(021) 28541720
bisnis internet
Photo by Leon Seibert on Unsplash
 

Bisnis internet merupakan kegiatan berbisnis yang dilakukan seseorang tanpa membuka toko secara konvensional melainkan dilakukan di dunia maya dengan bantuan internet. Dalam menjalankan bisnis ini, maka Anda membutuhkan media online sebagai wahana berbisnis.

Media online yang umum digunakan dalam bisnis ini dapat berupa website, blog, jejaring sosial ataupun platform yang mampu menggerakkan bisnis Anda. Dalam menjalankan bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti produk, transaksi, pembayaran, konfirmasi dan lain sebagainya.

Sebenarnya, bisnis internet memiliki prinsip yang sama dengan yang offline yakni harus memiliki barang atau jasa yang diperjual belikan. Hanya saja yang membedakan adalah kegiatan konvensionalnya yang digantikan dengan media online baik dalam menjajakan produk maupun promosi.

Keduanya berjalan dengan saling mendukung dalam upaya mencapai tujuan usaha. Asalkan ada tekad yang kuat dan semangat pantang menyerah maka siapa saja bisa memulai bisnis ini.

Tantangan Bisnis Internet

Dalam menjalankan bisnis tentu Anda akan memiliki tantangan tersendiri seperti salah satunya adalah bisnis internet. Di era saat ini tentu banyak pebisnis internet yang bermunculan. Bagaimana tidak, potensi berbisnis internet ini memang cukup menggiurkan bagi siapa saja yang melihat.

Namun, tidak semua mampu mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis internet. Untuk mencapai kesuksesan Anda perlu niat sungguh-sungguh, tekad yang kuat dan usaha yang tidak kenal lelah. Terlebih jika Anda merupakan orang yang baru saja memulai.

Selain itu, Anda juga perlu siapkan mental dalam persaingan bisnis internet. Di awal perjalanan mungkin bisnis ini akan sulit dijalankan karena memerlukan proses perkenalan dan membangun reputasi bisnis Anda. Namun, seiring berjalannya waktu, maka kualitas bisnis Anda akan berkembang dan mudah dicapai.

Dan perlu diingat, dalam bisnis internet, pengalaman menjadi faktor penting dalam menjalankan bisnis online. Dalam bisnis apapun maka pebisnis diharuskan memiliki kemampuan teknis dan keterampilan khusus dalam hal media online.

Dan yang terpenting, Anda juga harus pandai-pandai dalam menjalankan bisnsi internet tersebut. Pastikan Anda tidak lepas dari kegiatan pemasaran untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Manfaat

Dibalik semua tantangan yang mungkin akan Anda hadapi, sebaiknya Anda tidak mudah menyerah dan berputus asa. Karena dibalik semua tantangan tersebut akan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Pertama, dengan bisnis internet maka Anda mendapatkan kemudahan akses dalam masuk ke jaringan global sehingga setiap orang bisa mengakses usaha Anda tanpa batasan waktu. Kedua, Anda bisa lebih hemat berbisnis, mengapa? Karena dengan model bisnis ini Anda tidak perlu menyewa tempat usaha atau terbebankan dengan gaji karyawan. Dan yang ketiga, Anda akan lebih fleksibel karena bisa bekerja kapan saja dan di mana saja.

Jenis-jenis Bisnis Internet

Di indonesia, banyak sekali jenis-jenis bisnis yang dilakukan secara online dan tidak semua orang tahu tentunya. Untuk itu, berikut merupakan jenis-jenis bisnis internet yang perlu Anda ketahui:

  1. Bisnis yang menjual produk seperti mangga-du.com atau bhinneka.com, atau mataharimall.com, dan lain sebagainya
  2. Berisi komunitas seperti friendster.com
  3. Berita online seperti kompas.com, detik.com, dan lain sebagainya
  4. Penyedia layanan iklan seperti iklanbaris.co.id
  5. Berisi forum seperti kaskus.com
  6. Menggunakan blog dalam memasarkan produknya
  7. Penyedia jasa registrasi domain dan hosting website

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis bisnis online. Mengingat banyaknya bisnis iniyang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Maka Anda harus pandai dalam memilih jenis bisnis yang akan Anda kembangkan. Sebaiknya pilih jenis yang sesuai dengan minat Anda sehingga tidak pernah bosan dalam menjalankan bisnis tersebut.

“Baca Juga 5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online”