Photo by Roberto Nickson on Unsplash

Natal dan tahun baru merupakan dua momen yang berdekatan dan setiap tahunnya dimeriahkan dengan berbagai macam acara. Salah satunya adalah perayaan, live music, acara TV, dan bahkan parade.

Momen libur akhir tahun juga meningkatkan nilai belanja setiap orang. Biasanya mereka akan lebih banyak berbelanja pada momen ini. Anda tentu bisa menjadikannya sebagai peluang untuk menigkatkan penghasilan saat.

Peluang Bisnis Saat Liburan

Di akhir tahun ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan. Apa saja jenis usaha tersebut? Inilah ulasannya.

1. Membuat Baju Custom

Momen Natal dan tahun baru hanya muncul setahun sekali. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan banyak orang yang ingin memakai baju dengan konsep tertentu dan kembar sekeluarga, segereja, atau sekomunitas. Nah, Anda yang punya butik atau bisa menjahit, bisa membuat baju custom dengan omzet puluhan juta rupiah.

2. Jual Aksesoris

Selain baju, aksesoris juga sangat penting untuk digunakan. Nah, jika Anda adalah seorang crafter sejati, Anda dapat membuat cincin, kalung, gelang, atau aksesoris lainnya yang sesuai dengan tema momen yang sedang dirayakan.

3. Memproduksi Kue Kering

Pada saat Natal dan tahun baru, biasanya banyak orang yang mudik dan saling mengunjungi. Momen ini harus dimanfaatkan dengan maksimal, misalnya dengan memproduksi kue kering. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi Anda juga bisa menjualnya secara online. Selain mudah dibuat, kue kering juga mudah dijual karena harganya cukup terjangkau.

4. Menerima Pesanan Kue Basah

Bukan hanya kue kering, tetapi sajian berupa kue basah juga sangat diminati di momen Natal atau tahun baru. Mengapa demikian? Karena saat menjamu tamu, kadang makanan berat juga terlalu lama di masak. Oleh karena itu, kue basah bisa jadi solusi jamuan pengganjal perut yang lebih praktis.

5. Reseller Karpet, Sprei dan Gorden

Siapa bilang hanya penampilan saja yang butuh diperhatikan saat momen Natal dan tahun baru? Faktanya, banyak ibu-ibu yang ingin mengganti dekorasi rumahnya dengan karpet, sprei dan gorden senada. Nah, karena cukup sulit untuk memproduksi sendiri kelengkapan rumah dengan ukuran besar atau bahan khusus itu, maka Anda dapat menjadi reseller dengan sistem laku bayar.

6. Koki

Pada saat liburan Natal dan tahun baru, banyak pekerja di restoran atau catering yang memilih untuk cuti, agar bisa membersamai keluarga. Momen ini jangan sampai Anda lewatkan terutama jika Anda punya kemampuan atau hobi memasak. Akan banyak tempat yang membutuhkan koki atau asisten koki tambahan. Bisa jadi, pekerjaan ini akan bertahan lama apabila kemampuan Anda sesuai dengan permintaan.

7. Tour Guide

Apakah di daerah Anda ada banyak spot wisata? Jika ya, maka Anda dapat menjadi pemandu wisata dadakan. Pekerjaan ini sangat penting karena objek-objek wisata akan dipadati oleh para wisatawan. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman berharga dengan menjadi tour guide.

Jadi, pekerjaan mana yang paling menarik untuk Anda? Yuk, ajak teman atau keluarga untuk mendapatkan lebih banyak uang dalam momen Natal dan tahun baru ini. Memanfaatkan momen ini tentu baik bagi kelangsungan bisnis yang akan berjalan atau baru saja Anda rintis. Kuncinya adalah pandai melihat peluang, bijak menggunakan modal usaha, serta pintar melihat peluang. Selamat mencoba!

“Baca Juga Keuntungan Membuka Bisnis Barbershop”