(021) 28541720
Menyusun Visi Perusahaan
Photo via freepik

Tantangan bagi seorang pebisnis adalah menyusun visi perusahaan yang jelas dan terarah. Visi ini nantinya akan menjadi pedoman bagi strategi-strategi bisnis yang akan Anda terapkan. Harapannya sebuah perusahaan bisa merealisasikan visi tersebut hingga 100%.

Visi perusahaan merupakan sebuah pandangan yang dapat melihat proyeksi secara luas tujuan Anda mendirikan sebuah perusahaan. Dengan demikian segala kegiatan bisnis yang dilakukan bisa menjadi relevan dengan tujuan yang Anda inginkan nantinya. Hal ini yang membuat visi menjadi pedoman yang paling mendasar saat menentukan strategi manajemen nantinya.

Menyusun Visi Perusahaan

Oleh karena itu membuat perusahaan tidaklah mudah. Agar bisa menyusun visi perusahaan yang strategis dan bisa terealisasi Anda bisa melakukannya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apa yang Menjadi Nilai Utama dari Perusahaan Anda?

Banyak perusahaan yang mengusung integritas, kejujuran, dan tanggung jawab sebagai nilai utama mereka dalam menyusun visi perusahaan. Anda tidak salah jika ingin mengambil nilai yang sama, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan serta budaya kerja Anda juga. Misalnya Anda adalah orang yang menyukai pekerjaan yang cepat selesai dan dalam waktu yang cepat, maka nilai yang bisa diusung bisa jadi kerja keras, kerja sama tim, dan sebagainya.

Menentukan nilai utama ini akan menjadi pedoman bagi tim Anda nantinya. Mereka akan bekerja sesuai dengan acuan yang telah Anda tetapkan sebagai owner perusahaan. Tidak jarang mereka akan mengikuti budaya kerja Anda terlebih dahulu sebelum mengetahui secara pasti visi perusahaan. Oleh karena itu Anda harus melaksanakan nilai utama perusahaan juga sebelum mengenalkannya kepada yang lain.

2. Apa yang Menjadi Fokus Utama Bisnis Anda?

Salah satu hal penting yang perlu Anda tentukan adalah apa yang menjadi bidang utama bisnis Anda? Apakah jasa, barang, atau lainnya yang menjadi pilihan utama. Dengan menentukan fokus ini sejak awal Anda bisa merancang visi yang sesuai dan strategi manajemen yang tepat.

Jangan sampai Anda berfokus pada usaha produksi barang tetapi dalam penerapannya tidak menerapkan standar yang sesuai. Hal ini tentu bisa mengecewakan konsumen Anda dan bisnis menjadi tidak profit.

3. Apa Strategi Pemasaran yang Ingin Anda Terapkan?

Strategi pemasaran sendiri merupakan hal yang kompleks jika kita tidak bisa mempelajarinya dengan baik. Anda harus mengetahui apa yang menjadi keunggulan produk serta siapa yang menjadi target pemasaran. Dengan demikian strategi pemasaran akan berjalan dengan efektif.

Visi perusahaan sebagai pedoman dan arah bisnis Anda tentu ikut berpengaruh dalam strategi pemasaran yang ingin dilakukan. Oleh karena itu jangan sampai visi dan strategi marketing yang Anda buat tumpang tindih atau malah berlawanan satu sama lain.

4. Di Masa Mendatang Apa yang Ingin Anda Capai dari Bisnis Ini?

Ada banyak target yang bisa didapatkan selama 5 hingga 10 tahun mendatang. Misalnya meningkatkan nilai valuasi, ekspansi pasar hingga  luar negeri, membuka cabang, dan banyak lagi lainnya. Target tersebut bisa menentukan bagaimana visi perusahaan Anda nantinya. Dari sana bisa diketahui seberapa besar perkembangan perusahaan yang ingin Anda capai.

5. Masalah Apa yang Sering Perusahaan Anda Hadapi?

Menentukan faktor penghambat saat dan sesudah memulai bisnis bisa menjadi elemen yang dibutuhkan saat menyusun visi perusahaan. Kemampuan Anda dalam menganalisa dan menyelesaikan masalah tersebut menjadi jalan keluar yang paling relevan. Oleh karena itu visi perusahaan seharusnya menjadi acuan bagi perusahaan Anda dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Kantor virtual, pendirian PT, pengusaha

“Baca Juga Cara Menata Kantor Agar Tim Anda Lebih Produktif”