Photo by Helloquence on Unsplash

Dalam memulai sebuah bisnis, selain melakukan rumusan strategi Anda juga harus mengetahui peraturan serta hukum yang berlaku. Salah satunya adalah dengan membuat dokumen legalitas untuk usaha yang Anda jalani.

Legalitas perusahaan merupakan dokumen hukum yang perlu Anda mulai dari izin usaha dan kepemilikan domisili perusahaan. Selain itu beberapa dokumen lain yang harus dimiliki adalah akta pendirian, SK Kementerian Hukum dan HAM, NPWP, NPWP, NIB,NPWP, Izin Usaha, Izin Lokasi, AMDAL, dan banyak lagi lainnya. Tidak jarang beberapa perusahaan yang sudah berdiri menganggap kepemilikan dokumen ini tidak penting, sehingga abai pada konsekuensi yang akan mereka dapatkan. Padahal legalitas usaha sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis yang telah Anda bangun.

Selain itu ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengurus legalitas bisnis lebih awal, antara lain:

1. Memiliki Perlindungan Hukum

Beberapa bisnis yang sudah berjalan dengan baik pernah berhenti secara tiba-tiba, padahal awalnya perusahaan tersebut berjalan dengan baik. Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah perusahaan bisa berhenti secara mendadak, salah satunya karena tidak memiliki perlindungan hukum yang cukup.

Sebuah bisnis yang memiliki kelengkapan dokumen legalitas tentu bisa terhindar dari masalah pemberhentian secara mendadak oleh pemerintah. Karena perusahaan sudah memiliki dokumen yang sesuai dengan ketentuan undang-undang.

2. Anda bisa Mengembangkan Bisnis ke Skala Yang Lebih Besar

Setiap pelaku usaha pasti memiliki rencana untuk memperbesar skala bisnis mereka. Keuntungan yang lebih besar bisa dilakukan dengan ekspansi pasar yang lebih meluas untuk peningkatan layanan pada konsumen. Namun, memperluas skala bisnis ini tentu membutuhkan modal yang sangat besar. Walau potensi pasar terbuka lebar, Anda juga harus memiliki akses modal yang cukup untuk mengakomodasi bisnis.

Akses terhadap modal bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah jika memiliki legalitas perusahaan. Pinjaman pada perbankan atau mendatangkan investor baru tentu lebih mudah bagi perusahaan yang legal dan sah di mata hukum. Oleh karena itu mengurus dokumen legalitas perusahaan sejak awal adalah langkah yang tepat.

3. Aset Anda Terlindungi

Pernahkah Anda mendengar atau membaca sebuah berita di mana sebuah perusahaan kolaps, namun pendiri atau pemiliknya bisa hidup dengan tenang. Hal tersebut bisa terjadi karena sebuah perusahaan yang memiliki badan hukum seperti PT (perseroan terbatas) bisa melindungi aset pribadi. Walau usaha Anda yang bangkrut, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap barang pribadi milik diri sendiri.

Sebagai sebuah badan hukum, perusahaan Anda yang berbentuk PT tentu merupakan sebuah entitas terpisah. PT memiliki liabilitas serta aset sendiri, sehingga bisa bertindak sesuai keinginannya sendiri. Oleh karena itu, apapun yang terjadi pada sebuah PT, tidak berpengaruh pada kepemilikan pribadi sang pemilik. Hal ini bisa terjadi karena PT tersebut memiliki legalitas yang sah.

4. Meningkatkan kredibilitas Bisnis

Perusahaan yang kredibel tentu memiliki kekuatan hukum yang tertuang dalam dokumen legalitas. Kredibilitas ini sangat membantu Anda dalam menjalin koneksi dengan konsumen, mitra, bank, investor, klien, dan banyak lagi lainnya. Perusahaan Anda akan semakin dipercaya serta dianggap profesional.

Perusahaan yang kredibel tentu lebih mudah juga dalam mendapatkan proyek. Karena ketika proses tender sedang berlangsung, syarat yang harus dimiliki adalah kepemilikan dokumen legal tersebut. Oleh karena itu apabila sebuah perusahaan swasta atau milik pemerintah akan mengadakan proyek dan Anda tertarik, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki dokumen legalitas perusahaan.

Konsep bisnis, pendirian pt, pengusaha, strategi bisnis, strategi marketing.

“Baca Juga Langkah-Langkah dalam Mengurus Legalitas Perusahaan”