(021) 28541720
Perkembangan bisnis mobile
Photo by You X Ventures on Unsplash

Bisnis mobile merupakan suatu sistem perdagangan secara elektronik dengan menggunakan media mobile seperti telepon genggam, smartphone, komputer, laptop dan sebagainya. Saat ini, banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan bisnisnya seperti bisnis online.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Mobile

Banyak kelebihan yang didapat dari bisnis mobile seperti berikut ini:

  • Memudahkan proses bisnis
  • Waktu kerja fleksibel
  • Hemat biaya perjalanan
  • Memudahkan pebisnis mencari informasi
  • Lebih mudah memajukan bisnis karena mengandalkan teknologi informasi

Meski mobile bisnis memiliki banyak kelebihan, namun tidak heran bisnis mobile juga memiliki kekurangan seperti:

  • Bisnis mobile sangat bergantung pada sinyal, jika sinyal yang digunakan dalam kondisi tidak baik maka akan mempengaruhi kinerja bisnis mobile tersebut
  • Dalam menjalankan bisnis mobile, antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung dan hal ini bukan tidak mungkin orang bisa melakukan penipuan
  • Bisnis mobile harus terus mengupdate aplikasi atau perangkat untuk meningkatkan sistem mereka.

Perkembangan Bisnis Mobile

Saat ini, perkembangan bisnis mobile di Indonesia dikatakan cukup pesat dan terus mengalami peningkatan yang signifikan tiap tahunnya. Meskipun banyak bisnis mobile yang gagal, namun tidak banyak juga bisnis mobile yang mencapai kesuksesan.

Di era saat ini, pebisnis mobile terus bermunculan sehingga semakin banyaknya pebisnis mobile maka tingkat persaingan juga semakin ketat. Bisnis mobile di Indonesia saat ini sudah mencapai lebih dari 1500 pengusaha bisnis mobile.

Banyaknya pebisnis mobile yang terus bermunculan tidak luput dari dukungan dan besarnya potensi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mayoritas masyarakat di Indonesia memang selalu menggunakan internet sehingga internet menjadi suatu lahan menjanjikan untuk membangun bisnis mobile.

Menurut hasil riset mengatakan bahwa pengguna internet di indonesia pada tahun 2013 sudah mencapai 70 orang, pada tahun 2017 sudah mencapai 133 orang. Pencapaian tersebut semakin tahun terus meningkat hingga tahun 2019 ini.

Di tahun 2019 ini tidak mungkin semua orang tidak tahu apa itu internet dan bagaimana cara menggunakannya. Tentu mereka selalu menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, daya beli masyarakat tentu terus mengalami peningkatan sehingga pendapatan perkapita masyarakat juga meningkat, hal ini secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan bisnis mobile di Indonesia.

Perkembangan bisnis mobie hingga berkembang pesat sampai saat ini tentu didukung dnegan beberapa faktor seperti berikut ini:

  • Masyarakat yang selalu terbuka dengan teknologi baru
  • Jumlah penduduk yang banyak
  • Pelayanan bisnis mobile yang baik
  • Modal
  • Dukungan

Bisnis mobile juga dikenal sebagai bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan web. Adapun beragam kemudahan yang didapat dari bisnis mobile adalah sebagai berikut:

1. Teknologi Keamanan

Bisnis mobile yang terus bermunculan bukan hal tidak mungkin jika akan muncul masalah baru. Seperti adanya kasus penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, bagi pebisnis online, tentu penting menerapkan keamanan berbasis teknologi guna mencegah terjadinya pembobolan data atau penipuan.

2. Teknologi Penyimpanan Data

Biasanya, pebisnis online menggunakan teknologi penyimpanan data untuk menyimpan segudang informasi produk atau layanan yang tentunya harus aman dari jangkauan banyak orang sehingga diperlukan penyimpanan data yang aman.

3. Teknologi Mobile Online

Seiring berkembangnya teknologi, teknologi online atau biasa disebut smartphone ini memang sudah tidak bisa digunakan lagi karena hampir seluruh masyarakat menggunakan teknologi tersebut.

4. Teknologi Pembayaran

Menjalankan bisnis mobile tentu memerlukan sistem teknologi pembayaran yang mudah yang tidak mengharuskan penjual atau pembeli bertemu secara langsung. Teknik pembayaran ini dianggap mudah dan praktis karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

5. Teknologi perhitungan

Kini bisnis mobile sudah banyak menggunakan teknologi perhitngan yang instan. Teknologi ini sangat berguna untuk pembukuan, pembuatan jurnal atau perhitungan keuntungan dan kerugian. Teknologi perhitungan ini sangat mendukung perusahaan untuk membuat laporan keuangan dengan sangat mudah.

Itulah perkembangan bisnis mobile saat ini. Jadi, perkembangan bisnis mobile saat ini memang dinilai berkembang begitu pesat karena mengikuti perkembangan teknologi. Baik setiap hari, minggu, bulan dan tahun tentu pebisnis mobile terus meningkat dan bermunculan.

Berkembangnya teknologi memang membuat bisnis mobile maju dan berkembang. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan media internet, maka semakin banyak pebisnis yang tertarik mendirikan bisnis mobilenya.

“Baca Juga Inilah Konsep Online Marketing yang Efektif Saat Ini”