(021) 28541720
Peluang bisnis di era digital
Photo by Carlos Muza on Unsplash

Saat ini dunia usaha mulai mengalami pergeseran. Jika dulunya banyak orang yang berbisnis secara offline, maka sekarang sudah mulai beralih ke bisnis online. Tidak jarang sebagian memadukan keduanya ketika memasarkan produknya. Namun belum banyak perusahaan memanfaatkan kesempatan online tersebut, menghasilkan peluang bisnis di era digital.

Beberapa perusahaan digital yang sukses dengan mendirikan perusahaan rintisan atau startup, menjadi acuan bahwa dunia digital saat ini sedang bagus. Terlebih pertumbuhan bisnis rintisan di Indonesia sulit sekali untuk dibendung.

Perkembangan dan Potensi Bisnis Digital Indonesia

Bisnis digital di Indonesia sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari permintaan pasar, ketersediaan, akses internet, hingga kepemilikan smartphone. Selain itu bisnis ini menjadi wadah bagi anak muda untuk berkreasi dan berinovasi. Oleh karena itu jangan kaget jika unicorn di Indonesia banyak didirikan oleh anak muda.

Perkembangan smartphone dan internet dinilai akan memengaruhi bisnis digital ke depannya. Semakin bagus kualitas dan kemampuan untuk diakses, maka pelaku bisnis bisa melakukan ekspansi pasar lebih luas lagi.

Potensi bisnis ini tentu sangat menjanjikan di Indonesia. Selain karena saat ini populasi Indonesia banyak diisi oleh masyarakat produktif, perkembangan ekonomi negara Indonesia juga sedang bagus. Jadi jangan heran dan terkejut jika di masa mendatang segala jenis kebutuhan barang dan jasa akan dilayani melalui prosedur digital secara online.

Peluang Bisnis Digital yang Menjanjikan

Berdasarkan perkembangan dan potensi usaha digital di Indonesia, lalu jenis bisnis apakah yang paling menjanjikan? Berikut adalah ulasannya:

1. E-Commerce

Peluang bisnis online ini menjadi yang paling banyak usahanya di Indonesia. Konspenya yang menjual barang secara online tentu membuat penjual dan pembeli mengeluarkan cost yang lebih sedikit. Hal ini membuat banyak toko online diisi oleh UKM, pedagang, dan usaha kreatif lainnya.

Dengan adanya e-commerce maka muncul berbagai slogan atau tagline yang menyatakan bahwa belanja itu mudah. Hal ini tentu saja sangat menarik bagi para pembeli maupun penjual. Jika Anda ingin menjajal bisnis ini cobalah dengan menentukan segmentasi pasar sehingga menemukan target yang tepat. Tidak lupa untuk membuat aplikasi yang user friendly agar memudahkan para pengguna.

2. Transportasi Online

Jika dibandinkan dengan beberapa tahun lalu, bepergian jauh tentu sangat sulit. Misalnya dari kota Bogor menuju Monas saja kita perlu beberapa kali berganti angkutan umum. Namun hambatan tersebut memberikan peluang bisnis di era digital dan hambatan tersebut sudah mulai hilang sejak ada transportasi online. Anda bisa pergi ke mana saja dan kapan saja tanpa harus mengkhawatirkan jarak tempuh serta waktu yang dibutuhkan.

Kunci sukses dalam melakukan bisnis ini adalah kemampuan Anda dalam menjaga kenyamanan konsumen serta kemudahan dalam menggunakan aplikasi. Anda juga harus menemukan celah yang bisa dijadikan sebuah inovasi baru saat akan memulai bisnis ini.

3. Finance

Saat ini dunia finansial sudah masuk dalam pasar digital. Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat banyak orang membutuhkan informasi yang ringan dan mudah dicerna. Oleh karena itu kehadiran sektor finance dalam dunia digital tentu memudahkan penyampaian informasi finansial yang dulunya terkesan rumit menjadi lebih mudah dipahami.

4. Jasa Digital

Perkembangan dunia digital juga merambah bidang kreatif. Hal ini bisa terjadi karena terkait dengan bisnis digital marketing yang tumbuh pesat saat ini. Pengembangan website, blog, media sosial, serta pembuatan sebuah iklan bisa Anda lakukan melalui jasa digital. Ada banyak yang mereka tawarkan mulai dari video editing, graphic designer, copy writing, serta content writing.

Anda yang ingin mengembangakan usaha digital saat ini berada di momen yang tepat. Ada banyak permintaan jasa digital saat ini. Membangun sebuah tim kreatif menjadi langkah awal Anda untuk mengembangkan usaha jasa digital ini.

Bisnis, digital, perkembangan bisnis, perkembangan virtual office, strategi bisnis.

“Lihat Juga Mengembangkan Bisnis With SAMUDRA OFFICE”