(021) 28541720
StartUp Indonesia GoJek menjadi Unicorn Indonesia.
Photo by Edi Kurniawan on Unsplash

Perkembangan bisnis startup Indonesia atau perusahaan rintisan di Indonesia cukup signifikan. Hampir setiap tahun ada banyak founder startup baru yang bermunculan. Kategori startup yang diusung pun bermacam-macam. Mulai dari transportasi, makanan, fashion, game, bahkan hingga edukasi.

Pada umumnya startup sendiri banyak yang mengusung teknologi dan internet sebagai keunggulannya. Perkembangan startup yang begitu pesat di Indonesia tidak lepas dari peranan internet, media sosial, dan smartphone.

Hampir seluruh masyarakat memiliki akses terhadap sosial media karena harga smartphone yang semakin terjangkau serta sebaran koneksi internet yang kian meluas. Pada akhirnya, startup pun berkembang seiring meluasnya juga kebutuhan masyarakat. Semakin besar sebuah startup ada beberapa gelar yang akan mereka dapatkan, salah satunya adalah unicorn.

Lalu apa itu unicorn dalam bisnis? Istilah ini sendiri merupakan gelar yang didapat oleh sebuah startup ketika memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dollar Amerika atau setara hingga 14 triliun rupiah. Valuasi sendiri merupakan nilai dari sebuah bisnis startup yang tidak hanya dihitung dari pendanaan investor saja.

Pada tahun 2016 sendiri seluruh perusahaan unicorn di dunia jumlahnya mencapai 229. Sementara di Indonesia pada tahun 2018 ada 4 perusahaan yang memiliki gelar tersebut, antara lain:

1. GO-JEK

Unicorn Indonesia yang paling pertama adalah GO-JEK yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Startup ini beridiri pada tahun 2010 dan fokus binisnya adalah ride-hiling.  Walau pada awal bisnis hanya memiliki 20 pengemudi saja, namun saat ini GO-JEK memiliki jumlah mitra yang sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Awal pemesanan ojek sendiri dilakukan dengan menghubungi call center yang menghubungkan antara pengemudi dengan pemesanan. Perkembangan bisnis GO-JEK yang semakin besar membuat mereka berinovasi dengan meluncurkan aplikasi berbasis online. Ada beberapa jasa lain yang dimiliki GO-JEK seperti GO-PAY yang menjadi dompet digital terbesar di Indonesia.

2. Tokopedia

Di antara keempat unicorn lainnya, Tokopedia merupakan yang paling senior. Berdiri sejak tahun 2009, Tokopedia saat ini menjadi e-commerce terbesar di Indonesia. Saat ini Tokopedia mendapatkan suntikan modal dari beberapa perusahaan besar seperti East Ventures, Alibaba Group, hingga Softbank.

Belum lama ini, Tokopedia juga terpilih sebagai salah satu aplikasi terbaik pilihan dari masyarakat. Ada banyak produk yang ditawarkan saat mengakses aplikasi ini. Mulai dari pakaian hingga kebutuhan rumah tangga. Ada juga layanan lain yang tersedia seperti pembayaran tagihan pulsa, listrik, travel, dan banyak lagi.

3. Traveloka

Perusahaan startup Indonesia yang menjadi unicorn ketiga adalah Traveloka. Aplikasi ini melayani pembelian tiket pesawat yang terfokus pada perjalanan Indonesia dan luar negeri. Pendirinya adalah Ferry Unardi, Albert Zhang, dan Derianto Kusuma. Didirikan pada tahun 2012, Traveloka memiliki beberapa investor. Beberapa di antaranya adalah JD.com, GIC, dan Expedia.

4. Bukalapak

Bukalapak merupakan startup Indonesia paling baru yang mendapat gelar unicorn. Didirkan oleh Achmad Zaky pada tahun 2010, Bukalapak memiliki tujuan agar pelaku UKM di Indonesia bisa terfasilitasi dengan baik. Harapannya UKM tersebut bisa mengembangkan usahanya dengan baik.

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Bukalapak memiliki valuasi hingga 14 triliun rupiah. Beberapa investor yang memberi dana pada Bukalapak ada Mirae Asset, Emtek Group, dan GIC.

Keempat unicorn di atas merupakan salah satu indicator bahwa bisnis Indonesia memiliki iklim yang baik. Ada banyak sekali ide binis yang bisa Anda kembangkan, dan jika konsisten bisa mengikuti jejak startup di atas. Unicorn adalah pencapaian yang besar, namun bukan berarti perusahaan yang Anda rintis tidak bisa mencapainya.

Event space, event space jakarta, kantor virtual, meeting room, meeting room jakarta, meeting room jakarta selatan, startup, virtual office, virtual office jaka, virtual office jakarta selatan.

Event space, event space jakarta, kantor virtual, meeting room, meeting room jakarta, meeting room jakarta selatan, startup, virtual office, virtual office jaka, virtual office jakarta selatan

“Baca Lagi 5 Bisnis Menjajikan di Tahun 2019”