(021) 28541720
Ekspansi bisnis dapat dilakukan untuk bertrahan dari kerasnya persaingan usaha
Photo by Fikri Rasyid on Unsplash

Hampir seluruh pemilik bisnis ingin usahanya terus berkembang luas. Untuk itu, mereka terus melakukan inovasi agar bisnisnya dapat berkembang dan menuai keuntungan. Selain itu inovasi dilakukan juga untuk mempertahankan bisnis Anda diketatnya persaingan bisnis, salah satunya melalui ekspansi bisnis.

Sebagai pebisnis Anda perlu melakukan strategi tambahan seperti memperluas bisnis yang tengah Anda jalankan. Misalkan jika bisnis Anda adalah bisnis online, maka Anda perlu melakukan inovasi di bagian sisi produk, pemasaran, hingga permodalan.

Tidak hanya bisnis online saja, apapun jenis bisnis Anda, kunci sukses bisnis yang tengah Anda jalankan agar mampu bertahan dan berkembang adalah dengan memberikan hal baru pada dunia bisnis yang sebidang.

Namun, sebelum Anda memperluas bisnis Anda ada hal-hal yang harus diperhatikan dan tidak sembarangan memperluas bisnis begitu saja. Perlu pertimbangan dan perencanaan matang agar strategi yang diterapkan bisa terlaksana dengan baik. Berikut merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum memperluas bisnis:

1. Apa Alasan Anda Ingin Melakukan Ekspansi Bisnis?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apa alasan Anda ingin memperluas bisnis. Hal apa yang mendorong diri Anda untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani. Apakah hal ini dikarenakan sudah banyak bisnis sejenis yang berkembang sehingga Anda merasa bisnis terancam? Ataukan Anda ingin membuat pelanggan lebih mudah mendapatkan produk yang dijual? Ataukah Anda hanya ingin melakukan inovasi?

Misalnya, Jika bisnis yang dijalankan adalah bisnis online, maka Anda bisa menambahkan berbagai jenis produk baru seperti aksesoris dan ragam model terbaru sesuai tren yang ada. Alasan ingin memperluas bisnis harus Anda temukan dulu ketika Anda hendak memutuskan memperluas bisnis. Pastikan alasan dan tujuan seimbang agar bisnis Anda makin lancar dan menuai keuntungan.

2. Kemana Bisnis Tersebut Akan Diperluas

Memperluas bisnis itu artinya Anda sebagai pebisnis harus tahu kemana bisnis akan diperluas. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak memutuskan memperluas bisnis terlebih dahulu melainkan dipertimbangkan terlebih dahulu.

Misalnya jika ingin membuka cabang bisnis baru, maka Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan pesaing dan lihat bagaimana cara mereka mengatur bisnis secara terpisah.

Jika ingin memperluas bisnis maka carilah lokasi dengan profil yang sama dengan bisnis utama Anda. Perhatikan apakah ada toko yang menjual produk sejenis atau tidak. Hal ini dimaksudkan jika memang ada produk sejenis maka harus ada perbedaan antara produk Anda dengan produk pesaing, baik dari segi desin, layanan, maupun cara penjualan.

3. Berapa Modal yang Dibutuhkan Untuk Memperluas Bisnis

Memperluas bisnis tentu membutuhkan modal dan biaya yang harus dipersiapkan. Biaya yang dimaksud seperti uang jaminan, biaya konstruksi, biaya peralatan, biaya karyawan, dan lain sebagainya. Jika Anda berhasil mengembangkan bisnis maka pengeluaran untuk biaya sistem dan operasi juga meningkat.

Untuk itu, pastikan Anda memiliki beberapa sumber uang untuk modal yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan perluasan bisnis. Pastikan memilih sumber modal yang sesuai dengan jenis usaha dan kemampuan keuangan Anda.

4. Apakah Anda Dapat Mengatur Waktu

Sebelum melakukan perluasan bisnis maka hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah dapatkah Anda mengatur waktu dengan tepat? Saat memperluas bisnis tentu Anda tidak hanya terfokus pada satu bisnis saja, melainkan bisnis cabang lain juga perlu mendapatkan perhatian. Hal ini mengharuskan Anda untuk mampu mengatur waktu dan membagi waktu dengan sebaik mungkin.

“Baca Juga Ingin Sukses Di Dunia Bisnis? Kembangkan 9 Kemampuan Ini”