(021) 28541720
Pebisnis muda yang inspiratif
Photo by Patrick Tomasso on Unsplash

Siapa yang tidak ingin sukses di usia muda? Setiap orang tentu ingin menjadi sukses terlebih saat usia muda. Namun tentu calon pengusaha harus memiliki usaha dan menjalankanya terlebih dahulu sampai sukses.

Namun, tidak semua keinginan membangun usaha dilakukan setiap orang. Hal ini dikarenakan dalam membangun usaha setiap orang harus memiliki modal, dan modal inilah yang menghambat setiap orang untuk memulai usahanya.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Anda bisa saja menggerakkan usaha dengan atau tanpa modal sekalipun asalkan Anda memiliki tekad yang kuat dan bersungguh-sungguh menjalankan usaha yang hendak dikerjakan.

Tidak peduli usaha apa yang Anda jalankan, Anda bisa memulai usaha dari hal kecil. Anda bisa terus mengembangkan usaha menjadi lebih besar asalkan Anda bisa bersabar dan tetap pada tujuan Anda menjalankan usaha tersebut.

Percayakah Anda bahwa ada 5 pebinis muda inspiratif berikut ini memulai usahanya dengan cara sederhana namun bisa mendapatkan keuntungan sangat besar? Berikut diantaranya:

1. Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq merupakan pengusaha muda yang lahir pada tahun 1993 ini dinilai sudah memiliki jiwa pengusaha sejak kecil. Dirinya sudah memulai usaha dengan menjual kelereng hingga menjadi tukang ojek paying. Namun siapa sangka pemuda ini bisa menjadi salah satu pengusaha muda.

Saat masih duduk di bangku SMA, Hamzah pernah mengikuti seminar bisnis. Di sana dia menangkap peluang bisnis franchise bimbingan belajar. Kemudian ia mencari modal dengan meminjam uang orang tuanya sebesar Rp. 75 juta rupiah untuk membeli bisnis tersebut.

Pada akhirnya bisnis tersebut berkembang dan sukses besar,. Kini dirinya memperoleh banyak penghargaan dan diundang ke berbagai acara akan kisah inspiratifnya.

2. Hafiza Elfira Novitarini

Pebisnis muda inspiratif berikutnya adalah Hafizah Elfira Novitarini. Dia merupakan pengusaha muda yang lahir di tahun 1990. Hafizah mendirikan Nalacity Foundation, yakni sebuah organisasi yang membina para penderita kusta. Di usianya yang masih muda, Hafizah menjadi pengusaha  muda yang sukses sekaligus berguna secara social.

Dalam bimbingan organisasi tersebut, para penderita kusta bisa diberdayakan dengan membuat jilbab untuk dijual. Tidak disangka bahwa proyek sosialnya tersebut memberikan keuntungan besar bagi Hafizah dan seluruh penderita kusta di organisasinya.

3. Dea Valencia

Dea Valencia merupakan pengusaha sukses di usianya yang masih menginjak muda. Menariknya lagi, Dea sukses menjadi pengusaha dengan mengikuti passion-nya.

Kecintaannya kepada batik menuntun Dea mendirikan usaha batik tulis sebelum dirinya genap berusia 20 tahun. Misi Dea yakni membuat kalangan remaja tidak menganggapbatik sebagai busana yang ketinggalan zaman melainkan sebagai busana yang harus dilestarikan.

Pada akhirnya, Dea mendesain batik kekinian sehingga dapat dinikmati kalangan anak muda. Kini dalam usahanya Dea suda mempekerjakan karyawan yang menderita tunarungu. Selain itu, dalam pemasaran Dea memanfaatkan internet seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

4. Nicholas Kurniawan

Nicholas Kurniawan merupakan salah satu pengusaha muda yang sukses dalam mengembangkan usaha ekspor ikan hias hingga bidang property sekaligus. Perlu diketahui Nicholas berasal dari keluarga yang kurang berkecukupan namun dirinya tergerak untuk membantu orang tuanya.

Sejak kecil Nicholas sudah berjualan apapun mulai dari minuman hingga pakaian. Kemudian dirinya menjual ikan hias yang pada akhirnya dilirik pasar mancanegara.

Bisnis ikan hias tersebut sebelumnya sempat goyang lantaran memiliki masalah dengan rekan kerjanya yang tidak jujur dalam bekerja. Namun, upayanya yang tidak kenal lelah membuat dirinya membuahkan hasil manis. Kini usaha yang dijalankan Nicholas tidak pernah kempis justru berkembang menjadi besar hingga sekarang.

5. Valentina Meiliyana

Pebisnis muda yang inspiratif terakhir adalah Valentina Meiliyana. Dia merupakan pengusaha muda kelahiran 1995. Berawal dari hobinya yang mengutak atik baju ini pada akhirnya berpindah haluan menjadi sepatu. Kini Valentina memiliki usaha bisnis sepatu custom sejak masih sekolah.

Lantaran dirinya memiliki banyak pesanan, dirinya sempat keluar sekolah dan memutuskan untuk home schooling agar waktunya bisa lebih banyak digunakan untuk berbisnis. Valentina tidak pernah belajar mode khusus karena diirinya murni otodidak.

Valentina terus memperdalam ilmunya dengan membaca majalah fashion melalui berbagai media. Kini usaha sepatunya terkenal dan berulang kali ikut dalam pragaan busana kelas nasional.

Itulah 5 pebisnis muda yang inspiratif yang bisa menjadi acuan Anda dalam memulai sebuah bisnis. Untuk itu, tidak perlu ragu dalam memulai bisnis, mulai saja dulu dan lakukan yang terbaik sebisa mungkin untuk bisnis Anda.

“Baca Juga Inilah 5 Strategi Tepat untuk Memperluas Pangsa Pasar”