(021) 28541720
Membangun Bisnis Digital dengan Virtual Office
Photo by Carl Heyerdahl on Unsplash

Memiliki bisnis sendiri adalah cita-cita sebagian banyak orang. Akan tetapi, tidak semua orang mampu mewujudkan cita-cita tersebut dengan alasan keterbatasan biaya.

Memang benar, dalam membangun bisnis tentu setiap orang harus menyiapkan uang yang cukup besar. Dan yang terpenting, dalam membangun bisnis tentu dibutuhkan ruang kerja untuk menjalankan bisnis tersebut.

Tapi sayangnya, untuk mendapatkan kantor, baik sewa atau beli membutuhkan biaya yang sangat besar. Terlebih harga properti setiap tahun terus meningkat sehingga hal ini akan menyulitkan pebisnis pemula.

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali pebisnis baru terus bermunculan, khususnya banyak yang membangun bisnis digital. Bisnis digital adalah kosep usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencipatkan sebuah produk atau digunakan untuk kepentingan usaha lainnya seperti strategi pemasaran. Oleh karena itu tidak heran jika banyak pebisnis dalam dunia digital yang terus bermunculan.

Meningkatnya pebisnis pendatang baru, tentu kebutuhan akan gedung kantor terus meningkat. Akan tetapi, mengingat biaya sewa atau beli kantor yang terbilang cukup mahal hal ini akan menghambat jalannya bisnis digital seseorang.

Namun kini, untuk membangun bisnis digital tidaklah mustahil untuk dilakukan. Pasalnya semua orang bisa melakukannya meski dengan biaya yang lebih terjangkau dan proses yang mudah. Salah satu kemudahan tersebut karena adanya konsep virtual office.

Virtual office merupakan jasa penyedia sewa kantor secara online, dalam artian penyewa tidak menyewa kantor dalam segi fisik seperti kantor konvensional pada umumnya. Namun keuntunganya, penyewa mendapatkan alamat kantor terdaftar yang dapat digunakan untuk mengurus perizinan usaha digital yang Anda kembangkan.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan virtual office untuk bisnis digital, seperti berikut ini:

1. Menghemat Biaya Anggaran dan Operasional Perusahaan

Dibandingkan dengan menyewa kantor konvensional, menyewa kantor virtual dinilai lebih menghemat biaya anggaran dan operasional perusahaan hampir 90%. Pasalnya, dalam membangun bisnis, tentu banyak biaya yang perlu Anda pertimbangkan. Mulai dari biaya sewa gedung, biaya gaji karyawan, biaya perlengkapan kantor, biaya peralatan kantor, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan konsep virtual office maka sudah pasti perusahaan mampu menghemat biaya pengeluaran perusahaan dalam jumlah yang sangat signifikan.

2. Membuat Karyawan Lebih Produktif Dalam Bekerja

Dibandingkan dengan harus pergi ke kantor dan mengikuti aturan jam kerja, karyawan akan lebih bahagia jika dirinya bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Jika mereka harus ke kantor untuk bekerja, maka mereka perlu bersiap-siap pada pagi hari, belum lagi harus mendapatkan kemacetan lalu lintas dan konflik di lingkungan kerja.

Tentu dalam hal ini karyawan akan lebih memilih bekerja dimana saja dan kapan saja, tentunya meski demikian mereka tidak dapat bekerja seenaknya saja tetap ada aturan yang harus dijalankan.

3. Bisnis Akan Lebih Mudah Berkembang

Pada umumnya, kantor virtual office terletak di lokasi yang strategis dan berada di pusat bisnis. Dengan menggunakan kantor ini maka Anda akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan berbagai perusahaan lain. Hal ini tentu bisa menjadi kesempatan besar bagi perusahaan Anda untuk bekerjasama dan mengembangkan jaringan bisnis perusahaan Anda agar dikenal luas oleh masyarakat.

Itulah keuntungan yang didapat dari penggunaan virual office untuk bisnis digital. Akan tetapi, Anda harus cermat dalam memilih kantor virtual. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jasa penyedia virtual office dan membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih agar bisnis Anda tidak merugi.

Untuk itu, sebelum memilih virtual office yang tepat ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan seperti berikut ini.

  1. Pastikan lokasi virtual office strategis di pusat bisnis kota. Hal ini berguna untuk memudahkan klien melakukan pertemuan bisnis dengan Anda. Lokasi strategis dapat meningkatkan citra bisnis perusahaan Anda.
  2. Lihat fasilitas yang diberikan layanan virtual office tersebut. Biasanya layanan virtual office memiliki beragam fasilitas, yang umumnya diberikan adalah fasilitas sambungan telepon, resepsionis, akses internet, dan surat-menyurat.
  3. Perhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan.
  4. Pertimbangkan harga yang ditawarkan, jangan berfikir bahwa harga yang mahal sudah pasti memiliki kualitas yang baik. Namun lihat dari pelayanan jasa tersebut, tidak apa murah asalkan layanan jasa tersebut sangat memuaskan.

Untuk itu, jika Anda berniat membangun bisnis digital, maka gunakan virtual office. Karena banyak sekali bisnis digital yang menggunakan layanan virtual office ini untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

“Lihat Juga Pilihan Package Lengkap Virtual Office Di SAMUDRA”