Photo by Brad Neathery on Unsplash

Tahukah Anda apa itu brand? Mungkin sebagian orang tahu apa itu brand. Brand merupakan suatu nama, istilah, tanda, simbol atau kombinasi dari suatu hal yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara produk atau jasa yang satu dengan yang lainnya.

Branding menjadi salah satu faktor yang cukup signifikan bagi pelanggan dalam memutuskan membeli sesuatu. Proses brand ini menjadi upaya untuk membenuk citra dan rasa keterikatan secara emosional antara pelanggan dengan merk produk. Selain itu, brand dapat menjadi pembeda antara produk sendiri dengan produk pesaing.

Proses branding sangatlah kreatif, biasanya dalam bentuk logo, slogan dan lain sebagainya seperti pesan yang hendak disampaikan guna menarik perhatian pelanggan. Maka tidak heran jika setiap produk bermutu tinggi memiliki brand yang menarik, unik dan mudah diingat.

Dengan kata lain, banyak bisnis yang sukses menciptakan proses branding yang mampu menjadi daya tarik pelanggan untuk mempromosikan produk atau jasa akan sebuah merk. Lantas mengapa brand sangat penting untuk memajukan usaha? Berikut penjelasannya:

1. Membantu Meningkatkan Reputasi

Biasanya, brand yang kuat dan konsisten dengan logo dan kaliman menarik akan membantu meningkatkan reputasi bisnis Anda. Dengan brand menarik maka konsumen akan mudah mengenali, mengingat dan merekomendasikan bisnis Anda kepada konsumen lainnya.

Dalam proses branding, hal yang harus diperhatikan adalah logo yang memberikan kesan dalam kepada target segment bahkan saat pertama kali dilihat. Logo harus terus muncul dalam website, sosial media, kartu nama, produk dan lain sebagainya.

2. Menyampaikan Pesan Dengan Jelas

Tahukah Anda bahwa brand ternyata mampu memegang peranan yang cukup penting dari merk kepada para pelanggan? Ya, brand ternyata mampu menyampaikan pesan dengan jelas. Biasanya brand ini menggunakan metode komunikasi yang baik dan terarah sehingga merk atau brand yang dihasilkan mampu menyampaikan manfaat yang jelas kepada pelanggan tanpa harus melibatkan periklanan yang cukup mahal.

3. Membentuk Kredibilitas

Biasanya, dalam membeli produk pelanggan berharap bahwa produk yang dibeli mampu sesuai dengan harapan mereka walau mungkin saja produk pesaing juga mampu memberikan hal yang sama. Dengan hal ini, maka sudah terbukti bahwa brand dapat membangun kredibilitas sebagai solusi yang sempurna yang tengah mereka hadapi.

Untuk itu, bangunlah kredibilitas produk Anda dengan baik dengan cara terus berinovasi menjadi lebih baik. Anda bisa mewujudkan kualitas layanan yang baik bagi para pelanggan. Biasanya, semakin tinggi tingkat kualtas produk, maka semakin tinggi pula tingkat kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

4. Membuat Bisnis Anda Memiliki Pelanggan Setia

Jika pelanggan yang membeli produk dengan Anda sudah merasakan manfaatnya baik kualitas produk dan layanan, maka itu tandanya proses  branding Anda sudah berhasil dilakukan dengan baik sehingga Anda mendapaykan peluang memiliki pelanggan setia.

Namun perlu diingat bahwa dalam memiliki pelanggan setia, Anda harus terus melakuakn inovasi proses branding secara maksimal dan terurut. Karena proses tersebut sangat berhubungan satu sama lain.

Anda tidak mungkin bisa membuat pelanggan setia termotivasi untuk membeli produk Anda terus menerus jika tidak adanya hubungan kuat antara merk dengan pelanggan itu sendiri. Dan tidak mungkin juga hubungan kuat terbentuk jika merk Anda tidak memiliki kredibilitas di mata pelanggan.

Untuk itu, sekecil usaha apapun yang Anda bangun maka teruslah berinovasi, jangan mudah merasa puas akan apa yang tengah Anda dapatkan. Namun, meski demikian Anda tetap harus bersyukur dan terus berusaha mencapai tujuan Anda.

5. Membangun Hubungan Emosional

Brand yang baik adalah yang mampu menciptakan hubungan emosional antara pelanggan dengan merk. Biasanya, dalam memutuskan membeli sesuatu, pelanggan lebih menggunakan emosinya dibandingkan dengan logikanya.

Biasanya hubungan emosional yang terbentuk dengan baik antara pelanggan dengan merk akan memperkuat posisi bisnis tersebut di tengah banyaknya persaingan bisnis.

Itulah mengapa brand sangat penting untuk memajukan usaha Anda. Untuk itu, teruslah berinovasi dan ciptakan brand yang mampu menarik perhatian pelanggan agar bisnis Anda mampu bersaing di persaingan bisnis karena brand yang tepat akan menghasilkan merk yang kuat.

“Baca Juga Cara Terbaik Dalam Menghadapi Kegagalan Bisnis”