(021) 28541720
Orang Terkaya di Dunia
Photo by Tadas Sar on Unsplash

Anda tentu mengenal Bill Gates sebagai salah satu orang terkaya di dunia sekaligus menginspirasi banyak orang karena kesederhanaannya. Ia bersama yang lainnya memiliki total harta kekayaan yang sangat besar, bahkan mereka dianggap mampu membeli sebuah negara. Beberapa di antara mereka juga memiliki harta kekayaan yang lebih besar dari PDB beberapa negara.

Hampir semua orang terkaya di dunia memulai bisnis mereka dari level yang sangat rendah. Kemampuan sosial, insting bisnis, serta inovasi yang membuat mereka sebesar sekarang ini. Akan tetapi mereka memiliki perbedaan dari gaya kepemimpinan serta beberapa hal lainnya. Penasaran siapa saja dibalik 5 orang terkaya di dunia? Berikut ini ulasannya.

1. Jeff Bezos Pendiri dan CEO Amazon.com

Jeff Bezos menempati posisi ini tidak lama setelah mengkudeta Bill Gates. Ia mendirikan Amazon pada tahun 1994 di New York setelah keluar dari pekerjaannya saat ini. Total kekayaannya sendiri mencapai $430 miliar atau 5 juta triliun lebih. Total nilai kekayaan tersebut tentu sangat besar, padahal Amazon dulu dirintis dari sebuah garasi kecil di rumahnya.

Selain Amazon, ia juga memiliki perusahaan antariksa swasta yang bernama Blue Origin, mengakuisisi The Washington Post, serta mengakuisisi Whole Foods. Sebagai orang terkaya di dunia ia masih tetap memberikan sumbangan lewat program pendidikan. Bezos Family Foundation yang dikelola oleh orang tuanya saat ini fokus untuk mendukung pendidikan anak usia muda.

2. Pendiri Microsoft, Bill Gates

Sejak lama seorang Bill Gates dikenal sebagai orang terkaya di dunia. Ia dikagumi banyak orang karena kesederhanaan serta sifatnya yang dermawan. Ia merupakan pendiri Microsoft dengan OS-nya yang terkenal yakni Windows. OS tersebut hampir digunakan di seluruh dunia.

Ia bersama teman semasa kecilnya yakni Paul Allen mendirikan Microsoft pada tahun 1975. Kemudian hingga tahun 2000 ia menjadi CEO Microsoft. Hingga saat ini ia menjadi penasihat perusahaan pada bidang teknologi.

Sifat kedermawanannya ia tuangkan bersama istrinya dengan membuat Bill and Gates Foundation, yang merupakan yayasan amal terbesar di dunia. Selain itu bersama dengan Warren Buffet dan Mark Zuckerberg ia mendirikan The Giving Pledge agar mengajak miliarder lain agar beramal melalui donasi.

3. Amancio Ortega, Orang Dibalik Brand ZARA

Sosok miliarder asal Spanyol ini dikenal sebagai pendiri Inditex yang berfokus pada bidang fashion. Perusahaan tersebut merupakan induk yang menaungi ZARA serta beberapa unit usaha lainnya. Sebagai orang terkaya di Eropa dan nomor 3 di dunia,Ortega  Amancio sudah cukup lama mendirikan inditex bersama istrinya Rosalio Mera pada tahun 1975.

Usianya kini sudah mencapai 80 tahun, dan menjadi retailer terkaya di dunia. Ia memegang saham mayoritas Inditex sebanyak 59%. Ia juga menaungi sebanyak 7000 toko ritel yang tersebar di seluruh dunia.

4. Warren Buffet Seorang Investor Terkemuka

Saat ini kita tentu sering mendengar ajakan dari banyak orang untuk melakukan investasi. Salah satu seorang investor yang telah berhasil dan bahkan menjadi miliarder adalah Warren Buffet. Ia dikenal sebagai seorang investor jenius dan banyak dikagumi oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia investasi. Ia juga merupakan CEO dari Berkshire Hathaway dan memiliki lebih dari 60 perusahaan lainnya.  Sama seperti miliarder lainnya, oa juga kerap menyumbangkan kekayaannya untuk amal.

5. Mark Zukerberg, Pendiri Facebook

Ia merintis Facebook bersama teman kuliahnya pada tahun 2004. Bahkan ia masih menjadi mahasiswa tingkat dua di Harvard University saat itu. Berawal dari hal sederhana tersebut, Facebook saat ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Kantor-kantor Facebook juga sudah menyebar ke berbagai negara. Nilai kekayaan dari media sosial yang identik dengan warna biru dan putih ini mencapai $400 miliar.

Meski tidak sempat menyelesaikan kuliahnya, Mark saat ini menjadi orang terkaya yang paling muda, usianya baru 33 tahun.

Sifatnya yang dermawan juga ia tunjukkan dengan berkomitmen mendonasikan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan sosial di dunia. Bersama Chan Zukerberg sudah banyak kegiatan amal yang mereka lakukan.

Bisnis, Ide Bisnis, pebisnis, pengusaha, strategi bisnis, strategi digital marketing, strategi marketing, Virtual Office Jakarta Selatan.

“Baca Juga 5 Cara dalam Mengatasi Risiko Bisnis”