(021) 28541720
Bisnis travel memiliki potensi keuntungan yang besar
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Bagi Anda yang suka bermain media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter pasti tidak jarang melihat banyak iklan tawaran paket wisata yang suka tiba-tiba saja muncul di beranda Anda. Saat ini, bisnis travel memang sedang populer sehingga banyak bisnis wisata bermunculan yang menyediakan paket perjalanan wisata baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Berkembangnya bisnis travel ini bukanlah tanpa alasan. Bisnis ini dinilai menjadi usaha yang sangat menjanjikan bahkan hanya dengan modal minim. Dengan demikian tidak heran jika sekadang makin banyak travel agen yang selalu muncul di media sosial untuk mempromosikan paket wisata.

Untuk itu, jika Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis travel, tentu banyak hal yang perlu Anda ketahui. Berikut merupakan hal yang harus diketahui sebelum terjun ke bisnis travel:

1. Pada Bisnis Travel, Wisata Bukan Lagi Menjadi Hiburan Melainkan Kebutuhan

Bagi kalangan generasi millenial seperti saat ini, wisata bukan lagi menjadi hiburan semata melainkan menjadi suatu kebutuhan. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang menabung untuk melakukan traveling atau wisata ke berbagai tempat. Selain itu, wisata menjadi sarana untuk melepas penat karena terlalu sibuk dengan aktivitas yang dijalani.

Wisata tidak hanya untuk kalangan kelas atas melainkan untuk kalangan kelas menengah pun membutuhkan. Terlebih saat seseorang sudah lelah menjalankan aktivitas kuliah dan bekerja, sehingga penatnya akan terbayar saat dirinya melakukan perjalanan wisata.

Kebutuhan akan wisata ini tentu menjadi peluang bagi Anda sebagai travel agen untuk mengatur perjalanan pelanggan Anda. Dalam kondisi seperti ini, semakin banyak bisnis travel agent bermunculan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat millenial.

2. Bisnis Travel Didukung Tren Perjalanan Wisata yang Selalu Positif dan Meningkat

Tingginya minat masyarakat millenial akan wisata bukan hanya sekedar fenomena musiman saja melainkan menjadi suatu bisnis yang tidak pernah mati. Dengan didukung perkembangan teknologi canggih akan memudahkan Anda sebagai travel agent untuk melakukan promosi menarik perhatian para pelanggan.

Dalam hal ini biasanya travel agen akan banyak dicari oleh calon wisatawan. Biasanya, jumlah calon wisatawan yang memutuskan untuk berlibur ada di pertengahan tahun sekitar bulan Juni-Juli atau akhir dan awal tahun pada Desember-Januari.

3. Sarana dan Prasaranan dan Proses yang Semakin Banyak dan Mudah

Pengurusan dokumen perjalanan wisata sudah banyak sekali peningkatan sehingga perjalanan wisata calon wisatawan akan sangat dipermudah. Seperti pembuatan paspor dan visa yang sudah terorganisir dengan rapi dan berbasis online.

Menariknya lagi di Jepang dan Korea selatan sudah memberlakukan izin bebas visa untuk calon wisatawan Indonesia sehingga hanya membutuhkan e-paspor saja. Selain itu, pemerintah melalui Kemenpar juga terus melakukan perbaikan di daerah wisata agar lebih terorganisir, nyaman, terjaga dan mudah dijangkau.

Tidak hanya itu, sekarang makin banyak website travel yang menyediakan tiket pesawat dan perjalanan lainnya dengan harga promo sehingga dengan ini akan menarik para calon wisatawan. Intinya semua hal keperluan calon wisatawan akan dipermudah.

4. Tidak Butuh Modal Besar Tapi Cepat Balik Modal

Di zaman yang sudah serba canggih dan serba online seperti saat ini, bisnis travel agen bisa memanfaatkan internet dan media sosial sehingga lebih mudah untuk melakukan promosi dan menjangkau banyak orang.

Membuka bisnis travel dinilai tidak membutuhkan modal besar, selain itu tidak membutuhkan kantor karena semuanya bisa dilakukan secara online. Semua strategi promosi juga bisa Anda lakukan gratis dengan media sosial dan internet.

Pastikan pembayaran calon wisatawan dengan travel agent berjalan dengan lancar. Biasanya travel agent akan meminta bayaran penuh sebelum keberangkatan sehingga Anda sebagai travel agen tidak perlu pusing menangani biaya yang belum dikeluarkan calon wisatawan.

5. Membutuhkan Ilmu dan Skill Khusus

Dalam membuka bisnis travel Anda tidak hanya perlu membuka bisnis ini begitu saja. Meski bisnis ini dinilai mudah, modal ringan dan untung menjanjikan, namun perlu diingat bahwa Anda membutuhkan skill dan pengetahuan khusus untuk bisa membuka bisnis travel ini. Ilmu dan skill khusus diperlukan agar bisnis travel Anda dapat sukses.

“Baca Juga Kerugian Akibat Menggunakan Virtual Office Tidak Terpercaya”