Photo by Vaishnav Chogale on Unsplash

Tahukah Anda apa itu bisnis franchise? Saat ini banyak sekali pebisnis baru bermunculan dengan membuka bisnis franchise. Bisnis Franchise merupakan suatu bisnis yang sistem bisnis dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dengan memiliki ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan perjanjian tertentu.

Di Indonesia ini sendiri, bisnis franchise biasa dikenal dengan bisnis waralaba. Di Indonesia bisnis franchise terbilang cukup banyak baik dari segi jumlah maupun jenis baik dari jenis franchise makanan, minuman hingga pengiriman.

Banyak pebisnis baru membuka bisnis franchise karena dinilai cukup menjanjikan baik skala kecil maupun besarnya tanpa harus repot membuat konsep bisnis sendiri. Sehingga bisnis franchise ini sendiri dinilai cukup praktis dan minim akan risiko.

Bisnis franchise cocok bagi Anda yang baru memulai mendirikan bisnis, karena Anda akan mendapat tantangan tersendiri dimana Anda perlu menjalankan bisnis yang sudah berjalan. Jika Anda ingin memulai bisnis franchise, maka Anda wajib ketahui 3 hal berikut ini.

1. Alasan Memilih Bisnis Franchise

Sebagai calon pebisnis franchise, pastikan Anda tahu apa alasan Anda memilih bisnis ini. Membuka bisnis franchise Anda akan menjalankan bisnis Anda sendiri dan dipandu oleh bisnis yang sudah ahli. Disini Anda memiliki kewenangan untuk mengatur bisnis dan keputusan apapun agar bisnis ini dapat berjalan.

Mungkin saja Anda memilih bisnis franchise karena brand yang sudah diakui masyarakat. Selain itu, dengan menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu repot memikirkan hal seperti hak paten, desain dan lain sebagainya karena semua itu sudah diatur oleh franchisor.

2. Bagaimana Langkah Menjalankan Bisnis Franchise

Calon pebisnis franchise harus mengetahui bagaimana langkah menjalankan bisnis tersebut. Namun sebelum itu, Anda perlu memilih bsinsi yang cocok dengan kemampuan Anda. Penting bagi Anda mempertimbangkan kemampuan yang Anda miliki agar bisnis Anda dapat berjalan semaksimal mungkin.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan modal yang Anda miliki untuk mengambil keputusan bisnis franchise. Anda juga bisa mengikuti pelatihan dan proses standarisasi agar Anda benar-benar mengerti seperti apa jalannya bisnis franchise.

Dan setelah Anda memulai bisnis franchise Anda, pastikan Anda mengikuti segala prosedur dan aturan yang berlaku dalam menjalankan bisnis sesuai dengan perjanjian yang berlaku. Anda juga perlu mengikuti prgram yang dibuat franchisor seperti program pengembangan bisnis dan lain sebagainya.

3. Kesalahan yang Bisa Terjadi Dalam Bisnis Franchise

Setiap bisnis tentu memiliki kesalahan, tidak hanya bisns Anda saja melainkan berbagai bisnis pun memiliki kesalahan yang tidak terduga. Saat Anda memutuskan memulai bisnis franchise, maka pastikan Anda mempelajari semuanya secara detail akan bisnis yang Anda jalani.

Jangan sampai Anda menjalankan bisnis asal mencoba saja tanpa tahu bagaimana kedepannya jalan bisnis Anda. Selain itu, Anda perlu memiliki pemikiran positif dan terbuka untuk mengantisipasi kemungkinan risiko yang terjadi. Pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis ini.

Pernahkah Anda melihat beberapa brand yang banyak sekali membuka cabang dengan mengikuti tren? Pastikan Anda tidak termasuk di dalam ini. Mungkin membuka bisnis franchise yang sedang tren akan mendapat keuntungan secara besar-besaran.

Namun perlu Anda ketahui bahwa hal ini cukup berbahaya karena semakin hari maka semakin cepat perubahan tren sehingga tren biasanya tidak berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Begitu banyaknya orang yang menjual produk tersebut biasanya popularitas produk tersebut mulai menurun.

Daripada Anda hanya terpaku pada bisnis yang sedang tren saja maka lebih baik Anda memilih produk yang tidak pernah termakan waktu. Dengan begitu maka bisnis Anda akan selalu mendapatkan keuntungan stabil yang tidak hanya untuk di awal saja.

Kesalahan lainnya yang bisa terjadi dalam membuka bisnsi franchise adalah sikap pebisnis yang sok tahu. Perlu diingat bahwa meski Anda sudah banyak belajar tentang bisnis franchise maka jangan pernah Anda merasa sudah mengetahui segalanya.

Justru orang sok tahu biasanya akan mengabaikan pendapat orang lain bahkan dari orang yang sudah berpengalaman. Kemudian orang sok tahu ini biasa akan membuat pattern yang berbeda dari yang sudah ditetapkah franchisor.

Itulah 3 hal yang wajib diketahui sebelum Anda memulai bisnis franchise. Pastikan Anda menjalankan bisnis Anda dengan sungguh-sungguh.

“Baca Juga Bisnis Anda Menurun? Terapkan 6 Strategi Ini”