(021) 28541720

Photo by Helloquence on Unsplash

Saat ini ada banyak sekali bentuk usaha, bahkan semakin lama bentuknya semakin beragam. Seiring dengan kemajuan teknologi ada banyak sekali bisnis atau usaha yang dikembangkan. Biasanya bisnis ini kita kenal sebagai startup atau perusahaan rintisan. Sebuah perusahaan startup pada umumnya bisa melakukan prosedur pekerjaan secara virtual. Artinya, anggota tim tidak harus hadir secara fisik di lokasi pertemuan tersebut atau melaksanakan pertemuan secara terus menerus. Fenomena ini memunculkan ide baru dalam bentuk Virtual Office.

Definisi Virtual Office

Virtual Office adalah sebuah konsep penyewaan alamat bagi seseorang yang ingin memiliki legalitas usaha. Hak sewa gedung biasanya dilakukan dalam meminjam alamat ini, oleh karena itu Virtual Office menjadi jawaban atas sulitnya membangun sebuah gedung kantor baru.

Pada umumnya perusahaan yang menggunakan jasa ini adalah mereka yang bergerak dalam bidang usaha online. Namun, tidak menutup kemungkinan bisnis lain juga bisa menggunakan jasa ini. Misalnya untuk melakukan meeting¬łgathering, acara bisnis, dan banyak lagi lainnya. Manfaat lainnya tentu Virtual Office membuat pengeluaran lebih hemat, jam kerja lebih fleksibel, serta bisa mendukung produktivitas tim Anda. Dengan adanya syarat batas minimum untuk penghasilan selama satu tahun yang ditetapkan oleh pemerintah, perusahaan yang menggunakan Virtual Office tetap diwajibkan untuk bayar pajak atau memiliki PKP. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menggunakan Virtual Office wajib mengetahui cara dan proses mengurus PKP ini.

Syarat Virtual Office untuk Alamat Pengukuhan PKP

Mengurus PKP untuk Virtual Office perlu dilakukan secepat mungkin. Berikut ini adalah syarat yang bisa Anda penuhi:

1. Pengusaha yang menggunakan jasa penyewaan kantor virtual wajib memiliki izin usaha ataupun dokumen lain yang sejenis. Izin dan dokumen tersebut diterbitkan atau dikeluarkan oleh pejabat atau instansi lain yang memiliki wewenang.

2. Pengelola Virtual Office memenuhi kondisi berikut ini:

  • Sudah dikukuhkan menjadi PKP
  • Tersedianya ruangan fisik sebagai lokasi untuk kegiatan usaha bagi pengusaha yang mengajukan pengukuhan sebagai PKP
  • Secara nyata kegiatan layanan pendukung kantor virtual telah dilakukan.

3. Persyaratan di atas berlaku bagi sebuah badan atau pribadi.

Persyaratan PKP untuk Virtual Office

Apabila Anda ingin melakukan pendaftaran badan usaha, di bawah ini adalah syarat yang harus disiapkan untuk melengkapi PKP:

  1. Memiliki formulir pendaftaran atau registrasi yang didapat dari kantor pajak
  2. Memiliki dokumen atau akta pendirian usaha
  3. NPWP serta identitas diri
  4. Memiliki Surat Izin Usaha
  5. SPT setiap tahun (tahunan) dan Laporan Keuangan Perusahaan
  6. Foto (terbaru), daftar inventaris, peta, denah kantor yang digunakan, serta surat kontrak sewa.

“Baca Juga Langkah-Langkah dalam Mengurus Legalitas Perusahaan”

Prosedur Pendaftaran Virtual Office untuk PKP

Setelah Anda melengkapi segala persyaratan mulai dari berkas dan dokumen, dalam jangka waktu yang tidak begitu lama akan datang petugas untuk melakukan survey dan verifikasi. Mereka akan memeriksa dokumen dan formulir yang Anda berikan mulai dari kelengkapan serta validasinya. Proses ini dilakukan selama kurang lebih 2 sampai 4 hari, dan paling lambat biasanya hingga 5 hari dari masuknya berkas yang Anda ajukan. Setelah proses survey dilakukan, maka Anda tinggal menunggu jawaban dari pihak kantor pajak. Jika berhasil, maka nomor PKP akan bisa didapatkan dalam waktu 5 hari. Namun jika belum ada jawaban, biasanya ada berkas yang kurang atau tidak sesuai sehingga pengajuan Anda ditolak.

Kantor virtual, pendirian pt, pkp, virtual office, virtual office jakarta, virtual office jakarta selatan.

“Lihat Juga Pilihan Package Virtual Office Samudra”