Photo by Simon Rae on Unsplash

Siapa disini yang tidak suka dengan produk murah? Tentu sebagian besar pelanggan suka dengan produk dengan harga murah. Mnegapa demikian? Hal ini dikarenakan, produk murah akan lebih menghemat pengeluaran.

Itu sebabnya ketika ada toko yang mengadakan diskon atau promo, maka akan banyak pelanggan ramai berdatangan. Berbeda dengan produk yang harganya normal, maka hanya beberapa pelanggan saja yang berkunjung ke toko tersebut.

Sebagai pebisnis, menciptakan kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal penting yang harus diwujudkan. Kepuasan pelanggan akan berimbas baik untuk perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Tidak hanya itu, jika pelanggan puas, maka kemungkinan pelanggan akan kembali lagi untuk membeli produk di toko Anda.

Sebaliknya, jika pelanggan merasa tidak puas dan kecewa dengan produk atau layanan yang Anda berikan, maka kemungkinan mereka beralih ke toko lain. Untuk itu, Anda sebaiknya membuat strategi harga yang tepat untuk mempertahankan kesetiaan konsumen.

Lantas bagaimana jika Anda ingin menaikkan harga? Tentu dalam berbisnis Anda akan mengalami fase suatu produk harus dinaikkan harganya. Selain untuk mencapai keuntungan, Anda mungkin memiliki anggaran yang terbatas untuk terus mengadakan promosi. Namun hal ini dapat membuka kemungkinan pelanggan akan berpaling ke toko lain. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Lantas bagaimana cara menaikkan harga produk tanpa kehilangan pelanggan? Berikut ini adalah tipsnya:

1. Memperkenalkan Harga Baru Disertai Promo

Untuk memperkenalkan harga baru kepada pelanggan Anda sebaiknya tidak memberikan harga secara tiba-tiba. Hal ini akan membuat pelanggan merasa aneh dengan toko Anda dan kemungkinan mereka akan berpaling ke toko lain.

Jadi, dalam memperkenalkan harga baru maka sebaiknya Anda sertai dengan promo. Dengan cara ini maka pelanggan akan tahu bahwa saat ini harga produk naik dan pelanggan tidak akan merasa keberatan karena sudah diuntungkan dengan promo tersebut.

Biasanya, toko tertentu memberikan keuntungan bagi pelanggan seperti potongan harga atau diskon. Tanpa disadari bahwa harga produk yang ditawarkan sedang mengalami kenaikkan harga. Hal ini akan membuat pelanggan tidak peduli dan tidak keberatan karena sudah diuntungkan dengan promo yang diberikan.

2. Memberikan Pilihan Cara Pembayaran

Saat ini ada banyak jenis dompet digital. Keberadaan aplikasi tersebut bisa menjadi pilihan pembayaran lain yang bisa Anda gunakan.

Saat ini sudah banyak toko baik fashion, kuliner dan sebagainya menggunakan pembayaran jenis tersebut. Banyak pelanggan menyukai jenis pembayaran tersebut karena adanya potongan harga baik diskon atau cashback. Hal ini membuat pelanggan tidak merasa dirugikan meski harga produk tersebut naik.

3. Memperbarui Produk

Saat ingin menaikkan harga produk, pastikan sebelumnya Anda sudah memperbarui produk yang Anda jual. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jika menaikkan harga produk maka produk yang Anda jual juga harus terjamin kualitasnya.

Pembaruan produk dengan kualitas terbaik baik dari bahan dasar dan tampilan tentu akan membuat pelanggan berpikir bahwa kenaikan harga tersebut dikarenakan pembaruan produk tersebut. Konsumen akan merasa tidak keberatan akan kenaikkan tersebut, karena ada value lain yang Anda tawarkan.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Biasanya, sebagian toko saat menaikkan harga produk hanya fokus terhadap pemasaran produknya saja tanpa memperhatikan keinginan pelanggannya. Dampaknya pelanggan akan berpaling ke toko lain dengan produk sejenis.

Hal ini dikarenakan bahwa toko tersebut hanya fokus pada produk yang ditawarkan saja tanpa peduli keinginan pelanggannya. Untuk itu, Anda harus memberikan kepuasan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan terbaik misalnya dengan ramah, murah senyum dan sebagainya. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dihormati dan puas saat membeli produk di toko Anda.

“Baca Juga Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ekspansi Bisnis”