(021) 28541720
Mempertahankan loyalitas pelanggan
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Eksistensi suatu bisnis bisa tetap terjaga apabila memiliki hubungan baik dengan konsumen. Baik produk barang atau jasa, peran konsumen sangat penting sebagai pengguna. Oleh karena itu, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan loyalitas pelanggan setianya. Mudahnya mendapatkan informasi terbaru cenderung membuat konsumen mudah berpaling.

Mendapatkan kepuasan pelanggan memang tidak mudah, perlu proses dan usaha yang memakan waktu cukup lama. Selain itu loyalitas seorang konsumen bisa mendapat pengaruh dari faktor lainnya. Seperti layanan yang memuaskan, kualitas produk, akses yang mudah, serta harga yang sesuai dengan anggaran kosnumen. Walau terkesan cukup sulit, namun berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga loyalitas konsumen.

1. Transaksi yang Mudah

Cara pertama mempertahankan loyalitas pelanggan adalah membuat transaksi yang mudah. Saat ini kepuasan pelanggan bisa tercapai jika Anda bisa menjamin kemudahan transaksi saat berbelanja. Konsumen bisa berpaling dengan cepat jika produk yang dibeli cukup sulit dalam proses transaksinya. Oleh karena itu buatlah sistem transaksi yang mudah dan sederhana agar konsumen nyaman saat berbelanja.

Cobalah untuk menyediakan layanan atau alat pembayaran yang bisa diterima. Mulai dari debit, cash, hingga dompet digital. Dengan demikian pelanggan tidak perlu antri dan menunggu lama untuk melakukan pembayaran. Mereka senantiasa akan datang lagi untuk berbelanja karena kemudahan transaksi tersebut.

2. Melakukan Follow Up Setelah Melakukan Penjualan

Jika Anda memiliki sebuah bisnis online, tentu melakukan follow up pada konsumen menjadi aktivitas yang penting dan rutin. Anda harus tetap menjaga komunikasi dengan konsumen untuk menanyakan bagaimana kesana yang mereka dapat setelah membeli produk tersebut. Jangan lupa minta mereka untuk memberikan saran sebagai pengembangan produk Anda nantinya.

Misalnya Anda menjual produk sekali pakai, maka tanyakan pada konsumen berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai produk tersebut habis. Tanyakan juga berapa lama produk bisa bertahan ketika digunakan. Dengan demikian kepuasan pelanggan bisa Anda kelola dengan baik, sehingga akan muncul loyalitas dari konsumen tersebut.

3. Memberikan Reward Menarik Bagi Konsumen

Mempertahankan loyaliyas konsumen bisa dilakukan dengan pemberian reward kepada mereka. Memberi reward atau penghargaan pada konsumen atas kesetiaan atau kemampuan mereka membeli produk Anda dalam jumlah tertentu adalah sesuatu yang berharga bagi mereka. Pemberian hadiah tersebut tidak akan merugikan perusahaan sama sekali, justru menguntungkan karena bisa mempertahankan loyalitas konsumen.

4. Memberikan Penawaran yang Menarik

Seorang pelanggan yang sering mendapat penawaran menarik tentu lebih potensial untuk menjadi seorang pelanggan setia. Cobalah berikan promosi tertentu pada hari spesial, atau bisa juga dengan mengeluarkan sebuah produk langka yang hanya dijual dalam jumlah terbatas. Pelanggan yang mendapatkan penawaran menarik tersebut tentu merasa bahwa dirinya spesial dan diprioritaskan oleh perusahaan, hal ini tentu saja sangat bagus dalam menjaga loyalitas mereka.

5. Perhatikan Kebutuhan Konsumen

Sebuah produk yang baik tidak hanya dilihat dari desain, fitur, serta kualitas. Namun yang lebih penting adalah seberapa jauh produk yang Anda buat bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Jika Anda ingin mendapatkan konsumen yang loyal, maka perlu diketahui juga apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan mereka. Lalu buatlah produk berdasarkan hal tersebut, namun tetap menjaga kualitasnya.

Untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka Anda bisa menanyakanannya secara langsung, melakukan survey, atau berasal dari testimoni yang mereka berikan. Informasi yang Anda dapatkan tentu sangat berharga untuk pengembangan produk Anda.

Bisnis, Ide Bisnis, pebisnis, pengusaha, strategi bisnis, strategi digital marketing, strategi marketing, Virtual Office Jakarta Selatan.

“Baca Juga Inilah Strategi Bisnis yang Perlu Anda Terapkan untuk Menghadapi Kerasnya Persaingan”