bisa membuat pekerja bisa menjadi lebih produktif serta kesehatan tubuh dan jiwa tetap terjaga.

Untuk nomor telepon kantor Anda tidak perlu khawatir walau menggunakan nomor dari Virtual Office. Karena ada resepsionis yang menerima telepon dan menghubungkannya ke nomor Anda. Oleh karena itu kegiatan bisnis melalui saluran telepon tersebut bisa Anda lakukan tanpa ada hambatan. Misalnya Anda bisa menjelaskan mengenai produk mulai dari alur distribusi, proyeksi penjualan, dan banyak lainnya.

Bagaimana Virtual Office yang Cocok Bagi Startup

Setelah mengetahui beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan Virtual Office, maka saatnya Anda melakukan pemilihan. Namun dalam memilih sebuah Virtual Office Anda ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

Pertimbangan yang pertama adalah lokasi dari Virtual Office tersebut. Pastikan Anda menyewa kantor virtual yang strategis yang bisa dijangkau oleh banyak kalangan. Biasanya kantor virtual berada di area perkantoran yang ramai dan mudah diakses.

Kemudian pastikan bahwa kantor virtual menyediakan berbagai fasilitas yang bisa mendukung kegiatan bisnis Anda. Mulai dari ruang rapat, ATK, pantry, personal assistant, resepsionis, telepon, akses internet, dan lainnya.

Kantor virtual, virtual office, virtual office jakarta, virtual office jakarta selatan.

“Lihat Juga Pilihan Package Virtual Office dan Benefit Fasilitas yang Didapatkan di SAMUDRA”