(021) 28541720
keraguan dalam berbisnis
Photo by Vladislav Babienko on Unsplash

Kita hidup di zaman dimana segalanya serba sulit, dengan begini tentu setiap orang diharuskan bekerja untuk memperoleh pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup. Untuk memperoleh pendapatan tersebut, anda dapat bekerja secara full time, part time dan freelance, atau mungkin Anda bisa mencoba mendirikan bisnis.

Bicara soal bisnis, banyak orang tentu yang ingin memiliki bisnisnya sendiri. Namun, disamping keinginannya tersebut, setiap orang tentu bingung harus memulainya dari mana, karena yang tersulit dari menjalankan bisnis adalah memulainya. Keraguan dalam berbisnis tersebut tentu harus segera diselesaikan.

Dalam memulai bisnis tentu banyak hal yang harus dipikirkan dengan matang seperti berikut:

  1. Memilih jenis usaha yang ingin dikembangkan
  2. Menentukan produk yang akan dipasarkan
  3. Membuat nama usaha
  4. Rencana bisnis yang matang
  5. Menentukan lokasi bisnis
  6. Mengurus izin usaha
  7. Pandai mengelola keuangan
  8. Dan lain sebagainya

Dengan banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti yang telah disebutkan di atas, tentu banyak orang yang ragu dalam berbisnis. Banyak yang beranggapan “bisa tidak ya?” dan lain sebagainya. Banyak pula yang tidak ingin mengambil risiko besar.

Perlu diketahui, dalam berbisnis tentu banyak risiko yang mungkin diterima seperti mengalami kerugian atau bangkrut, persaingan pasar yang ketat dan lain sebagainya. Belum lagi jika pesaing melakukan persaingan pasar secara tidak sehat.

Namun, dengan berpikir begitu Anda tidak akan maju dalam mewujudkan impian Anda. Biasanya, jika seseroang sudah berada di zona nyaman memang akan sulit jika ingin keluar dari zona tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya kekhawatiran yang muncul dalam pikiran.

Sebenarnya, banyak orang bermimpi bisa membangun bisnisnya sendiri, namun hal tersebut tidak terlaksana dengan baik karena rasa takut dan keraguan yang berlebihan. Bahkan banyak yang berfikir bahwa mereka tidak memiliki modal yang cukup atau pengalaman.

Namun, dalam mewujudkan semua ini Anda perlu keluar dari zona nyaman Anda saat ini. Anda perlu berani melangkah dan mengambil apapun risiko yang mungkin Anda peroleh nantinya. Untuk itu, berikut merupakan kunci mengatasi keraguan dalam berbisnis:

1. Berpikir Positif

Salah satu cara mengatasi keraguan dalam berbisnis ialah tetap berpikir positif. Dalam membangun sebuah bisnis, selalu tekadkan pikiran Anda untuk selalu berpikir positif. Jangan pernah beranggapan bahwa nantinya bisnis yang Anda jalankan sudah pasti gagal. Yakini diri Anda dalam memulai bisnis, dengan begitu Anda lebih mudah berfikir jernih dalam menuangkan ide kreatif dalam memulai bisnis.

Perlu Anda ketahui bahwa satu-satunya yang dapat menghambat jalannya bisnis yang Anda impi-impikan adalah rasa ragu, khawatir dan takut yang Anda rasakan dalam memulai bisnis. Biasanya Anda mungkin akan ragu akan hasil terburuk yang akan Anda terima. Untuk itu, penting bagi Anda selaku pebisnis untuk menjaga pikiran Anda agar tetap positif.

Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk refreshing dan biarlah pikiran Anda menjadi lebih jernih. Pikiran yang jernih akan lebih memudahkan Anda untuk berpikir mengenai jalannya bisnis Anda.

2. Siapkan Rencana Lain

Memulai bisnis tidak hanya berfokus pada satu tujuan saja. Anda perlu memiliki rencana-rencana lain. Anda bisa mencatat segala ide yang muncul dalam pikiran Anda kemudian Anda bisa wujudkan satu persatu jika diperlukan.

Anda bisa mencoba memulai bisnis dalam kondisi masih bekerja sehingga keuangan Anda tetap ada meski bisnis yang Anda jalankan belum menuai keuntungan. Pastikan juga Anda memiliki modal yang cukup sehingga Anda bisa menginvestasikannya dengan cara lain. Untuk itu, rencana lain sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis.

3. Mulailah Sekarang

Jika Anda terus memikirkan keraguan-keraguan yang muncul dalam benak Anda maka hal tersebut tidaklah membuat Anda maju dan Anda hanya berdiam di tempat. Untuk itu, Anda tidak perlu memikirkan keraguan-keraguan tersebut, mulailah sekarang dan wujudkan tujuan Anda dalam membangun bisnis sendiri.

Anda tidak akan tahu hasil apa yang akan Anda dapat jika Anda tidak pernah memulainya dan pusing memikirkan keraguan-keraguan yang ada. Atasi dengan baik segala keraguan tersebut, dengan begitu Anda tahu apa yang selanjutnya Anda lakukan. Itulah kunci mengatasi keraguan dalam berbisnis. Dalam menjalankan bisnis, tentu akan ada risiko yang mungkin Anda dapat, ini merupakan hal wajar dalam menjalankan bisnis sehingga Anda tidak perlu takut dan terus lakukan dan mulai bisnis Anda.

“Baca Juga Tips Mengatasi Bisnis yang Hampir Bangkrut”