(021) 28541720
ide bisnis untuk mahasiswa
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Saat ini, di Indonesia, pebisnis sudah tidak memandang usia, baik kalangan orang dewasa, orang tua maupun kalangan anak muda. Dan pada saat ini, yang mendominasi pebisnis di Indonesia adalah kalangan Anak muda.

Sebagai mahasiswa, tentu Anda harus dituntut menjadi mahasiswa yang aktif dan kreatif agar dapat menjadi sosok mandiri baik untuk saat ini atau di masa mendatang. Banyak mahasiswa yang terpikir untuk membangun bisnis sendiri dan tidak hanya mengandalkan orang tua saja. Untuk itu, mahasiswa harus memiliki bekal dengan memanfaatkan peluang bisns yang ada tanpa takut akan risiko yang mungkin dihadapi.

Sebenarnya, untuk mahasiswa, peluang memilki usaha atau bisnis sendiri sangatlah banyak mengingat waktu yang fleksible sehingga memiliki banyak waktu cukup luang untuk dimanfaatkan berbisnis. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengisi waktu luang seperti mengikuti kegiatan mahasiswa, diskusi, atau menjalankan bisnis sendiri.

Banyak ide bisnis menjanjikan yang cocok dijalankan oleh kalangan mahasiswa, antara lain sebagai berikut:

1. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop memang sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa, tidak heran banyak mahasiswa berkontribusi untuk menjual berbagai jenis produk kepada temannya atau melalui media sosialnya. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk menjual produknya sehingga produk tidak hanya dijual kepada teman kampus saja melainkan kepada pelanggan dari dunia maya.

2. Menjual Makanan Ringan

Di kantin biasanya selalu ramai pengunjung, sehingga banyak mahasiswa malas ke kantin yang harus mengantri dalam membeli makanan ringan. Belum lagi jika harga makanan ringan di kantin jauh lebih mahal daripada diluar kampus.

Disini mahasiswa bisa memanfaatkan peluang untuk menjual makanan ringan. Anda bisa membeli berbagai makanan ringan yang lagi hits di masanya, jika Anda membeli dalam jumlah banyak maka harga yang Anda beli untuk modal awal tidak akan banyak. Kemudian Anda bisa menjualnya kembali ke teman kampus.

3. Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis yang satu ini sangatlah menjanjikan terlebih sebagai mahasiswa Anda akan banyak dihadapkan berbagai tugas yang mengharuskan Anda untuk mengeprint tugas. Disini Anda bisa memanfaatkan peluang untuk membuka bisnis, tawarkan teman Anda untuk menerima jasa Anda seperti pengetikan atau print.

4. Penulis Lepas

Bagi mahasiswa yang suka menulis, maka tidak ada salahnya Anda salurkan bakat Anda agar menghasilkan pendapatan. Bisnis ini dapat menjadi bisnis menjanjikan bagi mahasiswa karena mudah dikerjakan dan tanpa modal, karena untuk menjadi penulis lepad Anda hanya perlu memiliki kemampuan untuk menulis, kreativitas tinggi dan imajinasi. Menariknya lagi, bisnis ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa terikat waktu.

5. Jual Barang Bekas

Biasanya bisnsi satu ini sangat diremehkan bagi sebagian orang. Namun, perlu diketahui bahwa barang bekas dapat bermanfaat jika dijual kepada yang benar-benar membutuhkan. Untuk itu, tawarkan teman Anda yang memiliki barang bekas yang masih berguna namun tidak digunakan sehingga Anda bisa menjualnya kembali.

6. Les Privat

Bagi mahasiswa lulusan SMA atau SMK tentu pernah belajar pelajaran dari SD hingga SMA/K. Disini Anda sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan kemampuan Anda untuk mengajukan diri menjadi guru les privat baik kalangan SD hingga SMA/K. Semakin banyak murid yang Anda ajarkan maka semakin banyak pula penghasilan yang didapat.

7. Influencer

Di era saat ini siapa yang tidak tahu influencer, kini tidak hanya kalangan artis saja yang bisa menjadi influencer melainkan kalangan mahasiswa pun bisa. Penggunaan instagram bisa membuka kemungkinan bagi Anda menjadi influencer, karena instagram membuka media periklanan dan cocok menjadi peluang usaha khususnya kalangan mahasiswa.

8. Penerjemah

Bagi mahasiswa, ada peluang untuk menjadi penerjemah baik buku, jurnal, hasil penelitian, lirik lagu ataupun film. Namun, dalam hal ini diperlukan kemampuan bahasa yang baik.

9. Desain grafis

Industri kreatif merupakan bisnis yang terus berkembang. Semakin banyaknya permintaan akan desain grafis membuat bisnis ini terus muncul baik dari perusahaan kecil, berkembang, perusahaan besar maupun freelance. Hal ini bisa menjadi peluang bagi mahasiswa yang memiliki skill akan desain grafis.

10. Jasa titip

Banyak mahasiswa yang menawarkan jasa titip barang atau produk dimana mereka berpergian ke suatu tempat dan menawarkan berbagai produk yang ada disana. Disini mahasiswa akan mendapat penghasilan dari jasa titip dimana setiap produk yang di titip memiliki biaya untuk jasa titip. Itulah 10 ide bisnis yang cocok untuk kalangan mahasiswa.

Ayo jadilah mahasiswa yang aktif dan kreatif agar dapat mandiri dan tidak selalu mengandalkan uang orangtua saja. Selamat mencoba!.

“Baca Juga 7 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga”