Photo by Joseph Gruenthal on Unsplash
 

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu tidak luput dari yang namanya persaingan bisnis. Sebagai pebisnis, tentu Anda harus terus mengikuti alur persaingan bisnis, mengerti perkembangan bisnis Anda dan cara seperti apa yang mampu membuat bisnis bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis.

Namun, dalam menghadapi persaingan bisnis Anda tidak perlu takut terlibat di dalamnya, karena masih banyak strategi yang bisa Anda terapkan dalam menghadapi persaingan bisnis. Banyak cara yang dilakukan pebisnis dalam menghadapi persaingan bisnis seperti melakukan turun harga, memberikan diskon yang fantastis hingga banting harga.

Persaingan bisnis merupakan hal yang lumrah dalam dunia bisnis. Namun, jalan strategi dalam menghadapi persaingan bisnis di atas bukanlah jalan satu-satunya dalam menghadapi persaingan bisnis.

Memang benar dalam menghadapi persaingan bisnis, pebisnis harus sadar mengenai hukum pasar misalnya seperti apa respon masyarakat atau pelanggan apakah mereka lebih menyukai potongan harga yang fantastis hingga banting harga? Ataukah mereka menyukai harga standar namun kualitas terbaik?

Namun, dalam menghadapi persaingan bisnis Anda tidak perlu melakukan diskon besar-besaran dengan harga fantastis, atau bahkan melakukan banting harga. Meski keduanya akan menarik banyak pelanggan dan mampu menjual banyak produk, namun hal itu tidak dibenarkan dalam menghadapi persaingan bisnis.

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam persaingan bisnis, banting harga memang membuat Anda memperoleh keuntungan, namun hanya dalam jangka pendek bukan untuk jangka panjang. Justru, banting harga bisa membuat Anda hampir tidak mendapatkan keuntungan. Bagaimana bisa?

Hal ini dikarenakan banting harga akan menurunkan kekuatan dalam perusahaan yang berdampak pada kepuasan pelanggan. Karena keuntungan yang diperoleh sangat minim, hal ini bisa menurunkan motivasi bisnis dan modal bisnis Anda.

Sebenarnya, para pebisnis menetapkan strategi banting harga dengan beragam tujuan seperti berikut:

  1. Menarik pelanggan sebanyak-banyaknya
  2. Mematikan bisnis kompetitor
  3. Menaikkan citra dan popularitas bisnis
  4. Dan lain-lain

Namun, sebelum Anda melakukan banting harga, banyak risiko yang mungkin Anda dapat jika Anda melakukan banting harga pada bisnis Anda. Untuk itu, pahami risiko yang didapat dari banting harga seperti berikut ini:

  1. Merusak harga pasaran
  2. Menurunkan profit
  3. Bisnis tidak bertahan dalam jangka panjang
  4. Kemungkinan bisnis mengalami bangkrut

Mungkin pada awalnya banting harga dilakukan pebisnis dengan tujuan menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Sehingga tidak heran jika banyak pelanggan yang tergila-gila dengan produk banting harga meski kualitasnya belum dipastikan.

Meski pelanggan yang datang banyak, dan produk yang Anda jual laku keras. Namun, pernahkah Anda pikirkan berapa keuntungan yang didapat dari banting harga? Jika Anda perhatikan pasti dalam banting harga Anda tidak memperoleh keuntungan, mengapa? Karena saat Anda melakukan banting harga maka profit yang Anda peroleh tidak sebanding dengan harga asli dari produk tersebut. Bahkan mungkin saja jika diperhitungkan Anda justru rugi banyak.

Tujuan menjadi pebisnis seharusnya tidak semata-mata untuk mendapatkan keuntungan saja tanpa mempedulikan kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Karena pada umumnya seharusnya pebisnis selalu berupaya dalam mendapatkan pelanggan dengan cara inovasi dan kreatifitas.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam menghadapi persaingan pasar, misalnya seperti memberikan potongan harga, diskon beli 1 gratis 1 dan lain sebagainya. Namun hal tersebut sebaiknya Anda pertimbangkan seperti memberikan batas waktu promosi tersebut.

Selain itu, pebisnis juga sebaiknya tidak mudah menyerah untuk terus berinovasi dan mempromosikan produknya melalui berbagai media seperti internet, brosur, maupun media sosial. Jika Anda tidak pernah berhenti berinovasi demi memenuhi kebutuhan pelanggan maka dijamin bisnis Anda akan mampu bertahan menghadapi persaingan bisnis dalam jangka waktu panjang.

Sebagai pebisnis, Anda harus fokus dalam membenahi kelangsungan bisnis yang Anda kembangkan. Dan jangan terpengaruh dengan harga pesaing sebagai patokan harga untuk melakukan strategi banting harga. Karena bisa jadi pesaing Anda justru lebih efisien dalam menjalankan operasi bisnis mereka sehingga mereka sudah mempertimbangkan dalam melakukan banting harga.

Itulah risiko yang didapat jika Anda melakukan banting harga pada bisnis Anda. Untuk itu, sebelum mengambil keputusan untuk banting harga sebaiknya Anda mempertimbangkan dampak-dampak dan risiko yang ditimbulkan dari banting harga untuk kelangsungan bisnis Anda.

“Baca Juga 5 Cara Mudah Memulai Bisnis Properti”