(021) 28541720
tips bisnis online




Photo by Brooke Lark on Unsplash

Saat ini hampir seluruh masyarakat indonesia tertarik belanja online. Meskipun dengan belanja online Anda tidak melihat langsung bentuk fisik produknya dan hanya melihat dari ulasannya saja, namun masih saja banyak masyarakat tertarik dengan melakukan belanja menggunakan cara ini.

Belanda online dinilai lebih praktis daripada dengan belanja offline, karena Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan suatu barang. Menariknya, dengan belanja online konsumen tidak perlu menghabiskan waktu di toko atau mall, karena dengan menggunakan metode belanja ini konsumen hanya membutuhkan smartphone, laptop dan internet saja.

Meningkatnya masyarakat yang suka belanja online tentu membuat banyak sekali pebisnis online bermunculan. Terlebih didukung dengan banyaknya platform jual beli barang secara online yang sudah berkembang lebih baik sehingga persaingan bisnsi online kian pesat sepanjang tahunnya.

Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis online yang tengah mengembangkan bisnis tersebut tentu merasakan suka duka menjalankan bisnis online ini. Menjalankan bisnis online tentu tidak semudah yang dibayangkan tentunya, terkadang bisnis online sangat ramai pembeli hingga Anda kewalahan, dan terkadang bisnis online Anda tentu pernah mengalami sepi pembeli.

kondisi tersebut merupakan suatu hal yang lumrah dirasakan para pebisnis online karena memang pada dasarnya kita tidak selalu dalam posisi di atas. Namun kondisi tersebut tidak seharusnya membuat Anda mudah menyerah begitu saja, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis online Anda ramai pembeli. Berikut ini adalah tips bisnis online yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

1. Berikan Penawaran Gratis Ongkos Kirim

Jika bisnis online Anda sedang sepi pembeli, maka hal lain yang bisa Anda terapkan untuk kelangsungan bisnis Anda adalah dengan cara memberikan penawaran gratis ongkos kirim. Biasanya konsumen akan tertarik dengan penawaran gratis ongkos kirim sehingga Anda bisa mencoba cara satu ini.

2. Berikan Diskon

Pembeli mana yang tidak suka dengan diskon? Semua pembeli tentu tidak akan melewatkan kesempatan yang satu ini. Namun, Anda juga harus pandai memperhitungkan keuangan bisnis Anda agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Anda bisa memberikan promosi beli 1 gratis 1 atau Anda juga bisa memberikan penawaran misalnya: beli 5 dapat 1 atau maksimum pembelian sekian mendapat potongan harga sekian. Hal ini menjadi salah satu cara efektif untuk membuat bisnis online Anda ramai pembeli.

3. Strategikan Budget Marketing Dengan Tepat

Dalam melakukan promosi suatu produk yang Anda jual sebaiknya Anda membuat strategi budget marketing dengan tepat agar keuangan Anda tidak habis hanya untuk melakukan promosi. Anda bisa menggunakan beberapa tips pemasaran apapun, namun harus tetap memperhitungkan biaya yang dibutuhkan agar promosi Anda maksimal tanpa membuag banyak budget. Anda juga dapat mempelajari teknik-teknik online marketing melalui internet.

4. Menggunakan Bantuan Influencer

Di zaman seperti saat ini banyak sekali influencer yang membantu mempromosikan suatu produk tertentu. Disini Anda bisa memanfaatkan bantuan influencer untuk mempromosikan produk Anda. Dengan bantuan influencer konsumen akan mudah tertarik untuk mencoba membeli produk di toko Anda.

Hanya saja, untuk menggunakan bantuan influencer membutuhkan biaya yang terbilang cukup mahal untuk 1 kali endorse online shop sehingga harus Anda pertimbangkan lagi budget yang Anda punya sebelum mencoba meminta bantuan influencer.

5. Manfaatkan Media Sosial dan Internet

Hampir seluruh masyarakat memahami apa itu internet dan tentu mereka memiliki media sosial baik dari facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Manfaatkan media sosial dan internet untuk memasarkan produk-produk Anda.

Anda bisa membuat blog atau website pribadi untuk memasarkan produk Anda. Sebaiknya Anda pandai-pandai memanfaatkan media sosial dan internet, karena cara satu ini sangat efektif untuk meramaikan bisnis online Anda.

Media sosial juga sangat ampuh meningkatkan pembeli karena media sosial mampu menjangkau luas banyak orang di seluruh dunia. Perlu Anda ketahui semakin banyak orang yang melihat postingan produk Anda, maka kemungkinan besar mereka akan tertarik mencoba membeli produk pada toko Anda.

Itulah tips ampuh meramaikan bisnis online Anda. Jika bisnis online Anda sedang sepi maka janganlah berputus asa dan teruslah berinovasi lakukan semaksimal mungkin agar bisnis online Anda mampu bertahan dan terus bersaing dibanyaknya persaingan pasar yang semakin ketat ini.

“Baca Juga Cara Mengatur Arus Kas Modal Usaha Agar Bisnis Tidak Bangkrut”