(021) 28541720
produk ramah lingkungan
Photo by Noah Buscher on Unsplash

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Ini merupakan hal wajar, terlebih dalam berbisnis dibutuhkan sistem keuangan yang sehat agar bisnis dapat bertahan dalam jangka panjang.

Sebagai calon pebisnis, tentu Anda pernah berpikir bagaimana caranya membangun bisnis yang ramah lingkungan. Agar bisnis tetap berjalan dengan baik namun Anda bisa berupaya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Membangun bisnis yang dengan produk ramah lingkungan merupakan suatu hal yang baik. Pasalnya bisnis yang ramah lingkungan akan menyelamatkan lingkungan dan memperbaiki sekaligus mengurangi berbagai masalah yang terjadi.

Ini tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan sekaligus berdampak positif untuk seluruh makhluk hidup. Lantas ide bisnis apa yang dapat menghasilkan produk ramah lingkungan? Berikut diantaranya.

1. Menjual Pupuk Kompos Sebagai Produk Ramah Lingkungan

Kompos diproduksi dari hasil memisahkan antara sampah organik dengan sampah non organik. Dan sampak organik ini bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi pupuk kompos yang memiliki daya jual tinggi. Menariknya lagi, menjual kompos akan baik untuk lingkungan sehingga bisnis ini sangat ramah lingkungan.

Pupuk kompos memiliki target pasar yang cukup besar. Anda bisa menawarkan kepada petani atau menjualnya kepada partai kecil atau besar. Meski bisnis ini dianggap remeh, namun keuntungan yang bisa Anda dapat dari bisnis ini cukup besar.

2. Menjual Kosmetik Organik

Saat ini, ramai sekali orang yang berjualan mengenai kosmetik organik. Yang sedang ramai saat ini adalah masker organik. Tidak hanya sabun atau sampo saja yang menggunakan bahan dasar organik, melainkan kosmetik juga bisa menggunakan bahan organik.

Namun, dalam hal ini Anda harus memiliki kemampuan dari segi farmasi terlebih dahulu agar dapat mengolah dengan benar. Karena kosmetik organik di pasaran sangat banyak sekali peminatnya, khususnya kaum wanita karena dinilai lebih sehat karena berbahan dasar alami.

3. Menjual Furniture yang Sudah Dipermak

Banyak orang yang sudah tidak suka dengan furniturenya disimpan di gudang begitu saja. Namun, bagi pengrajin yang memiliki keterampilan di bidang ini, bagi mereka ini merupakan kesempatan besar.

Pasalnya, furniture yang sudah tidak digunakan bisa mereka rombak menjadi barang baru atau bahkan lebih bagus dari bentuk aslinya. Selain mendapatkan keuntungan, bisnis ini juga mampu mengurangi masalah penumpukan barang bekas yang dapat mengganggu kebersihan lingkungan.

4. Menjual Sampah Elektronik

Sampah memang menimbulkan banyak masalah akibat pengolahannya yang tidak tepat. Namun, diantara berbagai jenis sampah, ada sampai elektronik yang sangat sulit diatasi karena tidak mudah terurai kembali.

Namun, bagi Anda yang melihat dari sisi lain, hal ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Dimana Anda bisa mengolah sampah elektronik tersebut dan dijual kembali kepada mereka yang berminat. Anda bisa mengolahnya sebagai hiasan dan lain sebagainya. Jadi Anda akan mendapatkan keuntungan sekaligus mengurangi masalah lingkungan.

5. Menjual Sabun Non-Detergen

Sudah diketahui bahwa limbah detergen memang sangat menghawatirkan. Disini Anda bisa mencoba membuat sabun non detergen, sabun ini bisa sangat baik untuk lingkungan sekitar. Anda bisa bekerjasama dengan orang yang memiliki kemampuan farmasi dan meracik sabun yang ramah lingkungan dengan bahan dasar alami seperti minyak dan susu kambing.

6. Menjual Sedotan Stainless

Saat ini penggunaan sedotan memang dibatasi karena sampahnya yang tidak mudah terurai. Namun, disini ada peluang bagi Anda yang mencoba menjual sedotan ramah lingkungan, yaitu sedotan stainless. Sedotan ini memiliki bahan dasar kaca, bambu hingga akrilik yang bisa Anda gunakan berkali-kali sehingga Anda akan mengurangi sampah sedotan.

Itulah 6 ide bisnis yang ramah lingkungan. Membangun bisnis yang ramah lingkungan memang akan terasa lebih sulit, namun pada dasarnya kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan saja melainkan Anda akan memberikan dampak baik untuk lingkungan sekitar Anda. Untuk itu, pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat Anda sekaligus yang bisa membuat Anda menjaga lingkungan.

“Baca Juga Tips Membangun Kepercayaan dalam Berbisnis”