Photo by Austin Distel on Unsplash

Bagi Anda yang baru memulai usaha serta membutuhkan lokasi usaha yang legal, tentu cukup pusing ketika dihadapkan beberapa pilihan. Seperti ingin memiliki kantor biasa dengan gedung serta kelengkapan fiturnya atau memilih virtual office yang menjamin pengeluaran lebih hemat serta legalitasnya resmi dan diakui.

Tidak banyak orang yang mengetahui kelebihan dari virtual office. Oleh karena itu, agar menambah wawasan dan referensi Anda, berikut disajikan perbedaan virtual office dengan kantor konvension

1. Biaya Pembangunan

Membangun kantor biasa tentu menyesuaikan dengan struktur organisasi perusahaan Anda. Semakin banyak karyawan yang dimiliki, tentu gedung yang dibutuhkan akan semakin besar. Belum lagi jika suatu saat akan ada penambahan karyawan, sehingga mengharuskan Anda untuk memperbesar kapasitas bangunan. Hal ini menyebabkan pembangunan awal kantor biasa membutuhkan biaya yang sangat besar.

Bandingkan dengan virtual office yang bisa menghemat pengeluaran dan waktu Anda secara signifikan. Tidak perlu lagi untuk melakukan pengurusan pembangunan, pembelian lahan, serta banyak elemen administratif lain yang justru bisa menghambat kinerja Anda.

2.Fasilitas yang Tersedia

Kantor biasa atau konvensional biasanya melakukan penyesuaian antara fasilitas dan kebutuhan. Selain itu fasilitas yang tersedia juga dibatasi oleh anggaran yang tersedia, sehingga tidak jarang dalam kantor biasa fasilitasnya tidak bagus atau bahkan tidak tersedia sama sekali.

Lain halnya dengan virtual office yang mengedepankan pelayanan dan kepuasan pengguna. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap dan bisa mendukung kegiatan perkantoran perusahaan Anda dengan baik. Selain itu kualitasnya juga tetap terjaga dan selalu dirawat secara rutin.

3. Manajemen Waktu

Bekerja di kantor konvensional dari segi waktu memberi beberapa hambatan. Jam kerja yang ketat terkadang membuat karyawan menjadi cepat stres, belum lagi dengan akses jalan yang biasanya disertai oleh macet. Jika terus seperti ini, tentu karyawan Anda menjadi kurang produktif. Mereka hanya menghabiskan tenaga pada saat perjalanan saja.

Apabila menggunakan virtual office, hambatan tersebut bisa Anda minimalisir. Jam kerja yang lebih fleksibel membuat karyawan bisa bekerja kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke kantor. Selain itu Anda masih tetap bisa mengontrol pekerjaan dengan mengadakan meeting harian, bulanan, atau mingguan sesuai dengan kebutuhan di virtual office.

4. Tetap Bisa Mengadakan Meeting dan Kegiatan Lain

Virtual office memberi fasilitas dalam bentuk ruangan dengan kapasitas tertentu ketika Anda ingin melakukan meeting bersama klien atau rekan kerja. Ada banyak jenis ruangan yang bisa dipilih tergantung pada selera atau kebutuhan Anda. Di kantor konvensional, biasanya kita menggunakan ruangan yang tersedia saja.

5. Petugas Layanan

Perbedaan virtual office dengan kantor biasa terletak pada petugas layanannya. Jika memiliki kantor biasa, Anda perlu merekrut seorang resepsionis yang melayani tamu yang akan berkunjung. Sementara di virtual office, sudah disediakan seorang resepsionis yang bertugas mendukung aktivitas perusahaan Anda.

Selain itu beberapa virtual office lainnya juga menyediakan jasa asisten pribadi yang bisa membantu Anda dalam mengurus dokumen atau hal lain yang terkait administrasi. Anda tidak perlu lagi mempekerjakan orang lain lagi ketika membutuhkan asisten pribadi.

Kehadiran virtual office banyak membantu perusahaan baru dalam mengembangkan bisnisnya. Terlebih dalam hal efisiensi modal, karena perusahaan baru umumnya memiliki dana yang cukup terbatas. Selain itu layanan virtual office saat ini bisa mendukung kegiatan bisnis Anda dengan baik, tanpa harus khawatir mengeluarkan dana besar untuk membangun gedung kantor sendiri.

”Lihat Paket Virtual Office Samudra Mulai Dari 340 Ribu/Bulan”