(021) 28541720
Salah satu Strategi Marketing Apple: Produk

Photo by eleven x on Unsplash

Salah satu langkah awal dalam memulai bisnis adalah mempelajari strategi dari perusahaan yang berkembang besar. Terlebih jika perusahaan tersebut dikenal dengan pelayanan yang baik, produk yang berkualitas, serta sudah bertahan cukup lama di tengah persaingan bisnis yang kian ketat. Strategi yang baik adalah senjata yang paling ampuh agar bisnis Anda tetap maju. Maka mari kita pelajari Strategi Pemasaran Apple, perusahaan Top 10 di dunia.

Produk Apple yang Steve Jobs rintis sejak bertahun-tahun lalu masih tetap eksis bahkan menguasai pasar global. Hingga kini produknya baru saja mengeluarkan iOS 13. Lalu apa yang membuat Apple bisa tetap eksis hingga saat ini? Selain mengambil langkah inovasi dengan menciptakan sesuatu yang berbeda, Apple juga menerapkan strategi marketing yang baik. Apabila Anda adalah seseorang yang ingin memulai atau baru merintis usaha baru, tidak ada salahnya untuk mempelajari strategi dan konsep marketing yang dilakukan oleh Apple.

Strategi Marketing Apple yang Bisa Dipelajari

Perencanaan dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis, baik jasa atau barang tentu memerlukan skema marketing yang tepat. Strategi marketing adalah komponen yang penting karena bersinggungan langsung dengan klien dan konsumen. Lalu bagaimana strategi yang diterapkan oleh Apple, berikut di antaranya:

1. Fokuskan Produk Pada Sesuatu Yang Beda, Bukan Harga

Apakah Anda melihat produk Apple terlibat dalam persaingan harga? Mereka selalu berani mematok harga yang tinggi karena yakin dengan kualitas dan keunikan produk yang mereka milik. Hasilnya? Walau harga produknya sebagian besar cukup mahal, Apple tidak pernah kehilangan pelanggannya. Setiap peluncuran produk selalu ada banyak inovasi yang muncul, dan itu sebagian besar disukai oleh pengguna Apple.

Oleh karena itu, Anda juga harus berani mengambil langkah berani dengan tidak terjebak dalam persaingan harga. Buatlah produk jasa atau barang yang memiliki keunikan yang berbeda dibandingkan produk sejenis lainnya. Nilai keunikan yang dimiliki oleh produk Anda tentu menjadi kekuatan yang jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

2. Jangan Berhenti Untuk Berinovasi

Kunci mengapa Apple bisa merajai pasar smartphone saat ini tidak lepas dari inovasi yang mereka lakukan. Apa pun produk yang mereka buat selalu menyajikan nilai beda yang kuat. Hal ini yang membuat Apple bisa bertahan pada arus persaingan yang sangat ketat ini. Namun sayangnya, masih sedikit pengusaha yang berani berinovasi. Mereka terjebak dalam pola pikir yang sama, sehingga tidak ada nilai beda dari produk yang diciptakan. Padahal dengan adanya inovasi sebuah perusahaan yang tadinya kecil dan dianggap remeh, saat ini menjadi raksasa teknologi di dunia.

3. Tidak Menutup Telinga Dari Saran Pelanggan

Adanya media sosial, pelanggan saat ini bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung dan cepat. Baik itu kritik maupun saran, aspirasi adalah bagian terpenting dalam pengembangan sebuah produk serta menjaga hubungan baik dengan mereka. Apple menyadari bahwa hal tersebut sangat penting, agar mereka bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Hingga iOS 13 rilis baru-baru ini, Apple tetap selalu menjaga komunikasi yang baik dengan para pelanggannya. Strategi ini tentu bisa diterapkan pada bisnis yang Anda bangun. Terimalah seluruh komentar dan kritikan dari konsumen. Karena jika Anda bisa mengelolanya dengan baik, maka produk dihasilkan semakin sesuai dengan keinginan konsumen.

4. Berikan Pengalaman Terbaik Baik Konsumen Anda

Hampir semua orang bisa membuat produk, bahkan produk tersebut menjadi terbaik dari yang lainnya. Namun tidak semua orang bisa menciptakan pengalaman berkesan bagi para pengguna. Kesan yang baik saat menggunakan produk tersebut tentu akan mereka ingat dan disebarkan ke rekan mereka. Hal ini tentu menjadi strategi yang bagus dalam marketing sebuah produk.

Apple menerapkan konsep ini pada banyak produk mereka. Semua orang selalu terkesan saat menggunakan produk-produk dari Apple, terlebih pada smartphone-nya.

5. Branding Yang Tepat\

Apple memiliki branding yang sangat kuat pada logonya. Walau memiliki desain yang sederhana, semua orang langsung mengerti bahwa itu adalah Apple. Hal ini dibawa juga saat mereka menciptakan sebuah inovasi. Teknologi yang mereka kembangkan juga sangat sederhana dan user friendly. Hal ini berbanding terbalik dengan perusahaan lain yang membuat teknologi canggih namun rumit ketika dioperasikan.

Perkembangan Apple menjadi perusahaan tentu membutuhkan proses yang panjang dan mengalami fase jatuh bangun. Mereka juga bisa bertahan pada persaingan yang sangat ketat ini berkat strategi yang tepat.

Anda juga bisa meniru strategi serta kemauan untuk berinovasi yang dilakukan oleh Apple. Tujuannya agar perusahaan yang Anda bangun menjadi semakin besar dan bermanfaat bagi banyak orang. Namun jika Anda baru berencana memiliki sebuah bisnis maka perlu untuk memikirkan banyak hal mulai dari memilih jenis usaha hingga mengurus legalitasnya. Ketika itu semua sudah terwujud, Anda sudah mulai bisa menerapkan strategi marketing yang diterapkan oleh Apple tadi.

Event space, event space jakarta, kantor virtual, meeting room, meeting room jakarta, meeting room jakarta selatan, startup, virtual office, virtual office jaka, virtual office jakarta selatan

“Baca Juga Mengenal Startup Yang Menjadi Unicorn Indonesia”