(021) 28541720

5 Cara dalam Mengatasi Risiko Bisnis

3 October 2019

Photo by Startaê Team on Unsplash
Mengatasi Risiko Bisnis
Photo by Startaê Team on Unsplash

Semua orang tentu berharap bahwa bisnis yang dijalankan selalu berjalan dengan baik dan lancar. Kadang Anda dan sebagian besar orang lainnya tidak ingin mengambil risiko yang membuat bisnis menjadi gagal. Padahal setiap usaha baik besar dan kecil tentu memiliki risikonya tersendiri.

Bahkan perusahaan yang sudah besar dan stabil saat ini masih dibayangi oleh banyak risiko. Semakin besar suatu perusahaan semakin besar pula risiko yang akan dihadapinya. Agar bisa melewati dan mengatasi risiko bisnis tersebut tentu mereka sudah memiliki strategi tersendiri. Pada intinya kemampuan mengelola risiko tersebut adalah kunci untuk bertahan. Terlebih jika mampu mengubah risiko menjadi sebuah peluang,

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan ketika berhadapan dengan risiko bisnis:

1. Membuat Sebuah Business Plan

Langkah pertama dalam membuat serta menyusun bisnis adalah dengan membuat rencana bisnis yang matang. Dari sana tentu Anda sudah mengetahui permasalahan apa saja yang akan menjadi sebuah risiko dalam berbisnis. Selain itu buatlah juga faktor penghambat yang berpeluang menjadi risiko serta tuliskan bagaimana cara Anda dalam mengatasi hal tersebut.

Evaluasi rencana bisnis Anda dari segi operasional dan keuangan secara berkala ketika bisnis sudah berjalan. Hal ini bisa menjadi pengelolaan paling awal sehingga sehingga masalah yang ditimbulkan oleh risiko tersebut tidak semakin membesar.\

2. Manajemen Risiko

Anda perlu membuat sebuah rencana pengelolaan risiko yang terpisah dari rencana bisnis sebelumnya. Hal ini dilakukan karena dalam perencanaan tersebut dibutuhkan langkah-langkah yang detail pada setiap risikonya. Selain itu masukkan jug acara atau prosedur yang ingin Anda lakukan pada setiap risiko bisnis yang akan dihadapi.

Misalnya bisnis Anda terkait dengan produk digital, maka risiko yang muncul juga biasanya tidak jauh-jauh dari online marketing. Walau memiliki banyak pangsa pasar, bisnis digital cukup sulit dilakukan jika tidak menyediakan produk yang berbeda dan dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan begini Anda bisa mengatasi risiko bisnis dengan baik.

3. Mengeksekusi Rencana yang Telah Dibuat

Setelah rencana yang disusun sudah disepakati tim dan Anda sendiri, maka saatnya melakukan sebuah eksekusi. Uraikan rencana tersebut mulai dari aspek operasional hingga proyeksi pendapatan yang bisa diterima.

Sering kali kita menemukan perbedaan antara realita, rencana, dan proyeksi strategi bisnis. Namun bukan berarti Anda berhenti melaksanakan rencana pengelolaan risiko tersebut. Anda bisa mengetahui potensi risiko yang akan muncul saat bisnis sudah berjalan. Tetap laksanakan rencana yang telah disusun kemudian lakukan evaluasi secara berkala.

4. Meningkatkan Kualitas Tim

Risiko bisnis ternyata tidak hanya muncul dari faktor eksternal saja, namun bisa juga berasal dari tim yang Anda bentuk. Selalu evaluasi kinerja mereka secara individu maupun tim, amati juga apa yang menjadi faktor penghambat mereka dalam bekerja. Anda juga bisa memberi mereka pelatihan khusus agar meningkatkan keterampilan yang mereka miliki. Agar mampu mengatasi segala risiko yang akan dihadapi.

5. Memperbaharui Strategi

Mengapa sebuah strategi perlu diperbaharui? Hal ini dilakukan karena Anda bisa menemukan perbedaan antara rencana dan realita. Kemudian bisa jadi bahwa strategi tersebut kurang efektif dalam mengatasi sebuah masalah. Ada juga kemungkinan bahwa ada perubahan tertentu yang bisa menjadi sebuah peluang atau risiko, sehingga Anda harus beradaptasi dengan hal tersebut.

Namun ketika memperbaharui sebuah strategi untuk mengatasi risiko bisni, Anda juga harus memantau aktivitas bisnis yang sedang berjalan. Kemudian petakanlah apa yang menjadi masalah pada setiap lini bisnis Anda. Apakah masalah tersebut terjadi pada masalah operasional atau manajemen bisa Anda ketahui saat melakukan pemetaan masalah.

Bisnis, Ide Bisnis, kantor virtual, strategi bisnis, strategi marketing.

“Baca Juga Cara yang Bisa Kita Lakukan dalam Memulai Sebuah Bisnis”

Kamu Mungkin Juga Suka…

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi Bisnis

Dalam menemukan lokasi bisnis anda harus memperhatikan biaya beli atau sewa, apakah lokasi mudah terjangkau, bagaimana perizinan tempat bisnis anda, dan lingkungan area bisnis anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *