(021) 28541720
Bekerja di virtual office dapat meningkatkan produktivitas
Photo by Andreas Klassen on Unsplash

Saat ini banyak sekali pembahasan mengenai virtual office, lantas sebenarnya apa sih kantor virtual itu, dan mengapa sangat diperlukan dalam suatu perusahaan tertentu? Apakah dapat membuat kita lebih produktif?

Sebelum membahas lebih lanjut mari simak definisi dari virtual office berikut ini.

Mengenal Virtual Office

Kantor virtual ini merupakan jasa penyedia ruang kerja kepada suatu perusahaan namun perusahaan tersebut tidak menyewa kantor dalam segi fisik melainkan dalam segi virtual atau maya. Meski demikian, penyewa mendapatkan alamat kantor terdaftar dan bisa digunakan untuk mengajukan PKP.

Mengingat bahwa banyaknya pebisnis baru yang bermunculan, tentu kebutuhan akan kantor kian meningkat. Tetapi, tidak semua pebisnis mampu membeli gedung kantor atau menyewa gedung kantor secara penuh sehingga akan sulit bagi pebisnis tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

Dan mengingat kota ibukota sudah dipenuhi banyak sekali gedung bertingkat, tentu membuat lahan sewa gedung kantor terbatas. Untuk itu, hadirnya virtual office sangat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya dengan baik.

Model kantor ini sangat cocok untuk bisnis start up, bisnis konseling, jasa konsultan, dan lain sebagainya. Banyak alasan mengapa Anda perlu memilih virtual office:

  1. Biaya sewa terjangkau
  2. Menghemat biaya operasional perusahaan
  3. Lokasi yang prestisius
  4. Dilengkapi fasilitas kantor pendukung
  5. Waktu kerja fleksibel

Bicara mengenai waktu kerja yang fleksibel, tentu semua orang ingin dapat bekerja secara fleksibel yang mampu dikerjakan di mana saja tanpa terikat jam kantor. Akan tetapi, meski bekerja secara fleksibel, namun tetap harus disertai dengan strategi yang tepat.

Jika seseorang kerja tanpa strategi yang tepat maka tentu hasilnya tidak akan baik. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara bekerja maksimal dengan konsep virtual office agar hasil kerja juga menjadi maksimal.

Manfaat Virtual Office Bagi Produktivitas Kerja

Dengan adanya virtual office, maka pekerja bisa bekerja secara produktif. Banyak yang bilang bekerja tanpa terikat jam kantor akan membuat kita menjadi lebih banyak menghasilkan ide baru. Lantas apa alasan membuat kita lebih produktif? Berikut diantaranya:

1. Lebih Disiplin

Saat pekerja harus pergi ke kantor tentu membutuhkan waktu cukup lama, belum lagi harus melewati kemacetan di jalan raya yang membuat dirinya terus datang terlambat. Namun dengan virtual office, maka pekerja bisa bekerja secara fleksibel baik dirumah maupun dimana saja.

Dengan virtual office, pekerja tidak mendapat aturan untuk datang ke kantor dengan waktu tertentu. Namun bukan berati ia bisa bekerja bebas saja. Seharusnya kebebasan ini membuat pekerja lebih mampu menentukan prioritas mengenai apakah menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu atau bertemu dengan klien dulu.

2. Lebih Profesional

Tidak bekerja dikantor bukan berati Anda bebas dari kewajiban menjaga nama baik perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan jadikan kebebasan Anda bekerja sebagai alasan untuk Anda melakukan hal-hal yang tidak seharusnya Anda lakukan. Jagalah profesionalitas Anda sebaik-baiknya.

Cobalah untuk membuat skala prioritas pekerjaan, sehingga Anda tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Buat juga to do list selama satu hari kerja. Tidak lupa untuk mengadakan meeting terkait proyek yang sedang Anda kerjakan.

3. Bisa Bertemu Tatap Muka

Bekerja dengan konsep virtual office memang tidak mewajibkan Anda pergi ke kantor. Anda bisa memanfaatkannya untuk berkonsultasi bersama klien. Bertemu dengan klien pun tidak harus di kantor melainkan bisa di mana saja. Saat bertemu klien, pekerja bisa melakukan pekerjaannya sekaligus me-refresh pikiran akan pekerjaan yang tengah ia kerjakan sehingga ia bisa lebih produktif.

4. Fleksibel

Bekerja dikantor dan bertemu banyak orang memang menyenangkan. Hanya saja bukan berati tidak pernah terjadi konflik dan munculnya rasa bosan yang datang secara tiba-tiba. Hal ini tentu membuat pekerja merasa jenuh dengan rutinitas sehari-harinya. Dan pekerja yang mulai jenuh akan menurun kemampuannya sehingga mampu mengurangi produktivitasnya.

Dengan konsep virtual office, maka pekerja bisa melakukan pekerjaanya secara fleksibel. Pekerja bisa menghindari segala konflik kantor sehingga secara tidak langsung pekerja dapat meningkatkan produktivitas kerjanya.

“Lihat Juga Pilihan Lengkap Package Virtual Office Di SAMUDRA”