Photo by Georgie Cobbs on Unsplash

Zaman sekarang sebuah perusahaan tidak hanya dapat berdiri jika memiliki kantor konvensional saja. Melainkan, pada saat ini sudah tersedia jasa penyedia layanan sewa kantor untuk menjalankan bisnis dan usaha Anda. Yakni dengan hadirnya jasa sewa kantor Virtual Office.

Virtual office merupakan sebuah ruang kerja yang berbasis internet dimana seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai bisnisnya secara professional tanpa memiliki bentuk fisik dari lokasi usahanya.  Virtual office merupakan kantor sewa non fisik yang bisa digunakan sebagai alamat legal bisnis namun tetap dilengkapi dengan fasilitas kantor yang lengkap dari jasa penyedia layanan tersebut.

Meskipun virtual office tidak memiliki kantor fisik yang digunakan pebisnis itu sendiri, namun pengguna dari virtual office ini mendapatkan keuntungan khusus dari perusahaan yang dikembangkan seperti salah satunya adalah menghemat biaya operasional kantor. Karena biasanya jika memiliki kantor fisik maka perusahaan akan terbebani dengan biaya operasional yang cukup besar.

Dengan menggunakan virtual office, maka perusahaan akan menghemat biaya operasional hingga 90% dibandingkan dengan kantor konvensional. Namun, dengan virtual office pebisnis tetap memiliki kantor elegan yang didukung alamat domisili yang sah dengan berbagai fasilitas lengkap tanpa membayar biaya lebih untuk penambahan staff baru.

Kini, banyak pebisnis yang bermunculan karena merasa memiliki peluang untuk merintis usahanya dengan adanya virtual office. Kira-kira jenis usaha apa yang bisa menggunakan virtual office?  Berikut penjelasannya:

1. Konsultasi

Pada zaman saat ini banyak usaha yang bisa dikelola di internet. Terlebih persyaratan yang dibutuhkan juga tidak begitu sulit yakni hanya menunjang perangkat komunikasi dan jaringan internet yang stabil.

Biasanya dalam hal ini sering dimanfaatkan pebisnis yang menuntut kecepatan hasil kerja namun tidak membutuhkan ruang kerja atau bangunan. Sehingga dengan cara ini pekerjaan bisa dilakukan secara fleksibel mau dimanapun dan kapanpun.

Dan konsultasi merupakan bisnis yang bisa menggunakan virtual office seperti saat membutuhkan ruangan di saat tertentu dalam bertemu klien secara langsung. Kegiatan ini juga harus diimbangi kualitas yang tidak asal-asalan.

2. Graphic Designer

Seseorang yang berprofesi di bidang desain grafis sering dianggap tidak membutuhkan ruang atau bangunan. Namun, graphic designer juga membutuhkan hal tersebut apabila ia hendak bertemu dengan klien.

Pertemuan dengan klien yang tidak selalu sering ini dapat membuat profesi ini cocok menggunakan layanan virtual office. Dengan virtual office maka desain grafis ini akan mudah dalam menjalin komunikasi sekaligus membangun reputasinya secara bertahap.

Desain grafis juga tidak perlu khawatir dengan alokasi dana yang besar seperti penyewa kantor lainnya. Karena semua bisa dinegosiasikan dengan pihak layanan virtual office.

3. Konseling

Profesi konseling biasanya membutuhkan ruangan untuk bertemu dengan nyaman bersama kliennya. Biasanya, konseling akan lebih membutuhkan ruangan intensif untuk proses kerja bersama klienya.

Akan tetapi, untuk menyewa bangunan atau ruangan tentu membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga usaha konseling akan lebih disarankan menggunakan jasa virual office. Dengan menggunakan virtual office maka konseling bisa memangkas biaya sewa ruangan atau gedung sekaligus membantu meningkatkan kepercayaan dari para kliennya.

4. Start Up

Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, banyak pebisnis yang memanfaatkan internet sebagai media yang digunakan seperti salah satunya adalah bisnis start up. Bisnis start up merupakan suatu perusahaan yang termasuk dalam bidang teknologi dan informasi baik dari segi pengembangan aplikasi, pembayaran, jasa, perdagangan dan lain sebagainya.

Di indonesia, bisnis start up terus saja bermunculan. Hal ini dikarenakan di indonesia sendiri perkembangan dunia internet berkembang dengan pesat sehingga jumlah start up saat ini sudah mencapai ribuan dan kemungkinan akan terus bertambah.

Biasanya bisnis start up tidak membutuhkan ruang kerja, namun untuk para tim dalam bisnis tersebut harus terjalin koneksi yang professional sehingga mereka tetap membuuhkan ruang kerja. Untuk itu, pebisnis start up sangat disarankan menggunakan layanan virtual office.

Itulah bisnis yang bisa menggunakan layanan virtual office. Virtual office memang dapat membantu Anda sebagai pebisnis dalam mengembangkan bisnis Anda. Harga sewa yang diatwarkan dari virtual office juga cukup terjangkau. Dengan menyewa kantor melalui virtual office, Anda sudah dapat memiliki domisili untuk menjalakan bisnis Anda.

“Lihat Juga Pilihan Package Lengkap Virtual Office SAMUDRA”