Photo by NeONBRAND on Unsplash

Memiliki bisnis sendiri tentu menjadi impian siapa saja. Namun, dalam memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Salah satu hal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis adalah dengan adanya modal.

Bagi setiap orang, mengingat modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit tentu menghambat setiap orang untuk memulai bisnis. Karena kita ketahui bahwa modal menjadi hal yang sulit didapatkan sehingga banyak orang yang mengurungkan keinginannya dalam memulai bisnis.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa dalam memulai usaha tidak selalu harus membutuhkan modal yang besar. Terkadang beberapa jenis usaha hanya menggunakan modal secukupnya dan terbatas.

Dengan modal terbatas tentu Anda tidak akan bisa berinovasi secara leluasa alias terbatas. Namun dengan modal yang cukup besar maka Anda bisa bebas berinovasi.

Bicara mengenai modal yang kecil atau besar, masih banyak orang yang bingung dalam mendapatkan modal untuk memulai usahanya. Berikut merupakan 5 cara mendapatkan modal ketika baru memulai bisnis:

1. Gunakan Tabungan Anda

Cara mendapatkan modal yang bisa Anda terapkan pertama adalah dengan menggunakan tabungan Anda sendiri. Biasanya seseorang yang sudah memiliki pemikiran untuk memulai bisnisnya sudah menyediakan tabungan khusus untuk berjaga-jaga jika suatu saat membutuhkan tabungan tersebut untuk memulai bisnisnya.

Jika Anda berencana memulai bisnis dengan tabungan Anda sendiri, Anda bisa mulai dengan menyisihkan sekian persen dari gaji Anda untuk tabungan modal usaha. Jika Anda merasa modal usaha sudah cukup, maka Anda bisa memulai membangun bisnis Anda sendiri.

Akan tetapi, cara yang satu ini akan memakan waktu yang cukup lama mengingat biaya memulai bisnis tidaklah sedikit. Namun keuntungannya, Anda tidak pusing memikirkan hutang dari pihak lain karena dengan menggunakan tabungan Anda maka Anda lebih tenang dalam memulai bisnis Anda.

2. Menjual Harta Pribadi

Jika tabungan yang Anda miliki tidak mencukup untuk memulai bisnis, maka Anda bisa mencoba menjual sebagian harta pribadi Anda sehingga Anda tidak perlu memakan waktu cukup lama agar tabungan modal usaha terkumpul. Adapun barang yang bisa dijual seperti perhiasan, elektronik hingga kendaraan.

3. Mengajak Rekan Bisnis

Salah satu cara yang bisa dilakukan pebisnis untuk memulai bisnisnya adalah dengan mengajak rekan bisnisnya mendirikan bisnis bersama. Biasanya rekan bisnis yang di ajak memiliki minat dan tujuan yang sama sehingga mereka akan menjadi rekan bisnis yang cocok.

Dengan mengajak rekan bisnis maka modal usaha yang diperlukan akan sedikit lebih ringan karena ditanggung berdua. Anda bisa memberitahu rencana bisnis Anda dan apa yang ingin Anda capai kedepannya dari bisnis yang Anda dirikan.

Jika mereka tertarik tentu Anda akan sangat terbantu mengingat modal bisnis yang dibutuhkan dalam memulai bisnis cukup besar.

4. Melakukan Pinjaman Uang

Meminjam uang untuk modal usaha memang sudah biasa dilakukan bagi pebisnis yang ingin memulai usaha namun tidak memiliki modal yang cukup.

Memulai bisnis memanglah bukan suatu hal yang mudah sehingga Anda harus bekerja keras untuk menjalankan dan memulainya meski harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga. Meminjam uang hanya boleh dilakukan jika modal tidak tercukupi, aset berharga tidak cukup untuk dijual dan sebagainya.

Untuk melakukan pinjaman, Anda bisa meminjam kepada keluarga, rekan ataupun mengajukan pinjaman bank. Namun melakukan pinjaman uang tentu memiliki risiko yang cukup tinggi mengingat karena Anda harus membayar kembali uang yang sudah dipinjam tersebut.

Terlebih jika Anda meminjamnya melalui bank maka akan ada bunga yang harus Anda tanggung. Untuk itu, sebelum Anda meminjam uang pikirkan kembali risiko yang akan Anda hadapi. Pastikan Anda mengembalikan uang tersebut tepat waktu agar Anda tidak terlibat masalah.

5. Modal Dari Pelanggan

Cara mendapatkan modal dalam memulai bisnis dapat Anda lakukan dengan modal dari pelanggan. misalnya Anda membuka jasa katering atau pemesanan apapun, maka Anda bisa meminta mereka bayar dimuka baru selanjutnya Anda mengerjakan pesanan kebutuhan pelanggan tersebut. Dengan cara yang satu ini maka keuntungan yang Anda dapat bisa terus berputar menjadi modal usaha.

“Baca Juga 5 Pebisnis Muda Yang Inspiratif”