Photo by Akson on Unsplash

Komunikasi menjadi hal yang paling mendasar dan penting bagi setiap orang dalam menjalani kehidupannya. Terlebih dalam berhubungan dengan setiap orang, baik buruknya suatu relasi dipengaruhi oleh cara komunikasi yang digunakan. Tentu setiap orang memiliki pola pikir komunikasi yang berbeda. Akan tetapi semua orang perlu mengetahui bagaimana sebuah prinsip dasar komunikasi.

Pentingnya prinsip dasar tersebut ternyata berpengaruh pula pada relasi bisnis kita. Anda yang ingin mengembangkan sebuah bisnis menjadi lebih besar, tentu membutuhkan banyak relasi dan koneksi yang mendukung. Demikian juga saat berhadapan dengan para konsumen atau klien, jika tidak mengetahui prinsip komunikasi yang tepat maka bisnis Anda sulit berkembang.

4 Prinsip Komunikasi

Sebuah bisnis tidak melulu soal strategi dan manajemen saja. Jika ingin membangun bisnis yang besar maka Anda harus membentuk pola komunikasi yang baik, di dalam perusahaan maupun di luar. Oleh karena itu berikut disajikan 4 prinsip komunikasi yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan sebuah bisnis.

1. Saat Interaksi, Fokuslah Pada Solusi

Pada saat rapat dengan tim, klien, atau mitra Anda sering kali terfokus pada hal-hal yang tidak penting. Bahkan durasi rapat yang berjam-jam tidak menghasilkan sesuatu yang signifikan dan cenderung tidak produktif. Padahal sebuah rapat seharusnya diisi dengan pembicaraan yang fokus pada pemecahan masalah bukan pada siapa yang perlu disalahkan.

Oleh karena itu prinsip komunikasi ini menjadi penting ketika Anda menjadi seorang pemimpin perusahaan. Pada saat rapat, arahkan mereka untuk menjelaskan secara rinci permasalahan yang dialami. Dari sana seharusnya sudah terlihat akar masalahnya apa kemudian solusi apa yang bisa diberikan. Hal ini tentu menjadi lebih baik daripada mengadakan sebuah rapat hanya untuk fokus pada siapa yang salah dan siapa yang benar.

2. Terapkan Pikiran Positif

Kegiatan usaha memang dipenuhi oleh banyak tantangan dan hambatan, sehingga pada saat melakukan pertemuan kita sering menemui kata tidak bisa dan tidak yakin. Jika semakin banyak kita mengacuhkan atau menolak potensi yang ada, maka semakin sulit juga kita bisa berkembang. Oleh karena itu cobalah untuk selalu berpikir positif dengan mengganti kata tidak bisa menjadi bisa dan tidak yakin menjadi yakin.

Komunikasi yang menanamkan prinsip pikiran positif tersebut tentu lebih mudah dalam membangun kepercayaan diri. Ketika bertemu dengan relasi Anda pastikan ucapan yang keluar memiliki makna yang positif. Menurut beberapa penelitian jika kita selalu mengeluarkan kata tidak maka akan memicu perilaku ke arah negatif. Oleh karena itu dalam berkomunikasi dengan siapa saja, Anda harus tetap positif.

3. Tegas Pada Keinginan Anda

Sering kali rasa tidak enak ketika meminta bantuan pada seseorang menjadi faktor yang cukup menghambat. Tidak jarang hal ini menjadi masalah yang membuat bisnis Anda tidak berkembang. Oleh karena itu Anda bersama dengan tim harus mulai terbiasa untuk tegas pada apa yang ingin disampaikan.

Cobalah untuk membuat poin pada setiap proyek yang akan dikerjakan, sehingga mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Sampaikan hal tersebut pada tim Anda agar mereka memiliki informasi yang cukup jelas. Menjadi seorang pemimpin dalam sebuah bisnis harus bisa memberi arahan yang tegas dan jelas.

4. Fokus Pada Tujuan Masa Depan

Prinsip dasar komunikasi bisnis yang terakhir adalah fokus pada tujuan masa depan Anda. Hal ini bertujuan agar komunikasi yang terbangun menjadi lebih visioner dan positif. Anda juga bisa memulainya dengan tidak membahas kesalahan yang terjadi di masa lalu. Namun menjadikannya sebuah pelajaran saja.

Kantor konvensional, kantor virtual, virtual office, virtual office jakarta, virtual office jakarta selatan.

Kantor konvensional, kantor virtual, strategi marketing, virtual office, virtual office jakarta, virtual office jakarta selatan.

“Baca Juga Jawab Pertanyaan Ini Saat Anda Sedang Menyusun Visi Perusahaan”