(021) 28541720
mengasah inovasi
Photo by Freshh Connection on Unsplash
 

Mengasah inovasi merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Inovasi memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena melakukan inovasi harus memiliki kreatifitas yang tinggi untuk mendapatkan ide-ide baru.

Bicara mengenai inovasi, maka tidak luput dari yang namanya keatifitas. Inovasi dan kreatifitas sangat berhubungan sehingga keduanya sangat diperlukan untuk mengembangkan inovasi. Tanpa adanya kreatifitas maka inovasi tetap terasa tidak lengkap.

Kreatifitas merupakan kemampuan pengaliran ide yang berada dalam pikiran yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah inovasi. Inovasi dapat berubah menciptakan produk baru, solusi, atau sesuatu yang berbeda dari yang lain.

Melakukan inovasi memanglah tidak mudah, diperlukan ide-ide dan kreatifitas pelengkap. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengasah inovasi Anda seperti berikut ini:

1. Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan segar. Bagun lebih pagi juga mampu meningkatkan daya pikir dan konsentrasi Anda. Hal ini dikarenakan udara di pagi hari masih segar sehingga Anda lebih mudah berpikir dengan jernih.

Dengan bangun lebih pagi, maka pikiran Anda menjadi lebih tenang dan mudah untuk mencari ide guna membuat sebuah inovasi di bisnis Anda. Untuk itu, cobalah bangun pagi dan nikmati manfaat yang luar biasanya.

2. Perluas Pertemanan

Cara yang bisa dilakukan dalam mengasah inovasi adalah memiliki pertemanan yang luas. Teman tidak hanya sebagai orang yang dapat diajak bersenang-senang, namun teman juga dapat membantu Anda dalam menemukan inovasi baru. Perlu Anda ketahui, semakin banyaknya teman, maka Anda semkain mudah saling berbagi dan bertukar pikiran untuk menentukan ide baru.

3. Mencari Pengalaman

Setiap orang tentu senang mencari pengalaman baru, namun untuk pebisnis, jika Anda merasa takut beranjak dari zona nyaman, maka cobalah keluar dari zona nyaman Anda. Keluar dari zona nyaman artinya mencoba hal baru yang berbeda dari biasanya.

Mencari pengalaman bisa Anda coba dengan melakukan hal lain yang tidak biasa Anda lakukan atau yang biasa membuat Anda tidak tertarik melakukannya. Namun dengan cara ini Anda kemungkinan mendapatkan ide-ide untuk inovasi bisnis Anda.

4. Mencatat Semua Ide yang Terlintas

Pernahkan Anda memikirkan ide-ide saat Anda sedang beraktivitas? Dan pernahkah Anda saat hendak menerapkan ide tersebut namun lupa ide apa yang sebelumnya Anda pikirkan?

Hal ini biasa dialami banyak orang, dan hal ini wajar saja terjadi. Namun, menghindari kejadian lupa akan ide yang sudah Anda pikirkan, maka hendaknya Anda mencatat semua ide yang terlintas di pikiran Anda.

Misalnya Anda sedang menonton televisi, kemudian tiba-tiba terlintas ide yang bagus untuk mengembangkan bisnis Anda. Nah, disini Anda bisa segera mencatat ide tersebut agar tidak lupa saat membutuhkan ide tersebut.

5. Jangan Takut Salah

Satu hal yang paling penting untuk mengembangkan inovasi adalah jangan pernah takut salah. Setiap orang tentu tidak ingin bisnisnya mengalami kegagalan. Namun kegagalan dalam berbisnis merupakan hal yang wajar saja terjadi.

Dengan demikian, Anda bisa belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi kesalahan tersebut di lain waktu. Perlu Anda ketahui, satu hal yang memisahkan seorang inovator dan kawanannya adalah ketika mereka takut jika mereka membuat kesalahan.

Untuk itu, sebaiknya Anda berani melihat kegagalan dan ambil sisi positifnya. Dan jangan pernah lupa untuk terus berinovasi dan berkreatifitas. Karena biasanya inovator melihat kesalahan sebagai kesempatan untuk menyempurnakan inovasi tersebut.

Itulah 5 kebiasaan yang dapat mengasah inovasi Anda. Perlu Anda sadari bahwa inovasi sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis. Tanpa Adanya inovasi, maka tidak menutup kemungkinan jika pelanggan akan merasa bosan dengan produk yang Anda hasilkan.

Perlu juga Anda sadari bahwa inovasi dapat memiliki potensi untuk mengubah dunia. Untuk itu, sebaiknya Anda mampu menghadapi ketakutan dan jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan. Bukan berati Anda bebas melakukan kesalahan, namun Anda jangan pernah takut dalam melakukan sesuatu walau pada akhirnya itu merupakan suatu kesalahan.

Karena dari kesalahan dan kegagalan inilah Anda bisa belajar lebih baik lagi agar tidak terjadi kesalahan berikutnya. Hadapi rasa takutmu dan beranilah mengambil langkah untuk mengembangkan inovasi.

“Baca Juga Inilah Hal Yang Harus Dilakukan untuk Mempertahankan Bisnis”