Photo by Nadine Shaabana on Unsplash

Bagi pebisnis yang tengah merintis sebuah usaha, keberadaan kantor terbilang penting. Selain sebagai lokasi operasional perusahaan, kantor juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan klien atau konsumen. Tidak hanya itu, domisili kantor juga dapat membantu bisnis dalam mengurus perizinan tertentu.

Akan tetapi saat ini di Jakarta sendiri biaya sewa kantor terbilang cukup mahal, terlebih jika ingin menyewa di gedung perkantoran yang lokasinya strategis. Hal ini tentu menjadi masalah besar bagi pebisnis yang baru merintis karena biaya sewa kantor yang mahal akan membebani bisnis tersebut.

Untuk itu, hadirnya virtual office akan sangat membantu pebisnis yang baru merintis usahanya. Kantor virtual ini menyediakan sewa kantor virtual dan tidak berbentuk fisik dan hanya mendapatkan alamat kantor terdaftar saja.

Keuntungan yang didapat pebisnis dengan menggunakan konsep virtual office adalah perusahaan tidak perlu terbebani biaya operasional yang besar. Anggaran perusahaan juga akan semakin hemat karena biaya sewa sangat terjangkau dan cocok bagi pebisnis yang baru merintis bisnisnya. Dengan begitu, perusahaan akan menghemat biaya cukup besar.

Kini jasa penyedia kantor virtual sudah tersebar luas di seluruh Indonesia khususnya di kota-kota besar. Akan tetapi, Anda sebagai pebisnis harus pandai dalam memilih virtual office karena jika salah memilih virtual office maka akan merugikan perusahaansendiri. Berikut adalah kerugian akibat salah memilih virtual office.

1. Tidak Bisa Melakukan Perizinan

Sebaiknya Anda berhati-hati dan cermat dalam memilih virtual office. Virtual office yang benar akan memudahkan Anda dalam melakukan perizinan. Sebaliknya, jika virtual office yang dipilih salah dan alamat kantornya tidak jelas dan tidak berada dalam zonasi perkantoran maka Anda tidak akan bisa melakukan perizinan usaha. Hal ini bisa terjadi karena dianggap telah melanggar peraturan yang telah di tetapkan pemerintah.

2. Penyedia Jasa Virtual Office yang Tidak Berpengalaman

Jika salah memilih virtual office dan penyedia tersebut tidak berpengalaman tentu akan merugikan perusahaan Anda. Karena mereka tidak mampu memberikan pelayanan yang profesional sesuai yang Anda butuhkahn. Tidak hanya itu, penyedia jasa virtual office yang tidak berpengalaman biasanya keberadaan perusahaannya tidak jelas dan dapat menghilang sewaktu-waktu sehingga akan merugikan bisnis yang tengah Anda kembangkan.

3. Tidak Bisa Mengurus PKP

Kerugian berikutnya jika salah memilih virtual office Anda tidak bisa mengurus PKP. Jika virtual office yang dipilih tidak PKP maka Anda akan kehilangan kesempatan dalam mengikuti proyek atau tender dari perusahaan besar dan pemerintah. Untuk itu, pilihlah virtual office yang sudah PKP.

4. Tidak Menyediakan Jasa Pengurusan Perizinan

Jika salah memilih virtual office yang tidak menyediakan jasa pengurusan perizinan dan lain-lain maka akan sangat merepotkan Anda sebagai pebisnis. Anda akan mengurus segalanya baik pendirian perusahaan dan perizinan sendiri. Untuk itu, pilihlah virtual office yang mampu menyediakan jasa kepengurusan perizinan sehingga Anda tidak perlu repot dalam mengurus perizinan tersebut.

5. Biaya Sewa Mahal

Jika Anda menyewa virtual office dengan harga yang cukup mahal maka sebaiknya Anda memilih menyewa kantor sungguhan. Mengapa? Karena jika Anda menyewa jasa virtual office yang mahal tentu akan merugikan Anda sebagai pebisnis dan merugikan bisnis yang tengah Anda bangun.

Jangan pernah berpikir bahwa biaya virtual office yang mahal adalah yang terbaik. Melainkan lihatlah dari banyaknya pengguna layanan tersebut dan lihatlah dari kualitas pelayanan yang diberikan. Berhati-hatilah, banyak virtual office yang memberikan harga mahal namun tidak memberikan pelayanan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan yang berakibat pada keberlangsungan bisnis Anda.

“Lihat Juga Pilihan Package Lengkap Virtual Office Di SAMUDRA”