(021) 28541720
kesuksesan gojek
Credit by Go-Jek founder Nadiem Makarim © Astra LifeNadiem

Nadiem Makarim merupakan sosok pendiri sekaligus kunci kesuksesan Gojek, yakni sebuah aplikasi ojek online dengan berbagai fitur lengkap yang saat ini menjadi aplikasi yang berguna bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Jiwa pebisnis yang dimiliki Nadiem makarim membuatnya sukses dengan mendirikan PT. Gojek Indonesia.

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Gojek? Tentu banyak masyarakat di Indonesia yang mengenal aplikasi ini. Bagaimana tidak, aplikasi ini sangat membantu seluruh masyarakat Indonesia akan kebutuhan transportasi online baik motor maupun mobil.

Selain itu, di aplikasi Gojek ini juga tersedia pengantaran barang, pemesanan makanan, membersihkan rumah dan masih banyak lagi. Tentu dengan layanan yang cepat dan praktis ini membuat masyarakat indonesia terbantu dalam segala hal.

Besarnya potensi bisnis di sektor teknologi dan internet pada era modern seperti saat ini membuat Nadiem makarim berambisi mendirikan aplikasi tersebut. Akhirnya Aplikasi Gojek didirikan dan diluncurkan pada awal tahun 2015.

Sejarah Perkembangan Gojek

Nadiem Makarim tidak suka menyebut perusahaan yang didirikannya sebagai penyedia jasa ojek, melainkan ia lebih suka menyebut PT. Gojek Indonesia ini sebagai perusahaan teknologi. Aplikasi Gojek ini menawarkan jasa transportasi ojek online yang cepat dan praktis.

Sejak awal tahun 2015 silam, aplikasi ini sudah diluncurkan dan bisa diunduh melalui ponsel dengan nama aplikasi Gojek. Dari aplikasi ini pengguna bisa langsung memesan ojek online dengan mengikuti langkah yang cukup mudah, kemudian pengemudi ojek online akan menjemput konsumen dan mengantarkanya ke tempat yang dituju.

Tidak hanya jasa mengantar konsumen ke tujuannya, aplikasi ini juga melayani jasa antar barang seperti kurir, kemudian aplikasi ini juga menyediakan jasa antar pesan makanan, shopping, dan masih banyak lagi. Dari semua layanan tersebut, yang mendominasikan adalah layanan transportasinya.

Setelah Aplikasi Gojek ini muncul, layanan aplikasi ini berkembang sangat pesat. Nadiem Makarim mengatakan bahwa sejak awal tahun 2015 silam, dimana aplikasi ini diluncurkan, pengunduh dan pengguna aplikasi ini sudah mencapai 650.000 orang dengan pertumbuhan pengemudi ojek online sebanyak 10.000 orang.

Kesuksesan Gojek

Tidak hanya untuk wilayah jabodetabek, aplikasi Gojek ini juga sudah meluas ke berbagai daerah seperti Bandung, Jogja, Bali, Surabaya dan berbagai daerah lainnya. Perkembangan ini terus meningkat setiap tahunnya.

Kini Gojek bekerjasama dengan hampir 100 perusahaan yang merupakan pelanggan korporat. Nadiem Makarim, seorang pria lulusan Master of Business Administration dari Harvard Business School ini mengajak pengemudi ojek yang memiliki motor sebagai mitra aplikasinya.

Setiap orang yang ingin bergabung di Gojek harus memiliki kendaraan sendiri. Namun, menariknya setiap pengemudi ojek online akan dibekali smartphone sebagai alat penghubung konsumen dengan sistem. Dimana smartphone ini biayanya dicicil setiap bulannya oleh pengemudi ojek online tersebut.

Nadiem Makarim menyebutkan bahwa penghasilan pengemudi ojek online dalam sebulan bisa mencapai 4 hingga 6 juta rupiah. Namun, sistemnya yakni bagi hasil dimaana pengemudi mendapatkan 80% dari hasil ngojeknya, dan perusahaan mendapat 20%.

Akan tetapi, Nadiem Makarim enggan mengungkapkan omset yang didapatkan perusahaan dari aplikasi ini. Yang pasti, aplikasi Gojek ini sudah mendapatkan berbagai dana dari investor Northstar Group, yakni sebuah perusahaan investasi yang bermarkas di Singapore.

Itu sebabnya sampai saat ini perusahaan PT. Gojek Indonesia gencar melakukan promosi besar-besaran untuk memperkenalkan jasa aplikasi ini kepada masyarakat Indonesia. Normal tarif yang berlaku di sistem aplikasi gojek yakni Rp. 15.000 untuk 1,5 km. Pada 1,5 km berikutnya maka tarifnya akan naik dengan otomatis.

Kunci Sukses Gojek

Hal yang membuat Nadiem Makarim sukses dengan perusahaan teknologinya adalah sosoknya yang terus berinovasi dan pantang menyerah sejak awal mendirikan PT. Gojek indonesia hingga sekarang. Bagaimana tidak? Sejak awal merintis usahanya, Nadiem kerap turun ke lapangan menemui para pengemudi ojek mangkal, meski begitu Nadiem tetap sulit dalam merekrut pengojek tersebut untuk bergabung. Hal inilah yang menjadi kesuksesan Gojek sejak awal memulai kiprahnya.

Nadiem makarim termasuk sebagai sosok pengusaha yang jeli dalam memanfaatkan peluang bisnis. Bukan berati ide membuat bisnis ini merupakan hal yang mudah, tentu ia melewati banyak tantangan. Ada salah satu kendala yang paling sulit ia lakukan dalam merintis bisnisnya, yakni merekrut pengemudi ojek.

Kini usaha Nadiem tidak sia-sia, karena saat ini sudah banyak masyarakat indonesia yang bersedia bergabung menjadi mitra Gojek. Untuk itu, teruslah berinovasi dan pantang menyerah dalam menggapai apa yang Anda impikan seperti sosok Nadiem makarim ini.

“Baca Juga 5 Cara Berpikir Pebisnis Sukses Yang Wajib Ditiru”