Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Potensi bisnis yang sangat besar di zaman ini membuat siapa saja menjadi tertarik. Tak terkecuali bagi seorang wanita, menjalani profesi sebagai pengusaha adalah hal yang lumrah sejak dahulu. Sudah banyak pengusaha wanita yang memiliki berbagai jenis bisnis. Terlebih tren digital saat ini sangat membantu dalam proses pemasaran produk.

Namun sebagai seorang wanita tentu menjalani sebuah usaha memiliki tantangan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh wanita pengusaha:

1. Ragu untuk Memulai

Banyak wanita yang ragu ketika ingin memulai bisnis. Mulai dari tidak tahu bagaimana cara memulainya, produk apa yang ingin dijual, serta bagaimana cara memasarkannya. Ketidaktahuan tersebut tentu membuat mereka cukup takut dan tidak ingin rugi saat berbisnis nanti. Padahal ada banyak referensi bisnis yang bisa digunakan.

Saat ini ada banyak sekali acara seminar atau talk show khusus bagi wanita yang ingin memulai bisnis. Di sana biasanya disediakan juga pelatihan yang berguna saat berbisnis nanti. Selain itu ada juga beberapa bacaan buku yang bisa digunakan sebagai referensi bisnis yang bagus. Menonton kanal YouTube dari seorang wanita yang memiliki kisah sukses dalam berbisnis juga bisa menjadi media yang cocok. Terlebih Anda juga akan semakin termotivasi nantinya.

Selain itu ada juga beberapa bacaan buku yang bisa digunakan sebagai referensi bisnis yang bagus. Menonton kanal YouTube dari seorang wanita yang memiliki kisah sukses dalam berbisnis juga bisa menjadi media yang cocok. Terlebih Anda juga akan semakin termotivasi nantinya.

2. Banyak Orang yang Menganggap Remeh

Walau sudah banyak pengusaha wanita yang sukses, namun masyarakat masih menganggap sebelah maya hal tersebut. Banyak orang yang masih meremehkan pebisnis dari kalangan wanita. Padahal baik pria dan wanita memiliki potensi yang sama bagusnya.

Namun ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh seorang wanita saat berbisnis. Wanita dikenal cukup tenang dalam mengambil keputusan dan tidak ceroboh. Mereka akan memikirkan secara matang-matang keputusan strategis yang akan diambil. Selanjutnya dan yang paling penting adalah wanita mampu menjalin relasi dengan banyak orang.

Kemampuan wanita yang bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu juga menjadi keunggulan tersendiri. Hal ini yang membuat wanita cocok dalam mengembangkan sebuah usaha. Bahkan menurut data dari Bank Indonesia, sekitar 60% UMKM dikelola oleh wanita.

3. Kesulitan Modal

Akses modal merupakan salah satu hal yang cukup menyulitkan pada saat membangun bisnis. Ketika rancangan bisnis sudah dibuat dan anggaran sudah ditentukan, sudah seharusnya untuk langsung melakukan eksekusi. Namun karena terhalang oleh dana, rancangan bisnis yang Anda buat menjadi sebatas angan-angan saja.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mencari modal. Mulai dari melakukan pinjaman ke bank, proposal ke investor, menjaminkan suatu barang, dari tabungan, investasi, dan banyak lagi lainnya. Selain itu sebuah usaha juga bisa dirintis secara berkelompok, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal dalam jumlah yang terlalu besar.

4. Kesulitan Membagi Waktu untuk Keluarga dan Bisnis

Masalah ini cukup lumrah terjadi bagi seorang wanita yang terjun dalam dunia bisnis. Terlebih bagi mereka yang berumah tangga, membagi waktu untuk keluarga dan bisnis menjadi hal sangat menyulitkan. Sebagai seorang ibu Anda tentu wajib membimbing dan mendidik anak, namun bisnis juga tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Padahal hal tersebut bisa diatasi jika Anda memiliki pembagian waktu yang baik. Kewajiban Anda antara bisnis dan keluarga tetap terlaksana jika manajemen waktu bisa diterapkan. Tentukan mana yang menjadi skala prioritas Anda setiap hari. Buatlah rancangan kerja harian semacam to do list. Jika bisa terjadwal dengan baik, maka kehidupan rumah tangga serta bisnis Anda tetap berjalan baik.

“Baca Juga 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menganalisis Pasar”