Photo by Robert Penaloza on Unsplash

Salah satu bisnis yang bisa Anda coba adalah bisnis barbershop atau tempat potong rambut untuk pria. Bisnis yang satu ini berpeluang meraih keuntungan besar karena memilki tren pasar yang bagus. Ada banyak bermunculan barbershop saat ini karena permintaannya yang tinggi.

Lantas apa saja keuntungan lain yang bisa didapat ketika membuka usaha ini? Berikut ulasannya:

1. Menjadi Kebutuhan Hampir Semua Pria

Hampir semua pria selalu membutuhkan pangkas rambut dalam periode waktu tertentu sesuai kebutuhannya. Biasanya pria melakukan pangkas rambut sebulan sekali, dua kali, atau bahkan tiga kali sesuai kebutuhan masing-masing.

Terlebih di era saat ini sudah banyak gaya rambut yang menjadi tren para pria zaman sekarang, sehingga pangkas rambut tidak hanya menjadi kebutuhan saja namun bisa menjadi gaya kekinian. Inilah salah satu keuntungan yang didapat dari membuka bisnis barbershop.

2. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Membuka bisnis barbershop dinilai tidak membutuhkan modal besar, terlebih jika Anda ingin mengelolanya sendiri. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka barberhop juga tidak sebanyak salon wanita pada umumnya, terlebih peralatan tersebut dapat digunakan dalam jangka panjang. Peralatan yang dibutuhkan biasanya seperti sisir, gunting rambut, alat cukur elektrik, dan beberapa lainnya.

3. Lebih Cepat Balik Modal

Ini yang dibutuhkan para pebisnis dalam membuka bisnis, yakni cepat balik modal. Usaha yang cepat balik modal tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Dan bisnis barbershop ini dinilai lebih cepat balik modal sehingga bisnis ini merupakan bisnis jasa yang tidak membutuhkan modal sekali pakai, jadi keuntungan bersihnya akan didapat lebih besar.

4. Mudah Dilakukan

Anda bisa belajar potong rambut untuk mengasah kemampuan Anda agar mampu memuaskan pelanggan. Karena jika pelanggan merasa puas dengan hasil potong rambut Anda, maka tidak heran jika banyak pelanggan sebelumnya yang datang lagi ke barbershop Anda untuk memangkas rambutnya kembali.

5. Bisa Menjadi Bisnis Sampingan

Jika memiliki pekerjaan lainnya, Anda bisa menjadikan bisnis barbershop sebagai bisnis sampingan. Anda bisa merekrut satu pegawai untuk menjalankan bisnis, serta bisa ikut terlibat selepas bekerja.

Sebagai pebisnis barbershop tentu Anda ingin bisnis Anda maju dan berkembang bukan? Untuk itu, berikut tips yang bisa Anda terapkan agar bisnis barbershop Anda dapat maju dan berkembang:

  1. Memilih lokasi yang strategis akan mempengaruhi keuntungan Anda. Lokasi strategis akan mudah dijangkau banyak orang.
  2. Mengutamakan kenyamanan pelanggan
  3. Memberikan harga yang bersahabat
  4. Mampu mengikuti gaya tren potongan rambut

Itulah keuntungan yang didapat dari membuka bisnis barbershop dan tips agar barbershop Anda maju dan berkembang. Pastikan bisnis yang Anda jalankan sesuai dengan passion Anda agar Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis ini.

“Baca Juga Manfaat Virtual Office Bagi Para Pekerja”