Photo by Razvan Chisu on Unsplash

Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis sendiri, tentu semua orang ingin memiliki bisnis sendiri. Hanya saja, banyak orang takut untuk memulai. Hal ini wajar dirasakan setiap orang yang ingin memulai bisnis.

Dalam memulai bisnis, hal yang membuat setiap orang kesulitan adalah diperlukannya modal sebelum memulai bisnis. Namun, tahukah Anda ada hal yang lebih sulit dilakukan dalam bisnis selain memulai?

Ya, jawabannya adalah mempertahankan bisnis tersebut. Jika Anda sudah menjalankan bisnis Anda, tentu Anda akan berfikir bahwa memulai bisnis tidak sesulit mempertahankan dan mengembangkan bisnis tersebut.

Mengapa mempertahankan bisnis lebih sulit dari memulai bisnis tersebut? Hal ini dikarenakan dalam berbisnis tentu Anda akan menemui banyak pesaing bisnis Anda. Hal ini tentu membuat bisnis Anda harus bersaing secara sehat dengan pebisnis lain.

Kondisi tersebut membuat Anda harus memiliki nilai lebih dan melakukan inovasi atas produk yang Anda hasilkan agar konsumen tetap membeli produk dengan Anda. Agar bisnis Anda tidak gulung tikar, berikut hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan bisnis:

1. Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Bisnis

Banyak pebisnis salah dalam mengelola keuangannya, salah satunya dengan menggabungkan uang pribadi dengan uang hasil usaha. Hal ini sering terjadi bagi para pebisnis. Mereka menganggap bahwa uang bisnis dengan uang pribadi adalah hal yang sama.

Namun perlu diketahui bahwa jika Anda mencampurkan uang pribadi dengan uang bisnis, maka Anda akan sulit mengetahui pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis yang Anda kembangkan. Dengan begitu, maka catatan keuangan Anda jadi berantakan.

2. Membuat Anggaran atau Rencana

Selanjutnya Anda bisa membuat anggaran atau rencana keuangan dalam mempertahankan bisnis Anda seperti mengutamakan pengeluaran. Jika bisnis Anda dirasa masih mencukupi, maka Anda bisa menggunakan kas tersebut untuk biaya tetap bisnis Anda. Jika anggaran pengeluaran bisnis Anda terencana maka segala keuangan bisnis Anda tidak akan kacau.

3. Beri Nilai Lebih

Jika Anda dan pesaing Anda menjual produk yang sama, maka Anda bisa memberikan nilai lebih kepada pelanggan Anda baik dari segi harga maupun pelayanan. Anda bisa memberikan pelayanan ramah dan profesional kepada pelanggan Anda. Perlakuan Anda kepada pelanggan bisa menentukan apakah pelanggan akan tetap membeli produk dengan Anda atau tidak.

4. Terus Berinovasi dan Kembangkan Kreatifitas

Terus mengembangkan inovasi dan kreatifitas merupakan poin penting dalam mempertahankan bisnis. Jika Anda tidak mengembangkan inovasi dan kreatifitas Anda, maka tidak heran jika suatu saat pelanggan merasa bosan dengan produk Anda dan memilih membeli produk di pebisnis lain.

Setiap bisnis selalu ada kekurangan, sehingga yang perlu Anda lakukan pada bisnis Anda adalah terus berinovasi dan mengembangkan kreatifiktas semaksimal mungkin. Karena dengan cara ini usaha Anda bisa terus bertahan di banyaknya pesaing bisnis.

5. Lakukan Promosi Seluas-Luasnya

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis Anda adalah dengan melakukan promosi seluas-luasnya. Dalam berbisnis, melakukan promosi memang suatu yang harus dilakukan. Hanya saja, untuk mempertahankan bisnis diantara banyaknya pesaing, Anda sebagai pebisnis harus melakukan promosi seluas-luasnya.

Anda bisa memanfaatkan media internet dan sosial media seperti instagram, facebook, yputube, twitter dan lain sebagainya. Internet dan sosial media merupakan media promosi terbaik yang mampu menjangkau seluruh orang di dunia sehingga langkah ini sangat perlu dilakukan untuk mempertahankan bisnis Anda.

6. Jangan Mudah Menyerah

Dalam mempertahankan bisnis, tentu Anda tidak selalu berhasil dalam menjalankan bisnis. Untuk itu, pastikan Anda memiliki mental dan tekad yang kuat dan jangan mudah menyerah akan hal yang mungkin terjadi dalam bisnis Anda.

Pastikan Anda selalu percaya diri dan berfikir positif. Dengan berpikir positif maka Anda akan lebih mudah berfikir mengenai apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan bisnis Anda. Jika pikiran Anda tidak kacau, maka Anda akan mudah mengembangkan inovasi dan kreatifitas Anda dalam mempertahankan bisnis Anda.

Itulah enam hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan bisnis Anda. Hal yang dilakukan tersebut memanglah sederhana, namun jika dilakukan dengan tekad kuat dan konsisten maka bisnis Anda mampu bertahan dengan baik.

“Baca Juga 5 Pebisnis Muda Yang Inspiratif”