Photo by Nastuh Abootalebi on Unsplash

Sejak tahun 2018, tentu sebagai pebisnis sudah sering mendengar istilah kantor virtual atau biasa disebut sebagai Virtual Office. Layanan virtual office memang terbukti sangat membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Di Indonesia sendiri, layanan virtual office sudah menyebar ke berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, hingga Surabaya. Mengapa virtual office berkembang begitu cepat? Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan akan layanan kantor virtual itu sendiri.

Layanan virtual office dinilai sebagai jalan yang mudah yang bisa diambil pebisnis dalam mendirikan perusahaan dan mengembangkan usahanya tanpa harus repot merekrut berbagai karyawan dan membayar biaya operasional yang besar. Ditambah lagi, dengan menggunakan virtual office, maka pebisnis bisa melakukan pekerjaan dimana saja dan kapan saja tanpa terikat kantor.

Adapun keuntungan layanan virtual office ini adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan dapat memiliki alamat bisnis bergengsi
  • Waktu kerja yang fleksibel
  • Memangkas biaya operasional perusahaan
  • Meningkatkan citra bisnis
  • Mengurangi stress dan tekanan

Di Indonesia, virtual office sudah ada sejak tahun 2016, hingga saat ini virtual office sudah menjelma dari salah satu bagian penting dalam meningkatnya jumlah pengusaha di Indonesia. Dan peningkatan jumlah pengusaha ini juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah perekonomian di Indonesia.

Alasan meningkatnya jumlah pengusaha adalah karena dengan menggunakan layanan virtual office maka pengusaha tidak terbebani dengan biaya operasional perusahaan yang dinilai cukup besar. Selain itu dengan menggunakan virtual office maka pengusaha dapat meningkatkan citra bisnisnya.

Memang tidak dapat dipungkiri, memiliki bisnis dengan lokasi yang strategis memang menjadi impian bagi semua pebisnis demi menunjang citra bisnis mereka. Dan tentu saja dalam berbisnis ada waktu tertentu yang mengharuskan pebisnis membutuhkan ruang ekslusif seperti bertemu klien atau mengadakan meeting.

Dengan ruang meeting yang ekslusif maka pebisnis akan dengan cepat meningkatkan citra perusahaannya di mata para klien nya. Jika perusahaan sudah memiliki citra baik di mata klien maka akan memudahkan pebisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Jika semakin banyak proses bisnis terjadi di virtual office, maka semakin banyak juga perusahaan yang percaya dengan citra dan layanan yang diberikan oleh virtual office. Sehingga virtual office sangat cocok dijalankan oleh suatu perusahaan yang baru berdiri atau perusahaan yang sedang mengembangkan bisnisnya.

Di tahun 2019 saat ini, layanan virtual office memang sudah banyak guna memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat akibat meningkatnya jumlah pengusaha di Indonesia. Dan layanan virtual office ini sendiri mampu memberikan yang terbaik untuk para klien nya mulai dari lokasi strategis, ruang meeting yang ekslusif hingga bisa atau tidaknya dalam mengajukan PKP (Pengusaha Kena Pajak).

Tidak hanya itu saja, layanan virtual office ini sendiri juga menyediakan layanan yang menunjang usaha Anda seperti mail dan telephone handling sehingga pebisnis tidak perlu lagi mnegeluarkan biaya tambahan untuk akses telpon dalam berbisnis.

Menariknya lagi, dengan menggunakan layanan virtual office, maka pebisnis bisa mendapatkan nomor telepon perusahaaan yang dilengkapi dengan resepsionist yang mampu menerima telepon dari klien Anda sebelum disambungkan dengan Anda. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai.

Layanan virtual office sangat cocok menjadi solusi yang tepat bagi Anda sebagai pebisnis yang ingin menjalankan bisnis dengan menghemat biaya operasional. Anda tidak perlu khawatir meski hanya kantor virtual namun legalitas virtual office sudah terjamin, dan Anda dapat menggunakan berbagai layanan penunjang bisnis lainnya.

Di Jakarta sendiri, layanan virtual office diperkirakan jumlahnya sudah mencapai lebih dari 20 provider. Sehingga dengan ini Virtual office memang memberikan kemudahan tersendiri bagi pebisnis dalam menentukan virtual office mana yang mampu menjadi pilihannya karena setiap provider tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan layanan virtual office ini sebaiknya Anda pertimbangkan dan mempelajari dengan cermat keuntungan apa saja yang didapat dari virtual office bagi bisnis Anda. Dan perlu diingat bahwa bukan seberapa banyak keuntungan yang Anda dapat dari virtual office melainkan seberapa bergunanya keuntungan tersebut bagi bisnis Anda dalam jangka panjangnya.

“Lihat Juga Penawaran Harga Terbaik Virtual Office Di SAMUDRA”