(021) 28541720
Resolusi bisnis perlu dilakukan agar usaha bisa berkembang lebih baik
Photo by Kaleidico on Unsplash

Menjalankan bisnis harus ada resolusinya di suatu saat. Sebab, berbisnis sendiri harusnya bersifat dinamis demi terus mendapatkan pemasukkan dan terus mendapatkan pelanggan baru. Berikut ini adalah delapan resolusi bisnis yang bisa dicoba.

Cara Menaikkan Profit di Tahun Baru Sebagai Bentuk Resolusi Bisnis

Tujuan dari sebuah resolusi bisnis tentu menaikkan profit. Mulai dari membenahi kekurangan di tahun sebelumnya, hingga menguatkan jaringan yang sudah dimiliki sebelumnya. Terlebih jika Anda memilii tambahan modal, sangat dianjurkan untuk melakukan resolusi bisnis tersebut. Beberapa contoh resolusi yang bisa Anda terapkan antara lain adalah:

1. Memperluas Pasar

Memperluas pasar mungkin tak hanya resolusi untuk tahun baru saja, melainkan resolusi yang bisa dilakukan kapan saja. Namun pada awal tahun 2020 ini Anda pun juga boleh-boleh saja melakukan resolusi ini. Yaitu untuk memperluas pasar baik dengan cara mendistribusikan produk ke lebih banyak daerah hingga meningkatkan produksi. Perluasan pasar ini juga bisa dilakukan dengan melakukan marketing yang berbeda dengan sebelumnya.

2. Meningkatkan Pelayanan

Percuma saja jika pasar sudah meluas tetapi pelayanan masih buruk. Sebagai resolusi tahun baru, Anda bisa memperbaiki pelayanan bisnis Anda jika di tahun 2019 kemarin didapati masalah. Apabila pelayanan pada pelanggan dirasa sudah baik maka tugas Anda mempertahankannya.

3. Mengadakan Evaluasi Kinerja Karyawan

Karyawan Anda bisa saja selama ini memiliki performa kurang bagus dalam mengerjakan tugasnya. Atau mungkin Anda sendiri bahkan kurang tahu bagaimana performa mereka. Karena hal ini, salah satu resolusi untuk mengawali tahun baru adalah dengan melakukan evaluasi kinerja mereka. Dari situlah Anda bisa mengetahui karyawan mana yang sudah bagus kinerjanya dan mana yang belum sehingga bisa dinasihati atau kembali di training.

4. Meningkatkan Kualitas Produk

Produk yang Anda jual adalah antarmuka pertama yang bisa meningkatkan daya beli pelanggan. Pastikan produk yang Anda jual sudah sebaik mungkin atau se fungsional mungkin. Jangan sampai pada tahun 2020 ini Anda kehilangan beberapa pelanggan karena penurunan kualitas produk. 

5. Melirik Masukkan Pelanggan

Mungkin saja di tahun-tahun sebelumnya Anda sudah memberi kesempatan pada pelanggan untuk memberikan masukan. Jadikan masukan yang mereka berikan sebagai masukan yang bisa membangun bisnis Anda menjadi bisnis yang lebih baik.

6. Beralih ke Online

Apakah bisnis sekarang ini Anda jalankan secara offline? Cobalah menaruh bisnis Anda dalam media online juga. Selain pasar yang bisa meluas, bisnis yang go online akan lebih diketahui orang dan lebih mudah dijamah orang daripada hanya berjalan secara offline saja.

7. Perputaran Posisi

Perputaran posisi bisa Anda lakukan jika memang diperlukan saja. Misalnya Anda mendapati ada beberapa orang di tim marketing yang kurang bisa meng handle jobdesk nya, maka Anda bisa membuat persetujuan pada mereka untuk memutar posisi. Baik itu dipindah ke tim lain atau disuruh mengerjakan jobdesk lain.

8. Mengembangkan Usaha

Jika sejauh ini Anda masih menjalankan bisnis di satu tempat saja, 2020 ini bisa menjadi tahun untuk perkembangan atau ekspansi bisnis Anda. Dari yang tadinya hanya beroperasi di satu cabang saja, bisa dikembangkan supaya juga beroperasi di tempat-tempat lain.

Antara delapan resolusi di atas, resolusi mana yang sekiranya paling Anda butuhkan? Maka resolusi itulah yang bisa segera Anda wujudkan. Usahakan setiap resolusi relevan dengan segmentasi pasar Anda. Jangan sampai Anda menerapkan strategi yang keliru, sehingga produk tidak terjual.

“Baca Juga Alasan Penting Virtual Office Bagi Sebuah Usaha Baru”