(021) 28541720
bisnis dari garasi
Photo by Andre W. Nguyen on Unsplash

Banyak orang yang ingin memulai bisnis secara mandiri. Namun tantangan yang kerap muncul adalah bingung bagaimana harus memulai. Karena membangun sebuah bisnis, tentu hal pertama yang diperlukan adalah modal, hal inilah yang mungkin sulit bagi banyak orang.

Tidak hanya itu saja, dalam membangun bisnis tentu calon pebisnis harus memastikan jenis usaha apa yang ingin dikembangkan. Dalam hal ini sebaiknya calon pengusaha memilih usaha yang sesuai dengan hal yang ia sukai.

Selain itu, calon pengusaha juga perlu memilih lokasi usaha yang tepat agar bisnisnya dapat berkembang. Setelahnya, calon pengusaha juga bisa mulai mempromosikan produknya.

Berbicara mengenai lokasi usaha, tahukah Anda bahwa dalam membangun bisnis, Anda bisa menggunakan ruangan di sekitar rumah. Ruangan yang bisa Anda gunakan yakni seperti garasi, teras dan lain sebagainya.

Banyak orang berpikir bahwa jika ingin membangun bisnis yang sukses maka harus membutuhkan modal yang besar. Tidak hanya itu, bisnis bisa sukses juga harus disertai adanya kantor yang bagus dan karyawan yang professional.

Hal tersebut tidaklah 100% benar. Tahukah Anda bahwa banyak perusahaan besar yang berkembang pesat dan berhasil menjadi salah satu perusahaan terbaik di dunia justru berawal dari lokasi bisnis yang sederhana.

Untuk memulai bisnis, Anda tidak harus memiliki lokasi usaha seperti kantor yang bagus. Anda bisa memulai bisnis anda dengan memanfaatkan garasi rumah Anda seperti 5 perusahaan berikut ini:

1. Google

Perusahaan bertama yang memulai bisnis dari garasi pertama adalag Google. Perusahaan ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa lulusan Universitas Standford. Pada saat itu keduanya mendirikan Google di garasi milik temannya yaitu Susan Wojcicki yang terletak di kota Menlo park, California.

Pada awalnya, pekerjaan tersebut hanyalah proyek sampingan yang pada akhirnya dirasa mengganggu kuliah mereka. Alhasil mereka memutuskan untuk menjual proyeknya kepada Excite seharga 1 Juta Dollar AS.

Namun saat itu Excite tidak tertarik dengan proyek Google tersebut dan menolak tawarannya. Hingga pada lima tahun kemudian pada 19 Agustus 2004 Google melakukan penawaran saham perdananya.

Akhirnya Google memiliki nilai kapitalisasi pasar yang besar mencapai lebih dari USD 1,67 Miliyar. Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar perusahaan ini berkembang menjadi USD 397 atau setara dengan Rp 5,347 Triliun.

2. Amazon

Didirikan oleh Jeff Benzos pada tahun 1994, Amazon merupakan salah satu perusahaan toko buku online terbesar. Pada tahap awal mereka menjajakan produknya melalui garasi rumahnya di kota Bellevue, Washington.

Jeff Benzos menjual buku pertamanya pada bulan Juli 1995 dan dirinya berhasil menggelar penjualan saham perdana Initial Public Offering (IPO). Hingga saat ini Amazon menjadi perusahaan peritel online terbesardi dunia.

3. Apple

Apple menjadi salah satu yang memulai bisnis dari garasi. Perusahaan ini didirikan oleh dua bersaudara yakni Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1976. Saat itu usia mereka masing-masing masih berusia 21 tahun dan 26 tahun. Kedua bersaudara ini mendirikan Apple Computers dengan menjual 50 unit Apple I Computer buatan Wozniak kepada peritel lokal di Cupertino dengan harga USD 500 per unitnya.

Pada saat itu keduanya belum memiliki pabrik pembuat kompunen elektroniknya sendiri sehingga mereka masih perlu memesan komponennya dari distributor.

Walaupun pada saat itu keduanya masih dalam kondisi yang kurang, namun dengan keahlian mereka dalam merakit komputer dan kemampuan penjualan yang baik, keduanya berhasil membuat 50 komputer dalam 30 hari dari garasinya sendiri.

4. HP Inc

HP Inc didirikan oleh Bill Hewlett dan Dave Packard pada tahun 1939. Perusahaan ini didirikan di garasi milik Dave Packard yang terletak di kota Palo Alto, California. Mereka membangun usahanya dengan modal awal sebesar USD 538.

Produk pertama yang diciptakan adalah Osilator Auditor dan pembeli pertamanya yakni Walt Disney. Mereka membeli 8 Osilator untuk mengembangkan sistem suara film Fantasinya.

HP Garage merupakan garasi tempat lahirnya perusahaan HP Inc ini. Dan garasi tersebut kini menjadi sebuah museum privat yang juga dikenal sebagai tempat lahirnya Silicon Valley.

5. Bukalapak

Tidak hanya di luar negeri, di indonesia juga memiliki perusahaan besar yang lahir dari garasi. Bukalapak didirikan oleh Haji Nawi, Achmad Zacky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid pada tahun 2010.

Awalnya Bukalapak didirikan bertujuan sebagai wadah para UKM menggunakan media online sebagai bagian dari bisnis mereka. Namun, tidak sangka jika saat ini Bukalapak sudah dikunjungi hingga lebih dari 1 juta orang setiap harinya dengan lebih dari 200 ribu pelapak.

Itulah 5 perusahaan yang memulai bisnisnya dari Garasi rumah. Pelajaran terpenting yang dapat dipetik yakni memulai lebih mudah daripada mempertahankan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis, janganlah ragu karena bisnis bisa dimulai kapan saja dan dimana saja asal Anda memiliki tekad yang kuat dan bersungguh-sungguh menjalankannya.

“Baca Juga 5 Bekal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Pengusaha Muda”