(021) 28541720
Membangun Kepercayaan dalam Bisnis
Photo by Bernard Hermant on Unsplash
 

Dalam berbisnis, kepercayaan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan citra bisnis. Karena, menarik kepercayaan kepada klien atau pelanggan menjadi bagian penting dalam strategi bisnis Anda.

Tanpa adanya kepercayaan, maka belum tentu bisnis yang Anda jalankan berkembang dengan baik. Bagi para pebisnis, Anda harus mampu membangun kepercayaan dalam bisnis. Lantas bagaimana cara membangun kepercayaan dalam berbisnis? Berikut tipsnya.

1. Ciptakan Hubungan Simbiosis Mutualisme

Sebagai klien, investor ataupun pelanggan tentu ingin menetapkan hati mereka bahwa mereka bekerja sama dengan orang yang tepat. Anda harus memahami nilai produk dan layanan yang dimiliki kepada mereka. Selain itu, Anda harus menciptakan hubungan simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak sehingga akan mendapat kepercayaan dari mereka oleh mereka.

2. Langsung Mengatasi Masalah yang Ada

Dalam bekerja sama tentu tidak luput dari suatu masalah. Di sini Anda bisa mencoba langsung mengatasi masalah yang ada. Pastikan Anda menanam kepercayaan dan kesetiaan Anda kepada klien, investor atau pelanggan dengan cara menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi.

Anda dapat menumbuhkan rasa percaya tersebut dari penyampaian layanan, dukungan, perawatan dan sebagainya. Pastikan Anda penuhi janji kepada klien, investor atau pelanggan jika ingin dipercaya mereka.

3. Saling Mendukung

Agar bisnis yang dikembangkan berjalan dengan baik dan dipercayai klien, maka Anda bisa melibatkan mereka untuk mendukung produk atau jasa yang hendak dipasarkan. Melalui cara ini, mereka akan merasa senang karena dilibatkan dalam suatu hal penting sekaligus meningkatkan rasa percaya mereka.

4. Memberikan Sampel atau Testimoni

Menurut hasil riset, investor dan pelanggan akan mudah percaya dengan sampel atau adanya testimoni. Khusus bagi para pelanggan, biasanya pelanggan akan membeli produk sesuai dengan ulasan baik yang mereka baca.

Untuk mendapatkan ulasan positif, maka Anda bisa memberikan apa yang mereka butuhkan, misalnya dari segi kualitas yang baik atau layanan yang memuaskan.

5. Menjalin Komunikasi yang Baik

Biasanya, orang yang ditemui dan diajak bicara secara rutin merupakan orang yang paling Anda percayai. Itu sebabnya dalam bisnis menjalin komunikasi yang baik merupakan hal yang dapat membangun rasa percaya investor, klien, atau pelanggan kepada Anda. Komunikasi merupakan satu hal yang penitng jika Anda ingin bisnis dapat berjalan dengan lancar.

6. Permudah Kontak Anda

Jika ingin klien, investor atau pelanggan bisa lebih percaya, maka sebaiknya tunjukkan kepada mereka bahwa Anda sosok yang responsif. Hal ini akan memudahkan mereka dalam menghubungi Anda jika terjadi sesuatu yang mendesak atau mendadak. Anda bisa memberikan nomor telepon di bagian atas materi, brosur, atau memberikan kartu nama kepada klien, investor, atau pelanggan Anda. Pastikan untuk mencantumkan nomor telepon, website, dan email agar mempermudah mereka untuk mengubungi Anda.

7. Hindari komitmen yang Tidak Jelas

Jika Anda tidak mau merusak kepercayaan mereka, maka hindari komitmen yang tidak jelas. Misalnya Anda berkata “akan saya usahakan”, hal ini akan membuat klien, investor atau pelanggan Anda merasa ragu dengan keputusan Anda. Bukan membuat mereka tenang justru hal ini terkesan seperti janji yang mengantisipasi kegagalan.

8. Tepati Janji

Agar klien, investor, dan pelanggan mempercayai Anda, hal mudah yang bisa dibangun adalah tepat janji. Tanda yang paling jelas dari seseorang yang bisa dipercaya adalah saat ia mampu menepati janjinya pada diri sendiri dan orang lain. Menepati janji merupakan hal penting untuk membangun kepercayaan dalam bisnis.

“Baca Juga 5 Pengusaha Indonesia Yang Sukses Di Usia Muda”